PENINGKATAN KEPATUHAN MINUM OBAT PADA PENDERITA PENYAKIT DEGENERATIF MELALUI KARMINO

Authors

  • Dian Oktianti Universitas Ngudi Waluyo
  • Istianatus Sunnah Universitas Ngudi Waluyo
  • Ragil Setia Dianingati Universitas Ngudi Waluyo

DOI:

https://doi.org/10.35473/ijce.v2i1.521

Abstract

Dewasa ini prosentase usia produktif yang menderita penyakit kronis cukup tinggi. Beberapa penyakit sering dijumpai antara lain Diabetes Mellitus, hipertensi dan hiperkolesterolemia. Hal ini terjadinya perubahan gaya hidup yang tidak baik. Akibat kurangnya pemahaman terhadap penatalaksanaan ketiga penyakit tersebut, sering menimbulkan keparahan seperti stroke yang dialami oleh usia produktif. Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat di Desa Lerep bertujuan untuk mengevaluasi sejauhmana pemahaman masyarakat terhadap penyakit degeneratif terutama Diabetes mellitus, hipertensi dan hiperkolesterolemia dan aplikasi KARMINO (Kartu Minum Obat). Metode yang digunakan adalah menggunakan pretes dan postes sesuai dengan materi yang diberikan kemudian dievaluasi prosentase peserta yang memahami materi tersebut dengan membandingkan antara sebelum dan sesudah penyampaian materi. Hasil yang diperoleh menunjukkan adanya peningkatan pemahaman terhadap materi diabetes mellitus sebesar 33,6 %, materi hipertensi sebesar 60,4 % dan hiperkolesterolemia 42,8% sedangkan lebih dari 80 % peserta memahami tentang ketiga materi tersebut dan aplikasi KARMINO.

 

Kata Kunci : penyakit degenaratif, hipertensi, diabetes mellitus, hiperkolesterolemia, Karmino

 

References

Anonim 2014 Profil Kesehatan Kabupaten Semarang Tahun 2014.

Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan 2013 „Riset Kesehatan Dasar (RISKESDAS) 2013‟, Laporan Nasional 2013,

Mutmainah, N. and Rahmawati, M. 2010

„Hubungan Antara Kepatuhan Penggunaan Obat dan Keberhasilan Terapi Pada Pasien di Rumah Sakit Daerah Surakarta Tahun 2010‟, Pharmacon. Nelson JE, Cox CE, Hope AA, Carson SS, 2010, Chronic critical illness, Am J Respir Crit Care Med.

Nisak R., Maimunah S., Admadi T., 2018, Upaya Pemberdayaan Masyarakat Melalui Deteksi Dini Dan Pengendalian Penyakit Degeneratif Pada Lansia Di Dsn.Karang Pucang, Ds.Ngancar, Kec.Pitu Wilayah Kerja Puskesmas Pitu Kabupaten Ngawi, Jurnal Stikes Pemkab Jombang.

Rudiyanto. 2012. Gambaran Pengetahuan Masyarakat Tentang Penyakit Hipertensi Di Dusun Taman Desa Ragung Kecamatan Pangarengan Kabupaten Sampang, Respository Universitas Nahdlatul Ulama, Surabaya.

Downloads

Published

2020-05-31

How to Cite

Oktianti, D., Sunnah, I., & Dianingati, R. S. (2020). PENINGKATAN KEPATUHAN MINUM OBAT PADA PENDERITA PENYAKIT DEGENERATIF MELALUI KARMINO. INDONESIAN JOURNAL OF COMMUNITY EMPOWERMENT (IJCE), 2(1). https://doi.org/10.35473/ijce.v2i1.521