Edukasi Metode Stimulasi Bicara Flash Card untuk Pencegahan Speech Delay di PAUD Tunas Buana

Authors

  • Cahyaningrum Universitas Ngudi Waluyo
  • Masruroh Universitas Ngudi Waluyo

DOI:

https://doi.org/10.35473/ijce.v7i1.3897

Abstract

Speech development in early childhood is important because it affects cognitive development. The developmental delay that is often experienced by children is speech development. Speech delay in children is the development of speech ability that is lacking and their ability is below the speech ability of children of the same age which can be seen based on articulation and choice of words to be spoken. Children with speech delays need to be given appropriate stimulus, either from parents, teachers, caregivers, or people around them. Flash cards are one of the media that can be given in the learning process and can be used as a stimulus that can be given to children who experience speech delays. This community service aims to provide education to educators and parents at Tunas Buana PAUD about the speech stimulation method using flash cards, as well as to help detect speech delay early. The methods used are socialization, education and practice. Community service activities entitled Education on Flash Card Speech Stimulation Methods for Preventing Speech Delay at Tunas Buana PAUD have succeeded in increasing the understanding and ability of parents and teachers about stimulating speech ability in children using flash card media.

 

ABSTRAK

Perkembangan bicara pada anak usia dini penting karena mempengaruhi perkembangan kognitifnya.  Keterlambatan perkembangan yang sering  dialami  oleh  anak  adalah  perkembangan  bicara. Keterlambatan   bicara   (speech   delay)   pada   anak   merupakan   perkembangan kemampuan  bicara  yang  kurang  serta  kemampuannya  berada  di  bawah  kemampuan berbicara pada anak seusianya yang dapat dilihat berdasarkan artikulasi dan pemilihan kata yang akan diucapkan. Anak dengan keterlambatan bicara perlu diberikan stimulus yang sesuai baik itu dari orangtua, guru, pengasuh, ataupun orang yang ada di sekitarnya. Flash card merupakan salah satu media yang dapat diberikan dalam proses belajar dan dapat dijadikan sebagai stimulus yang dapat diberikan kepada anak yang mengalami keterlambatan bicara. Pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk memberikan edukasi kepada para pendidik dan orang tua di PAUD Tunas Buana tentang metode stimulasi bicara menggunakan flash card, sekaligus membantu deteksi dini speech delay.Metode yang di guankan adalah sosialaisasi, edukasi dan praktik. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat dengan judul Edukasi Metode Stimulasi Bicara Flash Card untuk Pencegahan Speech Delay di PAUD Tunas Buana telah berhasil meningatakn pemahaman dan ekmampuan orang tua dan guru tentang stimulai kemampuan bicara pada anak deengan mengguankan medi flash card.

References

Ladapase, E. M. (2022). Efektifitas Flash CardUntuk Meningkatkan Kemampuan Berbicara Pada Anak Speech Delay. ..Psychopedia Jurnal Psikologi Universitas Buana Perjuangan Karawang, 7(1), 57–66.

Pradana, P. H., & Gerhni, F. (2019). Penerapan media pembelajaran flash card untuk meningkatkan perkembangan bahasa anak. Journal of Education and Instruction, 2(1), 25–31.

Puspita, A. C., Perbawani, A. A., Adriyanti, N. D., & S. (2019). Analisis Bahasa Lisan pada Anak Keterlambatan Bicara (Speech Delay) Usia 5 Tahun. Jurnal Bahasa, Sastra, Dan Pengajarannya, 2.

Puspitasari, V. I., & L. (2022). Science Project sebagai Strategi Stimulasi Kemampuan Bicara pada Speech Delay Anak Usia Dini. Jurnal Inovasi Pendidikan Anak Usia Dini, 2(1), 17–24.

Rijkiyani, R. P., Syarifuddin, & Mauizdati, N. (2022). Peran Orang Tua dalam Mengembangkan Potensi Anak pada Masa Golden Age. Jurnal Basicedu, 4905–4912.

Sulikah, S., Muharsih, L., & Simatupang, M. (2021). Pengaruh Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Bimbingan Belajar Online Ruang Guru Di Sman 1 Banyusari Karawang. Empowerment Jurnal Mahasiswa Psikologi Universitas Buana Perjuangan Karawang, 1(2), 77–86.

Downloads

Published

2025-05-29

How to Cite

Cahyaningrum, & Masruroh. (2025). Edukasi Metode Stimulasi Bicara Flash Card untuk Pencegahan Speech Delay di PAUD Tunas Buana. INDONESIAN JOURNAL OF COMMUNITY EMPOWERMENT (IJCE), 7(1), 151–155. https://doi.org/10.35473/ijce.v7i1.3897