Kegiatan Ekstrakurikuler Batik Tulis dalam Menanamkan Karakter Cinta Tanah Air di Sd Negeri Tlogosari Kulon 06 Semarang

Meida Rohma Erviana, Husni Wakhyudin, Ferina Agustini

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi dengan mulai lunturnya nilai karakter cinta tanah air pada siswa dan memandang budaya batik hanya sebelah mata. Penelitian ini dilakukan kepada siswa SD Negeri Tlogosari Kulon 06 Semarang kelas V. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pendekatan penanaman karakter cinta tanah air melalui kegiatan ekstrakurikuler membatik, untuk mendeskripsikan langkah-langkah kegiatan ekstrakurikuler membatik terkait penanaman karakter cinta tanah air, dan mendeskripsikan dampak penanaman karakter cinta tanah air melalui kegiatan ekstrakurikuler membatik. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Pendekatan yang dilakukan adalah kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, angket, dan dokumentasi. Hasil penelitian yang diperoleh yakni pendekatan penanaman karakter cinta tanah air melalui kegiatan ekstrakurikuler membatik meliputi keteladanan, pemberdayaan dan pembudayaan, serta penguatan. Nilai-nilai dalam langkah ekstrakurikuler membatik terkandung secara implisit dan eksplisit, dampak penanaman karakter cinta tanah air melalui karakter cinta tanah air melalui kegiatan membatik adalah secara garis besar dampaknya siswa tumbuh perasaan senang, tumbuh perasaan bangga, dan peduli terhadap seni batik.  

Kata kunci : Kegiatan Ekstrakurikuler, Batik Tulis, Karakter Cinta Tanah Air


Full Text:

PDF

References


Anitah, S. W. (2008). Strategi Pembelajaran Di SD. Jakarta: Universitas Terbuka

Depdikbud. (1999). Penelitian Tindakan (Action research). Jakarta: Ditdikmenum.

Haidar, Z. (2009). Ayo Membatik. Surabaya: Iranti Mitra Utama.

Kemendikbud. (2016). Panduan Teknis Kegiatan Ekstrakurikuler di Sekolah Dasar. Jakarta: Direktorat Jendral Pendidikan Dasar dan Menengah Direktorat Pembinaan Sekolah Dasar.

Koesoema A. D. (2015). Pendidikan Karakter Strategi Mendidik Anak di Zaman Global. Jakarta: Grasindo.

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 62 Tahun 2014 Pasal 1 dan 2.

Salamah, N. (2018). Implementasi Pendidikan Karakter Melalui Kegiatan Ekstrakurikuler Membatik di SDN Mendiro. Basic Education, 7(35), 3-489..

Suliyanto, W. N., & Setyawati, S. M. (2015). “Persepsi Generasi Muda Terhadap Profesi Pengrajin Batik Tulis Di Purbalingga”. Jurnal Ekonomi dan Bisnis. Vol. XVIII, No. 1

Sundoko, D. (2010). “Pemberdayaan Indutri Batik Skala Kecil di Jawa Tengah”. Disertasi S3 Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Diponegoro.

Wahyuni, N. S. (2014). Implementasi muatan lokal membatik di SMA negeri I Situbondo. Jurnal Pendidikan Humaniora, 1(4), 337-342.




DOI: http://dx.doi.org/10.35473/dwijaloka.v2i1.936

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




DWIJALOKA Jurnal Pendidikan Dasar & Menengah

Universitas Ngudi Waluyo

Information:

address icon red

Universitas Ngudi Waluyo

dwijalokaunw@gmail.com
http://jurnal.unw.ac.id/index.php/dwijaloka
Whatsapp IDJCH

M. Rizqi Adhi Pratama, M.Pd. 

+628976267469

Creative Commons License

DWIJALOKA Jurnal Pendidikan Dasar dan Menengah is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Copyright ©2020 Universitas Ngudi Waluyo Powered by Open Journal Systems.