Kegiatan Ekstrakurikuler Paskibra sebagai Upaya Pembentukan Civic Disposition Peserta Didik di SD Negeri Sambiroto 01 Semarang

Meli Rahayu, Qoriati Musyafanah, Kiswoyo Kiswoyo

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pembentukan Civic Disposition (karakter kewarganegaraan) peserta didik melalui ekstrakurikuler Paskibra di SD Negeri Sambiroto 01 Semarang. Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana kegiatan ekstrakurikuler Paskibra dapat mengupayakan pembentukan Civic Disposition (karakter kewarganegaraan) peserta peserta didik. Penelitian ini dilaksanakan dilaksanakan di SD Negeri Sambiroto 01 Semarang dengan jumlah 52 Peserta didik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisis dan disajikan dalam deskripsi. Hasil penelitian menunjukan bahwa kegiatan ekstrakurikuler Paskibra dapat mengupayakan pembentukan karakter kewarganegaraan. Pembentukam karakter kewarganegaan tersebut  meliputi pembentukan sikap disiplin,  bertanggung jawab, keberanian, kesopanan, kepedulian, hidup rukun. Dapat dilihat ketika peserta didik mengikuti kegiatan  ekstarkurikukuler Paskibra dengan mengikuti tata tertib, peserta didik mampu menjadi contoh untuk teman-teman yang lain, peserta didik memiliki jiwa korsa dan peduli terhadap teman, peserta didik mengikuti ekstrakurikuler Paskibra tanpa paksaan. Selain itu peserta didik dapat mengekspresikan sikap cinta tanah air dan sebagai generasi penerus bangsa, peserta didik wajib memiliki karakter kewarganegaraan sesuai dengan dasar negara Indonesia.

 

Kata Kunci: Ekstakurikuler, Civic Disposition, Paskibra.


Full Text:

PDF

References


Lestari, Ria Yuni. 2016. “Peran Kegiatan Ekstrakurikuler Dalam Mengembangkan Watak Kewarganegaraan Peserta Didik”. Program Studi PPKn Universitas Sultan Ageng Tirtayasa Srang.Vol 1 Number 2. http://jurnal.untirta.ac.id/index.php/UCEJ/article/view/1887 (diakses pada 17 November 2019 Pukul 19.37)

Saputra, Eko.2016. kompetensi sosial pada remaja yang mengikuti ekstrakurikuler paskibra dan tidak mengikuti ekstrakurikuler paskibra. fakultas Psikologi Universitas Muhammadiyah Malang. http://eprints.umm.ac.id/34258/1/jiptummpp-gdl-ekosaputra-43409-1-kompeten-r.pdf (diakses 28 Maret 2020 Pukul 21.04)

Sa’adiyyah Ade M dan Dede Rohmat H. 2019. “Peran Ekstrakurikuler Paskibra untuk Meningkatkan Siswa di SMPN 2 Cadasari Kabupaten Pandeglang”. Universitas Banten Jaya. http://ejournal.lppm-unbaja.ac.id/index.php/propatria/article/view/591/287 (diakses 11 November 2019 Pukul 07.44)

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta

________. 2017. Metode Penelitian Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta

Sumanta, M dan Fitria J. 2017. Peraturan Baris-berbaris. Jakarta: Erlangga

Winarno. 2013. Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan: Isi, Srategi, dan Penilaian. Jakarta: PT Bumi Aksara.




DOI: http://dx.doi.org/10.35473/dwijaloka.v2i1.938

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




DWIJALOKA Jurnal Pendidikan Dasar & Menengah

Universitas Ngudi Waluyo

Information:

address icon red

Universitas Ngudi Waluyo

dwijalokaunw@gmail.com
http://jurnal.unw.ac.id/index.php/dwijaloka
Whatsapp IDJCH

M. Rizqi Adhi Pratama, M.Pd. 

+628976267469

Creative Commons License

DWIJALOKA Jurnal Pendidikan Dasar dan Menengah is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Copyright ©2020 Universitas Ngudi Waluyo Powered by Open Journal Systems.