Layanan Pos PAUD Bagi Anak Usia 0-4 tahun di Desa Parereja Kecamatan Banjarharjo Kabupaten Brebes

Authors

  • Isti Hidayah Universitas Negeri Semarang
  • Lita Latiana Universitas Negeri Semarang
  • Widowati Widowati Universitas Negeri Semarang
  • Tatirah Tatirah AKBID YPBHK Brebes
  • Rosmalia Rosmalia AKBID YPBHK Brebes

DOI:

https://doi.org/10.35473/ijce.v1i2.314

Abstract

Kegiatan ini merupakan bagian dari pelaksanaan program kemitraan wilayah Kabupaten Brebes, dengan mitra sasaran Desa Parereja, Kecamatan Banjarharjo, Kabupaten Brebes. Program utama RPJMD Kabupaten Brebes tahun 2019 adalah bidang pendidikan dan kesehatan. Pada bidang pendidikan Brebes memiliki target untuk meningkatkan layanan Anak Usia Sekolah Tidak Sekolah (ATS) dengan Gerakan Kembali Bersekolah (GKB) bagi anak yang memungkinkan kembali ke sekolah, peningkatan layanan pendidikan untuk semua, termasuk layanan terhadap anak usia dini. Fokus pada kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kuantitas dan kualitas layanan anak usia dini 0-4 tahun Kabupaten Brebes, khususnya Desa Parereja. Metode pelaksanaan kegiatan pengabdian kepada masyarakat Program Kemitraan Wilayah digunakan metode Participatory Rural Appraisal (PRA). Secara rinci untuk mencapai tujuan salah satu program ini, kegiatan yang dilakukan adalah: penguatan kader Pos PAUD, melengkapi sarana dan prasarana, sosialisasi dan promosi kepada orang tua balita, implementasi program PAUD dan pendampingan di POSYANDU setempat. Hasil kegiatan ini adalah (1) bergabungnya kader PAUD dalam HIMPAUDI Kecamatan dan Kabupaten Brebes, (2) tersusunnya program kegiatan Pos PAUD oleh kader, (3) terlaksananya layanan anak usia dini (< 4 tahun) Desa Parereja 4 hari/minggu, (4) meningkatnya jumlah anak usia dini yang terlayani dalam bidang pendidikan di desa Parereja, Kecamatan Banjarharjo, Kabupaten Brebes.

 

References

Baperlitbangda. 2016. Data Kemiskinan dan IPM Kabupaten Brebes 20102016.(Materi paparan Kabid Pemsosbud, Baperlitbangda Kabupaten Brebes)

Hermawati & Suhermin. (2017). IPTEK Bagi Masyarakat Kelompok Pos PAUD Pendidikan Non Formal Berbasis Mutu. Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat. 1(1), 231-243.

Ramdhani, dkk. (2012). Teacher Quality Improvement Program: Empowering teachers to increasing a quality of Indonesian’s education. Procedia-Social and Behavioral Sciences. 69( 2012), 1836-s1841

Ratnaningsih dkk. (2015). Pelatihan Bagi Kader PAUD Kecamatan Banyumanik Semarang. Jurnal Info. 1(2), 97-110.

Setiawan, M. B., & Hakim, A. (2013). Indeks pembangunan manusia Indonesia. Jurnal Economia, 9(1), 18-26.

Suyanto, S. (2005). Dasar-dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Yogyakarta:Hikayat.

Wiyani, Novan Ardy & Barnawi. (2012). Format PAUD, Yogjakarta: Ar-Ruzz Media.

Downloads

Published

2019-11-14

How to Cite

Hidayah, I., Latiana, L., Widowati, W., Tatirah, T., & Rosmalia, R. (2019). Layanan Pos PAUD Bagi Anak Usia 0-4 tahun di Desa Parereja Kecamatan Banjarharjo Kabupaten Brebes. INDONESIAN JOURNAL OF COMMUNITY EMPOWERMENT (IJCE), 1(2). https://doi.org/10.35473/ijce.v1i2.314