Pendampingan Pemberantasan Vektor Demam Berdarah Dengue (DBD) Pada Kelompok Ibu Rumah Tangga Di Desa Gebugan

Authors

  • Kartika Dian Pertiwi Universitas Ngudi Waluyo
  • Mirnawati Mirnawati Universitas Ngudi Waluyo
  • Oktavia Nur Laila Universitas Ngudi Waluyo
  • Alman Putra Universitas Ngudi Waluyo

DOI:

https://doi.org/10.35473/ijce.v1i2.324

Abstract

Demam Berdarah Dengue (DBD) masih menjadi masalah kesehatan masyarakat walaupun telah dikendalikan lebih dari 20 tahun dengan berbagai upaya. Peran serta masyarakat sangat besar dalam upaya pengendalian sehingga pemberdayaan masyarakat penting dilakukan untuk mengurangi kejadian penyakit DBD. Pemberdayaan masyarakat akan sangat membantu pemerintah dalam menyukseskan upaya preventif DBD sehingga DBD dapat dikendalikan. Kecamatan Bergas menempati peringkat ke 3 dengan jumlah penderita demam berdarah terbanyak di Kabupaten Semarang. Desa Gebugan merupakan penyumbang penderita demam berdarah terbanyak di wilayah Kecamatan Bergas. Kompleksitas permasalahan DBD membutuhkan upaya penyelesaian yang terintegrasi, dalam hal ini pengusul melakukan program pendampingan masyarakat yang meliputi: Pendekatan tingkat desa/kelurahan, community self survey, perencanaan, pelaksanaan dan penilaian, pemantapan dan pembinaan. Hasil kegiatan menunjukkan peningkatan pengetahuan masyarakat terhadap praktik pencegahan DBD dan peningkatan ABJ di Desa Gebugan.

References

Achmadi UF, Sudjana P, Sukowati S.

Demam Berdarah Dengue. Buletin Jendela Epidemiologi. Agustus 2010;Volume 2.

Azmawati MN, Aniza I, Ali M.

Evaluation of communication for behavioral impact (COMBI) program in dengue prevention: A qualitative and quantitative study in Selangor, Malaysia. Iran J Public Health. 2013;42(5):538-539.

Depkes RI. Pencegahan Dan

Pemberantasan Demam Berdarah Dengue. Jakarta: Dirjen Pengendalian Penyakit Dan Penyehatan Lingkungan; 2010.

Depkes RI Pemberantasan Nyamuk

Penular Demam Berdarah Dengue, Jakarta: Dirjen Pengendalian Penyakit Dan Penyehatan Lingkungan; 2010.

Depkes RI. Penyelidikan Epidemiologis

penanggulangan Fokus dan Penanggulangan Vektor Pada Kejadian Luar Biasa Demam Berdarah Dengue. Jakarta: Dirjen Pengendalian Penyakit dan Penyehatan Lingkungan; 2010.

Dinas Kesehatan kabupaten Semarang,

Profil Kesehatan kabupaten Semarang Tahun 2011.

Depkes RI. Pencegahan Dan

Penanggulangan Demam Dengue dan Demam Berdarah Dengue. Jakarta: Dirjen Pengendalian Penyakit Dan Penyehatan Lingkungan; 2003.

Soegijanto, Soegeng. Demam Berdarah

Dengue Edisi Kedua. Surabaya Airlangga University Press; 2006.

Sulaeman ES, Murti B, Kunci K. Aplikasi

Model Pada Perencanaan Program Pemberdayaan Masyarakat Bidang Kesehatan Berbasis Penilaian Kebutuhan Kesehatan Masyarakat. The Application of Precede-Proceed Model in Community Empowerment Planning in Health Sector Based on the Need Assessment of . Jurnal Kedokteran Yarsi, 2015;23(3): 149-164.

Widyana. Faktor-Faktor yang

Mempengaruhi Kejadian DBD Di Kabupaten Bantul. Jurnal Epidemiologi Indonesia. 1998;Volume 2 Edisi 1

Downloads

Published

2019-11-14

How to Cite

Pertiwi, K. D., Mirnawati, M., Laila, O. N., & Putra, A. (2019). Pendampingan Pemberantasan Vektor Demam Berdarah Dengue (DBD) Pada Kelompok Ibu Rumah Tangga Di Desa Gebugan. INDONESIAN JOURNAL OF COMMUNITY EMPOWERMENT (IJCE), 1(2). https://doi.org/10.35473/ijce.v1i2.324