Keefektifan Media Scrapbook pada Tema 3 dalam Meningkatkan Keterampilan Komunikasi dan Hasil Belajar Siswa Kelas IV Sekolah Dasar

Yulita Indah Kusumawanti, Iin Purnamasari, Intan Rahmawati

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah mengetahui keefektifan penggunaan media scrapbook dalam meningkatkan keterampilan komunikasi siswa kelas IV SDN Gayamsari 01 Semarang, mengetahui apakah penggunaan media scrapbook dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SDN Gayamsari 01 Semarang. Jenis penelitian ini kuantitatif, dengan menggunakan pendekatan pre-eksperimental desigen dengan jenis desain One Group Pretest-Posttest. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, tes,  dan dokumentasi. Hasil penelitian yang diperoleh yakni, setelah diberikan perlakuan menggunakan media keterampilan komunikasi dan hasil belajar siswa mengalami peningkatan. Hal ini dilihat dari perhitungan uji t diperoleh thitung lebih besar dari ttabel (3,941 > 1,696) maka Ho ditolak. Artinya ada perbedaan yang signifikan terkait keterampilan komunikasi siswa. Nilai rata-rata hasil pretest sebesar 65,00 dan rata-rata hasil postest sebesar 79,77. Selanjutnya dilihat dari perhitungan uji t diperoleh thitung lebih besar dari ttabel (3,183 > 1,696) maka Ho ditolak. Artinya ada perbedaan yang signifikan terkait hasil belajar siswa.

Kata kunci : Media Scrapbook, pembelajaran tematik, Keterampilan Komunikasi, Hasil Belajar.

Tujuan penelitian ini adalah mengetahui keefektifan penggunaan media scrapbook dalam meningkatkan keterampilan komunikasi siswa kelas IV SDN Gayamsari 01 Semarang, mengetahui apakah penggunaan media scrapbook dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SDN Gayamsari 01 Semarang. Jenis penelitian ini kuantitatif, dengan menggunakan pendekatanpre-eksperimental desigendengan jenis desain One Group Pretest-Posttest. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, tes,  dan dokumentasi.Hasil penelitian yang diperoleh yakni, setelah diberikan perlakuan menggunakan media keterampilan komunikasi dan hasil belajar siswa mengalami peningkatan. Hal ini dilihat dari perhitungan uji t diperoleh thitung lebih besar dari ttabel (3,941 > 1,696) maka Ho ditolak. Artinya ada perbedaan yang signifikan terkait keterampilan komunikasi siswa. Nilai rata-rata hasil pretest sebesar 65,00 dan rata-rata hasil postest sebesar 79,77. Selanjutnya dilihat dari perhitungan uji t diperoleh thitung lebih besar dari ttabel (3,183 > 1,696) maka Ho ditolak. Artinya ada perbedaan yang signifikan terkait hasil belajar siswa.

Kata kunci : Media Scrapbook, pembelajaran tematik, Keterampilan Komunikasi, Hasil Belajar.


Full Text:

PDF

References


Albab, U. (2016). Pengaruh Model Group Investigation Berbantuan Science Chain Card Tema Gerak Terhadap Kemampuan Berpikir Logis dan Keterampilan Berkomunikasi Siswa (Doctoral dissertation, Universitas Negeri Semarang).

Arsyad, A. (2014). Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Damayanti, M. (2017). Pengaruh media scrapbook (buku tempel) terhadap hasil belajar siswa materi keragaman rumah adat di Indonesia kelas IV sekolah dasar. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 5(3).

Hidayah, N. (2015). Pembelajaran Tematik Integratif Di Sekolah Dasar. Jurnal Terampil Pendidikan dan Pembelajaran Dasar 1(1), 35

Hikmah, N. & Purnamasari. (2017). Pengembangan Vidio Animasi “Bang Dasi” Berbasis Aplikasi Camtasia Pada Materi Bangun Datar Kelas V Sekolah Dasar”. Jurnal Mimbar Sekolah Dasar 4(2),182-191

Purwanto. (2010). Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Izzaty, R. E.,Suardiman, Siti, P., Yulia, A., Purwandari, Hiryanto, & Endang, K. R. (2008). Perkembangan Peserta Didik. Yogyakarta: UNY Press.

Sadiman, Arif, S., Rahardjo, Anung, H., & Harjito. (2014). Media Pendidikan Pengertian, Pengembangan, dan Pemanfaatannya. Jakarta: PT Raja Grafindo Pustaka.

Sanjaya, W. (2012). Media Komunikasi Pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Sari, D. L. K. & Mintohari. (2018). Pengaruh Media Scrapbook Terhadap Hasil Belajar Ipa Materi Sumber Energi Siswa Kelas Iv Sdn Lidah Kulon Iv Surabaya. Jurnal JPGSD 6(5), 694.

Soegeng. (2017). Filsafat Pendidikan. Yogyakarta: Magnum Pustaka Utama.

Tupakhah, A. (2015). Implementasi Penggunaan Media Variatif Pada Pembelajaran Tematik Tema Pahlawanku Kelas Iv Di Sd Islam Al Azhar 29 Bsb Semarang. Skripsi, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang: Semarang.

Undang-undang No. 20 Tahun 2003 Pasal 3 Tentang Tujuan Pendidikan Nasional.

Yudhistira, D. (2014). Upaya Meningkatkan Keterampilan Berbicara Menggunakan Model Quantum Learning Pada Siswa Kelas V Sdn Karangkandri 04 Cilacap. Skripsi, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Yogyakarta: Yogyakarta.

Yusefni, W. (2015). Implementasi Pembelajaran IPA terpadu Menggunakan Pendekatan Science Writing Heuristic (SWH) untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep dan Kemampuan Berkomunikasi Siswa SMP (Doctoral dissertation, Universitas Pendidikan Indonesia).




DOI: http://dx.doi.org/10.35473/dwijaloka.v2i1.937

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




DWIJALOKA Jurnal Pendidikan Dasar & Menengah

Universitas Ngudi Waluyo

Information:

address icon red

Universitas Ngudi Waluyo

dwijalokaunw@gmail.com
http://jurnal.unw.ac.id/index.php/dwijaloka
Whatsapp IDJCH

M. Rizqi Adhi Pratama, M.Pd. 

+628976267469

Creative Commons License

DWIJALOKA Jurnal Pendidikan Dasar dan Menengah is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Copyright ©2020 Universitas Ngudi Waluyo Powered by Open Journal Systems.