IMPLEMENTASI BERMAIN LEGO SEBAGAI PEMBELAJARAN HARIAN UNTUK PENGEMBANGAN KREATIFITAS ANAK USIA DINI

Authors

  • imroatun imroatun FITK UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten
  • Adella Fadilatunnisa UIN SMH Banten
  • Nur Hasanah Universitas Brawijaya
  • Supriati Hardi Rahayu Universitas Cokroaminoto Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.35473/ijec.v3i2.1005

Keywords:

bermain, lego, pembelajaran harian, kreativitas, siswa usia 5-6 tahun

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan untuk mengidentifikasi pelaksanaan bermain lego sebagai pembelajaran harian dalam mengembangkan kreativitas anak usia dini berusia 5-6 tahun di KB-TKIT Iqra School (TKITIS) Kota Serang Banten. Penelitian proses kreatifitas pada siswa kelas B ini menggunakan metode kualitatif dengan eksplorasi data melalui guru kelas sebagai informan serta pengamatan partisipatif dari peneliti selain dokumentasi. Analisis data terdiri dari beberapa tindakan, yaitu klasifikasi, reduksi, dan penyampaian data, dan generalisasi dalam kesimpulan. Melalui tahapan kreatifitas dari Wallas, penelitian kemudian dijabarkan.  Proses awal merupakan persiapan dimana pengggalian pengetahuan sebagai dasar pemecahan masalah. Selanjutnya, masa Inkubasi dimana terjadi pendalaman langkah-langkah pemecahan permasalahan terjadi di dunia pra sadar. Iluminasi menjadi fase berikutnya dimana inspirasi atau gagasan timbul untuk memperbaharui atau menyempurnakan langkah pemecahan. Proses terakhir merupakan verifikasi dalam bentuk aktivitas evaluasi terhadap gagasan kreatif dalam pemecahan masalah pada kondisi nyata. Hasil penelitian menunjukkan bermain lego dapat mengembangkan kemampuan kreativitas siswa bersamaan pengembangan yang lain secara sinergis dimana guru telah memberikan jaminan suasana yang kondusif bagi terciptanya ide-ide kreatif selama bermain Mengingat manfaat pengembangan anak yang besar, pemerintah disarankan terlibat untuk menggalakkan penggunaanya dalam pendidikan anak usia dini.

References

Afari, E., dan M. S. Khine. 2017. “Robotics as an Educational Tool: Impact of Lego Mindstorms.†International Journal of Information and Education Technology 7(6):437–42. doi: 10.18178/ijiet.2017.7.6.908.

Agrawal, Vishnu, dan Ashish Sureka. 2017. “Setting the Foundation for Scientific Inquiry and Computational Thinking in Early Childhood using Lego Machines and Mechanism Education Kit.â€

Asmara, Berda. 2017. “Penggunaan Permainan Lego Dalam Bidang Pengembangan Kognitif Untuk Meningkatkan Kreativitas Anak Usia Dini Di PPT Permata Bunda Kecamatan Wonocolo Surabaya.†Education and Human Development Journal 2(2):45–54.

Bayanova, Larisa. 2014. “Compliance with Cultural Rules of Children Having Different Level of Creativity.†Procedia - Social and Behavioral Sciences 146:192–95. doi: 10.1016/j.sbspro.2014.08.109.

Debeturu, Balandina, dan Elisabeth Lanny Wijayaningsih. 2019. “Meningkatkan Kreativitas Anak Usia 5-6 Tahun melalui Media Magic Puffer Ball.†Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 3(1):233. doi: 10.31004/obsesi.v3i1.180.

Dewi, Rusmala. 2018. “Peran Guru Dalam Mengembangkan Kreativitas Anak Usia 5-6 Tahun Melalui Alat Permainan Edukatif (APE) Barang Bekas Di Tk Sriwijaya Sukarame Bandar Lampung.†Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan UIN Raden Intan Lampung.

Fatihah, Nurul, dan Difla Najih. 2017. “Hubungan Pendidik Dan Terdidik Dalam Al-Quran.†Ulumuddin: Jurnal Ilmu-ilmu Keislaman 7(2):73–86.

Handayani, Eka Putri, Kamilah, dan Tim My Book AL-mawardi. 2011. Belajar Melalui Bermain. Jakarta: My Book AL-Mawardi.

Hasanah, Uswatun. 2017. “Analisis Praktik Pelibatan Orang Tua dan Masyarakat dalam Kegiatan Kreatif Anak Usia Dini: Studi Kasus di TK Pertiwi Ds.Tambah Rejo, Kec. Tunjungan Kab. Blora.†Nadwa 11(2):177–97. doi: 10.21580/nw.2017.11.2.1552.

Holis, Ade. 2016. “Belajar Melalui Bermain untuk Pengembangan Kreativitas dan Kognitif Anak Usia Dini.†Jurnal Pendidikan Universitas Garut 9(1):23–37.

Hurlock, Elizabeth B. 2016. Perkembangan Anak. Vol. 2. Jakarta: Penerbit Erlangga.

Ibda, Fatimah. 2015. “Perkembangan Kognitif: Teori Jean Piaget.†Intelektualita 3(1):27–38.

Imroatun, Imroatun. 2014. “Permainan Tradisional Sebagai Pembelajaran Kecakapan Sosial Bagi Anak Usia Dini.†Jurnal Sains Psikologi 3(1):1–11.

Imroatun, Imroatun. 2016. “Bermain Sebagai Metode Pembelajaran Utama Anak Raudhatul Athfal.†As-Sibyan : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 1(1):40–48.

Jalil, Andriyati. 2019. “Pengembangan Media Permainan Lego Huruf Pada Anak Usia Dini.†Universitas Negeri Makassar.

Kartini, Kartini, dan Indria Susilawati. 2018. “Pengaruh Media Pembelajaran Lego Untuk Meningkatkan Kreativitas Anak Usia Dini.†Dunia Anak: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 1(2):33–43.

Latif, Mukhtar, Zukhairina, Rita Zubaidah, dan Muhammad Afandi. 2014. Orientasi Baru Pendidikan Anak Usia Dini: Teori dan Aplikasi. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Maulida, Dinda Agustin, A. T. Hendrawijaya, dan Niswatul Imsiyah. 2018. “Hubungan Antara Permainan Lego Dengan Perkembangan Kognitif Anak Usia Dini di Play Group Al-Irsyad Al-Islamiyyah Jember.†Jurnal Edukasi 5(1):9–11.

Milla, Durrotul, dan Mas’udah. 2017. “Pengaruh Bermain Lego Terhadap Kemampuan Mengenal Warna Pada Anak Kelompok a Di Tk Sabilul Hikmah Surabaya.†PAUD Teratai 6(2):1–4.

Morrison, George S. 2012. Dasar-Dasar Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). Jakarta: PT Indeks.

Munandar, Utami. 2004. Pengembangan Kreativitas Anak Berbakat. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Musfiroh, Tadkiroatun. n.d. “Kreativitas Anak Usia Dini Dan Implikasinya Dalam Pendidikan.â€

Mutiara, Sarah Nanda. 2016. “Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Anak Melalui Permainan Lego Block.†Jurnal Pertumbuhan Perkembangan Anak Usia Dini 13(2):170–78.

Nia Indah Purnamasari. 2019. “Komparasi Konsep Sosiokulturalisme dalam Pendidikan: Perspektif Barat dan Islam.†EL-BANAT: Jurnal Pemikiran dan Pendidikan Islam 9(2):238–61.

Nida, Fatma Laili Khoirun, dan Nurul Khusnah. 2015. “Model Bermain Pararel Sebagai Media Dalam Pengembangan Kreativitas Anak.†ThufuLA: Jurnal Inovasi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal 3(2):185–201.

Ningtyas, Fitria Yulianti. 2014. “Metode Bermain Lego Dalam Upaya Menumbuhkembangkan Kecerdasan Kinestetik Pada Anak Usia Dini, Studi Kasus di Lembaga Pendidikan Manusia Unggul.†Jurnal Empowerment 4(2):128–34.

Pang, Yanhui. 2010. “Lego Games Help Young Children with Autism Develop Social Skills.†International Journal of Education 2(2). doi: 10.5296/ije.v2i2.538.

Poon, Stephen T. F. 2018. “LEGO as a Learning Enabler in the 21st Century Preschool Classroom: Examining Perceptions of Attitudes and Preschool Practices.†Journal of Urban Culture Research 17(December 2018):72–87. doi: 10.14456/jucr.2018.12.

Prihantoro, Agung, dan Fattah Hidayat. 2019. “Melakukan Penelitian Tindakan Kelas.†Ulumuddin : Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman 9(1):49–60.

Priyanto, Aris. 2014. “Pengembangan Kreativitas Pada Anak Usia Dini Melalui Aktivitas Bermain.†Jurnal Ilmiah Guru COPE 8(2):41–47.

Rachmawati, Yeni, dan Euis Kurniati. 2005. Strategi Pengembangan Kreativitas Pada Anak Usia Taman Kanak-kanak. Jakarta: Depdiknas RI.

Rusdi, Rusdi. 2018. “Implementasi Teori Kreativitas Graham Wallas Dalam Sekolah Kepenulisan di Pesantren Mahasiswa Hasyim Asy’ari Cabeyan Yogyakarta.†Muslim Heritage 2(2):259. doi: 10.21154/muslimheritage.v2i2.1111.

Sarama, Julie, dan Douglas H. Clements. 2009. “Building Blocks and Cognitive Building Blocks: Playing to Know the World Mathematically.†American Journal of Play 313–37.

Setijoningsih, Christiana Hari. 2012. Perkembangan Anak Sejak Pertumbuhan Sampai Dengan Kanak-kanak Akhir. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Soebachman, Agustina. 2012. Permainan Asyik Bikin Anak Pintar. Yogyakarta: In Azna Books.

Suryana, Dadan. 2016. Pendidikan Anak Usia Dini (Stimulasi & Aspek Perkembangan Anak). Jakarta: Kencana.

Tintia, Nurvida. 2018. “Penggunaan alat permainan edukatif lego dala mengembangkan kreativitas anak usia 3-4 tahun di creativkids and U Art Bandar Jaya Timur.†FTK UIN Raden Intan Lampung.

Veronica, Nina, Lia Yuliati, dan Sa’dun Akbar. 2017. “PERKEMBANGAN KOGNITIF DAN TEORI BELAJAR SOCIO CULTURAL PADA ANAK USIA DINI.†Hal. 402–8 in Prosiding Seminar Nasional Teknologi Pembelajaran dan Pendidikan Dasar 2017.

W.Creswell, John, dan Cheryl N. Poth. 2018. Qualitative Inquiry and ResearchDesign: Choosing Among Five Tradition. 4 ed. London: SAGE Publications, Inc.

Wahyuningsih, Siti, Adriani Rahma Pudyaningtyas, Ruli Hafidah, Muhammad Munif Syamsuddin, Novita Eka Nurjanah, dan Upik Elok Endang Rasmani. 2019. “Efek Metode STEAM pada Kreatifitas Anak Usia 5-6 Tahun.†Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 4(1):295–301. doi: 10.31004/obsesi.v4i1.305.

Yulianty, Rani. 2013. Permainan yang Meningkatkan Kecerdasan Anak. Jakarta: Laskar Aksara.

Downloads

Published

2021-08-01

How to Cite

imroatun, imroatun, Fadilatunnisa, A., Hasanah, N., & Rahayu, S. H. (2021). IMPLEMENTASI BERMAIN LEGO SEBAGAI PEMBELAJARAN HARIAN UNTUK PENGEMBANGAN KREATIFITAS ANAK USIA DINI. Indonesian Journal of Early Childhood: Jurnal Dunia Anak Usia Dini, 3(2), 55–67. https://doi.org/10.35473/ijec.v3i2.1005

Issue

Section

Articles