PELAKSANAAN PROGRAM ADIWIYATA TERKAIT PENGELOLAAN SAMPAH PLASTIK MELALUI 3R

Nia Nailil Muna, Nuhyal Ulia, Rida Fironika Kusumadewi

Abstract


Sekolah Adiwiyata merupakan sekolah yang sadar dan peduli terhadap lingkungan. SD Negeri Bandungrejo 01 merupakan sekolah dasar di kabupaten Demak yang termasuk sekolah Adiwiyata tingkat kabupaten. Tujuan terbentuknya pelaksanaan pengelolaan sampah 3R ini diharapkan peserta didik mampu memanfaatkan kembali sampah yang sudah tidak terpakai dan peserta didik mampu meminimalisir sampah plastik baik di lingkungan sekolah maupun dilingkungan rumah. Selain itu, dapat membentuk karakter peduli lingkungan peserta didik demi generasi sekarang maupun yang akan datang. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Fokus penelitian ini yaitu pelaksanaan program Adiwiyata terkait pengelolaan sampah 3R. Teknik menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Pada penelitian ini menghasilkan bahwa pelaksanaan program Adiwiyata terkait pengelolaan sampah 3R kepada peserta didik meliputi Reduce menerapkan kepada peserta didik untuk dapat mengurangi sampah, Reause penggunaan kembali sampah yang tidak terpakai untuk dijadikan sebagai barang yang berguna dan dapat dipakai kembali, Recycle mengelola sampah untuk dijadikan sebagai bahan kerajinan tangan.

Kata Kunci: Program Adiwiyata, Pelaksanaan, Sampah 3R


Full Text:

PDF

References


Aripin, I. (2017). Pembelajaran Pendidikan Lingkungan Hidup Berorientasi 3R (Reuse, Reduce and Recycle) untuk Meningkatkan Kreativitas dan Sikap Peduli Lingkungan. BIO EDUCATIO:(The Journal of Science and Biology Education), 2(2).

Muna, N. N., Ulia, N., & Kusumadewi, R. F. (2020). PELAKSANAAN PROGRAM ADIWIYATA TERKAIT PENGELOLAAN SAMPAH PLASTIK MELALUI 3R. Prosiding Konferensi Ilmiah Mahasiswa Unissula (KIMU) Klaster Humanoira..

Ariyanti, P. (2016). Potensi Penerapan Prinsip 3R dalam Pengelolaan Sampah di Desa Ngenep Kecamatan Karangploso Kabupaten Malang. Jurnal Teknik Sipil dan perencanaan, 11(22).

Afandi, R. (2013). Integrasi pendidikan lingkungan hidup melalui pembelajaran IPS di sekolah dasar sebagai alternatif menciptakan sekolah hijau. PEDAGOGIA: Jurnal Pendidikan, 2(1), 98-108.

Dwiyanto, B. M. (2011). Model peningkatan partisipasi masyarakat dan penguatan sinergi dalam pengelolaan sampah perkotaan. Jurnal Ekonomi Pembangunan: Kajian Masalah Ekonomi dan Pembangunan, 12(2), 239-256..

Ediana, D., Fatma, F., & Yuniliza, Y. (2018). Analisis Pengolahan Sampah Reduce, Reuse, Dan Recycle (3R) Pada Masyarakat Di Kota Payakumbuh. Jurnal Endurance, 3(2), 238-246.

Lisdiana, L., Widiyaningrum, P., & Nurrohmah, S. (2016). Pengelolaan Sampah Plastik di Lingkungan Sekolah Adiwiyata. Prosiding Semnas Hasil Penelitian.

Puji, A. (2013). “Potensi penerapan prinsip 3R dalam mengelola sampah di desa ngenep kecamatan karangploso kabupaten malang”. Program Studi Teknik Lingkungan Institusi Teknologi Nasional Malang.

Redaksi Republika. (2018). “Produksi Sampah Nasional 658 juta ton pertahun”. Diaksesdarihttps://www.republika.co.id/berita/nasional/umum/18/04/16/p7abz3284-klhk-produksi-sampah-nasional-658-juta-ton-per-tahun/. Pada tanggal 21 November 2019 pukul 20.00 WIB.

Warju, S. P. H., & Soenarto, M. D. H. (2017). Evaluating the Implementation of Green School (Adiwiyata) Program: Evidence from Indonesia. International Journal of Environmental and Science Education.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.