Peran Pendidik Anak Usia Dini dalam Konsep Pendidikan Ki Hajar Dewantara

Authors

  • Umi - Hani PIAUD FITK UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA
  • Khamim Zarkasih Putro PIAUD FITK UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA

DOI:

https://doi.org/10.35473/ijec.v4i1.1023

Keywords:

peran pendidik, anak usia dini, Ki Hajar Dewantara

Abstract

Pendidikan anak usia dini membutuhkan peran pendidik yang benar benar memahami dan menyatu dengan dunia anak. Tujuan penelitian ini untuk menggali peran pendidik anak usia dini dalam konsep pendidikan Ki Hajar Dewantara dalam semboyan Ing ngarso Sung Tuladha, Ing Madyo mangun Karso, Tut Wuri Hanadayani. Metode penelitian yang digunakan adalah library research dengan menggali informasi yang didapat ari buku, jurnal dan sumber bacaan lainnya. Hasil penelitian menggambarkan bahawa dalam konsep Ing Ngarso Sung Tuladha pendidik harus berwawasan luas, berkpribadian, modelling dan professional. Ing Madya Mangun Karso pendidik sebagai  innovator, fasilitator, administrator, evaluator, pengasuh, pendamping, narahubung, teman bermain, Sahabat komunikasi, Konselor, regulator, dan pembangun yang sangat relevan dengan  kompetensi pedagogic dan kompetensi sosial, selanjutnya Tut Wuri Handayani  peran pendidik adalah  motivator dan penguat (doa) dalam memaksimalkan tumbuh kembang anak.     

Abstract

Early childhood education requires the role of educators who truly understand and integrate with the world of children. The purpose of this study was to explore the role of early childhood educators in the educational concept of Ki Hajar Dewantara in the motto Ing ngarso Sung Tuladha, Ing Madyo mangun Karso, Tut Wuri Handayani. The research method used is library research by digging information obtained from books, journals and other reading sources. The results of the study illustrate that in the concept of IngNgarso Sung Tuladha educators must have broad insight, personality, modeling and professional. Ing Madya Mangun Karso is an educator as an innovator, facilitator, administrator, evaluator, caregiver, companion, contact person, playmate, friend of communication, counselor, regulator, and builder who is very relevant to pedagogic competence and social competence, then Tut Wuri Handayani's role as educator is motivator and reinforcement (prayer) in maximizing child development.

   

Author Biographies

Umi - Hani, PIAUD FITK UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA

PIAUD FITK UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA

Khamim Zarkasih Putro, PIAUD FITK UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA

PIAUD FITK UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA

References

Aziz, Hafidh. 2016. “Guru Sebagai Role Model Pendidikan Karakter Anak Usia Dini Perspektif Pendidikan Islam dan Ki Hajar Dewantara.†Golden Age: Jurnal Ilmiah Tumbuh Kembang Anak Usia Dini 1(2):1.

Christianti, Martha. 2012. “Profesionalisme Pendidik Anak Usia Dini.†Jurnal Pendidikan Anak 1(1):112. doi: 10.21831/jpa.v1i1.2923.

Claramita, Mora. 2016. “Revealing ‘Tut Wuri Handayani’ - A Student-Centred Learning Approach- by Ki Hajar Dewantara from The Early 20th Century: A Literature Review.†Jurnal Pendidikan Kedokteran Indonesia: The Indonesian Journal of Medical Education 5(1):1. doi: 10.22146/jpki.25295.

Enah Suminah, Et. al. 2018. Kurikulum Pendidikan Anak Usia Dini, Apa, Mengapa dan Bagaimana. Jakarta: Kurikulum Pendidikan Anak Usia Dini, Apa, Mengapa dan Bagaimana.

Fauziyyah, Nida Salma, dan Kuswanto. 2020. “Menciptakan Tenaga pendidik PAUD Yang Berkompeten Sejalan Dengan Teori Ki Hajar Dewantara.†AUDI V(1):19. doi: http://dx.doi.org/10.33061/jai.v5i1.3716.

Heru Kurniawan, Marwany, Titi Anisatul Laely. 2020. Bermain dan Permainan Anak Usia Dini. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Hidayah, Rohmatun Nurul. 2015. “Pendidikan Anak Usia Dini Perspektif Ki Hajar Dewantara.†Al Mabsut 9(2).

Isnaini, Rohmatun Lukluk. 2019. “Kajian reflektif: Relevansi pendidikan humanis-religius dalam menghadapi era revolusi industri 4.0.†Jurnal Pembangunan Pendidikan: Fondasi dan Aplikasi 7(1):26. doi: 10.21831/jppfa.v7i1.26945.

Kebudayaan, Kementerian Pendidikan dan. 2015. Materi Pelatihan Guru Implementasi Kurikulum 2013 PAUD. Jakarta.

Khairi, Husnuzziadatul. 2018. “Karakteristik Perkembangan Anak Usia Dini Dari 0-6 Tahun.†Jurnal Warna Vol. 2 No.:18.

Marisyah, Firman, Rusdinal. 2019. “Pemikiran Ki Hadjar Dewantara Tentang Pendidikan.†Jurnal Pendidikan Tambusai Volume 3 N.

Mirzaqon, A., &. Purwoko. 2018. Studi Kepustakaan Mengenai Landasan Teori dan Praktik.

Mujito, Wawan Eko. 2014. “Konsep Belajar Menurut Ki Hadjar Dewantara Dan Relevansinya Dengan Pendidikan Agama Islam.†Pendidikan Agama Islam Vol. XI, N.

Mukhlis, Elfan Fanhas F. Kh and Gina Nurazizah. 2017. “Pendidikan Karakter Untuk Anak Usia Dini Menurut QS Lukman: 13–19.†PEDAGOGI: Jurnal Anak Usia Dini Dan Pendidikan Anak Usia Dini 3, 3a:50.

Mulyasa, E. 2005. Menjadi Guru Profesional, Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Nasional, Kementerian Pendidikan. 2010. UU No 58 Tahun 2009.

Nurkholida, Erna. 2018. “Filsafat Pendidikan Menurut Perspektif Jawa (Studi Pemikiran Ki Hajar Dewantara).†Cendekia Vol. 16 No.

Rizkin, Van Biaila, dan Kuswanto. 2020. “Relevansi Pendidikan Karakter Ki

Hajara Dwantara Dengan PAUD di Indonesia.†AUDI V(2):75.

Setyowahyudi, Rendy. 2020. “Pemikiran Ki Hajar Dewantara dan Maria Montessori tentang Pendidikan Anak Usia Dini.†PAUDIA : Jurnal Penelitian dalam Bidang Pendidikan Anak Usia Dini 9(1):17–35. doi: 10.26877/paudia.v9i1.5610.

Siagian, Sondang P. 2004. Teori Motivasi dan Aplikasinya. Bandung: Rineka Cipta.

Sugiarta, I. Made. 2019. “Filsafat Pendidikan Ki Hajar Dewantara (Tokoh Timur).†Jurnal Filsafat Indonesia Vol 2 No 3.

Suparlan. 2005. Menjadi Guru Efektif. Yogyakarta: Hikayat Publishing.

Suparlan. 2006. Guru Sebagai Profesi. Yogyakarta: Hikayat Publishing.

Suwahyu, Irwansyah. 2018. “Pendidikan Karakter dalam Konsep Pemikiran Pendidikan Ki Hajar Dewantara.†Insania Vol. 23, N.

Sya’baniyah, Anisa Hafsah, dan Kuswanto. 2020. “Humanisasi Pendidikan Sebagai Aktualisasi Konsep BelajarKi Hajar Dewantara.†AUDI v(1):57. doi: http://dx.doi.org/10.33061/jai.v5i1.3712.

Tafsir, Ahmad. 2014. Ilmu Pendidikan Dalam Perspektif Islam. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Tohir, Mohammad. 2019. “Sosok Guru Profesional yang Ideal Ala Ki Hajar Dewantara.†1–4. doi: 10.31219/osf.io/w4cef.

Wangid, Muhammad Nur. 2009. “Sistem Among Pada Masa Kini: Kajian Konsep dan Praktik Pendidikan.†Jurnal Kependidikan Volume Xxx.

Downloads

Published

2022-01-31

How to Cite

Hani, U. .-., & Putro, K. Z. (2022). Peran Pendidik Anak Usia Dini dalam Konsep Pendidikan Ki Hajar Dewantara. Indonesian Journal of Early Childhood: Jurnal Dunia Anak Usia Dini, 4(1), 78–95. https://doi.org/10.35473/ijec.v4i1.1023

Issue

Section

Articles