Analisis Implementasi Program Penguatan Pendidikan Karakter(PPK) di SD Negeri Bugangan 02 Semarang

Harfiani Julia Astutik, Eka Sari Setianingsih, Sunan Baedowi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis implementasi dari program pemerintah terkait dengan penguatan pendidikan karakter(PPK) di SD Negeri Bugangan 02 Semarang Kelurahan Bugangan Kecamatan Semarang Timur Kota Semarang. Jenis Penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Subyek penelitian adalah kepala sekolah, guru kelas terutama kelas V dan VI, dan siswa kelas V dan VI. Teknik pengumpulan data menggunakan triangulasi data yaitu observasi, wawancara, dan angket. Hasil penelitian ini menunjukkan tingkat implementasi penguatan pendidikan karakter yang dijalankan sudah baik. Berdasarkan hasil wawancara yang dilakukan dengan kepala sekolah, guru dan siswa, diperkuat dengan hasil angket yang menunjukan empat nilai utama karakter dikriteriakan membudaya menunjukkan pelaksanaan penanaman nilai karakter sudah berjalan dengan baik. Serta hasil observasi oleh peneliti yang mendukung dua metode lainnya. Adanya pembiasaan yang dilakukan oleh sekolah baik dilaksanakan oleh guru maupun siswa. Program sekolah mendukung adanya penguatan pendidikan karakter. Hal tersebut dapat dilihat dalam proses pembelajaran, ekstrakulikuler, dan kegiatan sekolah lainnya.

Kata Kunci: Implementasi, Pendidikan Karakter, Peserta Didik


Full Text:

PDF

References


Amirulloh.2015.Teori Pendidikan Karakter Remaja Dalam Keluarga.Bandung : Alfabeta

Damayanti, F., Setianingsih, E. S., & Wakhyudin, H. 2019. Analisis Pelaksanaan Program PPK Melalui Kegiatan Tadarus Dalam Mengembangkan Nilai Religius. Jurnal For Lesson and Learning Studies, 2(2), 250-257. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JLLS/article/view/19150. (diakses pada tanggal 1 Agustus 2020)

Darmiatun,Daryanto Suryanti dan Bintoro.2013.Pendidikan Karakter di Sekolah.Yogyakarta : Dava Media.

Hidayatullah,M.Furqon.2010.Pendidikan Karakter : Membangun Peradaban Bangsa.Surakarta.:Yuma Pustaka

Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. 2017. Kajian dan Pedoman Penguatan Pendidikan Karakter (PPK)

Majid,Abdul.2011.Pendidikan Karakter Perspektif Islam. Bandung.: PT Remaja Rosdakarya

Perpres 2017 No. 87 Pasal 3, Penguatan Pendidikan Karakter




DOI: http://dx.doi.org/10.35473/dwijaloka.v2i1.940

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




DWIJALOKA Jurnal Pendidikan Dasar & Menengah

Universitas Ngudi Waluyo

Information:

address icon red

Universitas Ngudi Waluyo

dwijalokaunw@gmail.com
http://jurnal.unw.ac.id/index.php/dwijaloka
Whatsapp IDJCH

M. Rizqi Adhi Pratama, M.Pd. 

+628976267469

Creative Commons License

DWIJALOKA Jurnal Pendidikan Dasar dan Menengah is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Copyright ©2020 Universitas Ngudi Waluyo Powered by Open Journal Systems.