ANALISIS PENANAMAN NILAI KARAKTER SISWA KELAS I MENGGUNAKAN MEDIA BONEKA TANGAN DENGAN METODE BERCERITA DI SD NEGERI KARANGSUMBER 02 KECAMATAN WINONG KABUPATEN PATI

Tika Fitana Citra

Abstract


Permasalahan penelitian ini adalah adanya kendala yang dialami oleh guru dalam menanamkan nilai karakter di kelas I SD Negeri Karangsumber 02 dengan menggunakan media dan metode yang sesuai dengan tingkat usia anak. Tujuan penelitian ini yaitu mendeskripsikan proses penanaman nilai karakter pada siswa kelas I menggunakan media boneka tangan dengan metode bercerita di SD Negeri Karangsumber 02 Kecamatan Winong Kabupaten Pati. Jenis penelitian menggunakan kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Objek penelitian adalah seluruh siswa kelas I SD Negeri Karangsumber 02 Kecamatan Winong Kabupaten Pati yang berjumlah 15 siswa. Data penelitian diperoleh melalui teknik observasi, penggunaan angket, dan wawancara. Berdasarkan hasil observasi, wawancara, dan penggunaan angket bahwa penanaman nilai karakter pada siswa sangatlah penting. Dalam penanaman nilai karakter dapat menggunakan media dan metode yang sesuai dengan kondisi siswa dan sesuai dengan tingkat perkembangan siswa. Media boneka tangan dengan metode bercerita dapat digunakan untuk penanaman nilai karakter di kelas I. Dengan menanamkan nilai karakter menggunakan media boneka tangan dan metode bercerita siswa akan lebih memahami apa yang disampaikan oleh guru dan dapat menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penanaman nilai karakter di kelas I sangat penting diberikan karena dapat menjadikan siswa menjadi pribadi yang berbudi pekerti dan berkarakter positif. Berdasarkan hasil penelitian, selanjutnya dapat disampaikan saran kepada pihak-pihak sekolah yang terlibat (guru, orang tua, dan bagi siswa) untuk lebih dapat mengoptimalkan dalam penanaman nilai karakter guna membentuk karakter positif pada siswa dan siswa dapat meneladani nilai karakter dalam kehidupan sehari-hari.

Kata Kunci: Penanaman Nilai Karakter, Boneka Tangan, Metode Bercerita

 


Full Text:

PDF

References


Azhar, A. (2016). Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers.

Daryanto & Darmiatun S. (2013). Implementasi Pendidikan Karakter di Sekolah. Yogyakarta: Gava Media.

Ernawati, E. (2017). Menumbuhkan Nilai Pendidikan Karakter Anak SD Melalui Dongeng (Fabel) dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia. TERAMPIL: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar, 4(1), 120-133..

Hidayah, N. (2015). “Penanaman Nilai-Nilai Karakter dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar”. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar 2(2)

Moleong, L. J. (2017). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sulianto, J., Untari, M. F. A., & Yulianti, F. (2014). Media Boneka Tangan dalam Metode Berceritera untuk Menanamkan Karakter Positif Kepada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan, 15(2), 94-104.

Sulianto, J., Cahayadi, F., Yulianti, F., & Untari, M. F. A. (2016). Panduan Penggunaan Bonekatangan Sebagai Media Penanaman Karakter dalam Kegiatan Bercerita Siswa Sekolah Dasar. Semarang: Tunas Puitika Publishing.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.