Pengembangan Media Ular Tangga Carakan untuk Keterampilan Membaca dan Menulis Aksara Nglegena Siswa Sekolah Dasar

Elsa Vanny Sukmawardani, Suyitno Suyitno, Eka Sari Setianingsih

Abstract


Latar Belakang yang mendorong penelitian ini adalah rendahnya keterampilan membaca dan menulis aksara ngelegena siswa sekolah dasar khusunya yaitu pada kelas III. Siswa kurang terampil dalam membaca dan menulis aksara ngelegena dikarenakan kurangnya media yang membuat siswa tertarik dalam pembelajaran. Oleh karena itu guru dan siswa membutuhkan adanya media yang inovatif dan interaktif, salah satunya dengan mengembangkan media ular tangga carakan guna membantu keterampilan membaca dan menulis aksara ngelegena siswa sekolah dasar khusunya siswa kelas III. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana pengembangan media ular tangga carakan untuk keterampilan membaca dan menulis aksara nglegena siswa sekolah dasar?. Tujuan dalam penelitian pengembangan ini adalah untuk membantu keterampilan membaca dan menulis aksaran nglegena siswa sekolah dasar khusunya siswa kelas III Penelitian dan pengembangan media dilaksanakan di SDN Pohgading Kecamatan Gembong Kabupaten Pati. Tahap dalam pengembangan ini yaitu menggunakan model Borg and Gall. Berikut langkah-langkah penelitian dan pengembangan (Research and Development) yang sudah dimodifikasi oleh peneliti yaitu: (1) Potensi dan Masalah, (2) Pengumpulan Data, (3) Desain Produk, (4) Validasi Desain, (5) Revisi Desain, (6) Uji Coba Produk. Pengembangan medi ular tangga carkan ini telah berhasil diujiobakan kepada siswa dengan hasil yang sangat baik. Hasil penelitian diperoleh dari validasi ahli materi, media. Hasil dari ahli materi, media serta guru menunjukkan rata-rata persentase kelayakan sebesar 94%. Hasil respon guru mendapatkan persentase 98% dan hasil respon siswa dengan persentase 100%. Hal ini dapat disimpulkan bahwa media ular tangga carakan yang dikembangkan termasuk dalam kategori “Baik Sekali”.          

Kata kunci: Media Ular Tangga Carakan, keterampilan membaca dan menulis, Nglegana Aksara 


Full Text:

PDF

References


Febnasari, S. D., Arifin, Z., & Setianingsih, E. S. (2019). Efektifitas Penggunaan Metode Pembelajaran Diskusi Kelas dengan Strategi “TPS” untuk Meningkatkan Motivasi Belajar. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 3(3), 315-323.

Hidayati, R., Suyitno, Y. P., & Artharina, F. P. (2019). Keefektifan Media Kartu Huruf terhadap Keterampilan Membaca Aksara Legena Siswa. Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan, 3(2), 112-116.

Keputusan Gubernur Jawa Tengah Nomor: 423.5/5/2010 tentang Kurikulum Mata Pelajaran Muatan Lokal (Bahasa Jawa) untuk Jenjang Pendidikian SD/SDLB/MI, SMP/SMPLB/MTs Negeri dan Swasta Provinsi Jawa Tengah.

Kusuma, E. A. (2015). Pengembangan Media Sinau Maca Aksara Jawa (Si Marja) dalam Mata Pelajaran Bahasa Jawa Kelas IV SD N Keputran A Yogyakarta. BASIC

Nurlita, I. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Ular Tangga Aksara Jawa Edukatif Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Jawa Siswa Kelas IV SD Negeri Sekaran 02 Semarang (Doctoral dissertation, Universitas Negeri Semarang).

Peraturan Daerah Provinsi Jawa Tengah No. 9 Tahun 2012 Tentang Bahasa, Sastra, Dan Aksara Jawa.

Peraturan Gubernur Jawa Tengah Nomor 57 Tahun 2013 Tentang Petunjuk Pelaksanaan Peraturan Daerah Provinsi Jawa Tengah Nomor 9 Tahun 2012 Tentang Bahasa, Sastra, Dan Aksara Jawa.

Rahmawati, L. (2015). Peningkatan Hasil Belajar Membaca Aksara Jawa Nglegena Melalui Strategi Index Card Match Pada Siswa Kelas III SD Negeri 1 Kedawung Kabupaten Banjarnegara (Doctoral dissertation, Universitas Negeri Semarang).

Sariroh, I. (2016). Pengembangan Media Tali Andha Aksara Jawa untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Siswa Kelas V SD. BASIC EDUCATION, 5(18), 1-754.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta, CV.

Undang – undang Republik Indonesia Nomor 18 Tahun 2002. Tentang Sistem Nasional Penelitian, Pengembangan, Dan Penerapan Ilmu Pengetahuan Dan Teknologi.




DOI: http://dx.doi.org/10.35473/dwijaloka.v2i1.933

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




DWIJALOKA Jurnal Pendidikan Dasar & Menengah

Universitas Ngudi Waluyo

Information:

address icon red

Universitas Ngudi Waluyo

dwijalokaunw@gmail.com
http://jurnal.unw.ac.id/index.php/dwijaloka
Whatsapp IDJCH

M. Rizqi Adhi Pratama, M.Pd. 

+628976267469

Creative Commons License

DWIJALOKA Jurnal Pendidikan Dasar dan Menengah is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Copyright ©2020 Universitas Ngudi Waluyo Powered by Open Journal Systems.