PENINGKATAN KEMANDIRIAN HYGIENE PERSONAL BAGI ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS

Authors

  • Ita Puji Lestari Universitas Ngudi Waluyo
  • Sigit Ambar Widyawati Universitas Ngudi Waluyo

DOI:

https://doi.org/10.35473/ijce.v2i1.524

Abstract

Anak berkebutuhan khusus memiliki resiko lebih tinggi untuk terserang penyakit daripada anak pada umumnya. Berbagai macam penyakit atau gangguan kesehatan yang menyerang anak umumnya disebabkan oleh infeksi bakteri dan virus yang berasal dari lingkungan sekitar. Sehingga, salah satu cara untuk menekan masalah ini adalah dengan menghindarkan anak dari lingkungan yang tidak sehat.Tujuan utama dari kegiatan ini adalah mejadikan anak dengan berkebuthuan khusus lebih mandiri dan disiplin sehingga tidak bergantung pada orang lain  dalam menjalani kehidupannya serta dapat meningkatkan kemampuan sosialisasi dan komunikasi anak dengan orang disekitarnya. Kegiatan ini dilaksanakan dengan metode penyuluhan untuk meningkatkan pengetahuan personal higiene dan memberikan edukasi kepada anak-anak tentang praktik personal higiene dengan menggunakan teknik senam agar siswa tertarik dan dapat mengaplikasikan gerakan senam pada rutinitas mandi sehari-hari .  Kegiatan ini diikuti oleh 49 siswa dengan beragam macam kebutuhan khusus yang terdiri dari kelas 1 hinga kelas 6 beserta para guru. Hasil kegiatan menunjukkan bahwa siswa dapat mengkuti gerakan mandi dengan benar dengan antusias kegiatan pengabdian masyarakat. Kegiatan senam mandi memberikan pengaruh positif terhadap kemampuan siswa dalam menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat, hal ini terbukti dengan seluruh peningkatan jumlah siswa yang telah menerapkan langkah mandi yang aik dan benar, hal ini diketahui dari keterangan orang tua dan guru yang mengajar.

 

Kata kunci: Personal Hygiene, Anak Berkebutuhan Khusus

 

References

Heward, W.L. 2003. Exceptional Children An Introduction to Special. Education. New Jersey: Merrill, Prentice Hall.

Semiawan, C.R. & Mangunsong F.2010. Keluarbiasaan Ganda. Jakarta: Kencana Prenada.

Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas). 2018. Badan Penelitian dan Pengembanga Kesehatan Kementerian RI tahun 2018.

Green, L., 1983, Notoatmodjo,S. Pendidikan dan Perilaku Kesehatan, FKM,UI,Jakarta

Suparno. 2007. Bahan Ajar Cetak

:Pendididkan Anak Berkebutuhan Khusus. Direktorat Pendidikan Tinggi [Internet] from : Departemen Pendidikan http://wordpress.com

Notoatmodjo, Soekidjo. 2005. Metodologi Penelitian Kesehatan (Edisi Revisi). Jakarta : PT. Rineka Cipta

Kholid, Ahmad. 2012. Promosi Kesehatan Dengan Pendekatan Teori Perilaku, Media, DanAplikasinya. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Downloads

Published

2020-05-31

How to Cite

Lestari, I. P., & Widyawati, S. A. (2020). PENINGKATAN KEMANDIRIAN HYGIENE PERSONAL BAGI ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS. INDONESIAN JOURNAL OF COMMUNITY EMPOWERMENT (IJCE), 2(1). https://doi.org/10.35473/ijce.v2i1.524