Keterlibatan Orang Tua Dalam Mengenalkan Matematika Permulaan Untuk Anak Autism Spectrum Disorders Rentang Usia 4-8 Tahun
DOI:
https://doi.org/10.35473/ijec.v4i1.1037Keywords:
autism spectrum disorder, keterlibatan orang tua, anak usia dini, matematika permulaanAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterlibatan orang tua dalam mengenalkan matematika permulaan kepada anak ASD (Autism Spectrum Disorders) usia 4-8 tahun. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara terstruktur secara daring. Penelitian ini melibatkan 5 orang tua yang dipilih melalui purpossive sampling. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan Miles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa orang tua yang memiliki anak ASD pada dasarnya berperan penting untuk mendampingi anak dalam setiap kegiatan. Keterlibatan orang tua dalam mengenalkan kegiatan matematika permulaan pada anak ASD dapat dilakukan dengan banyak cara tetapi disesuaikan dengan kebutuhan setiap anak. Adanya penggunaan media pembelajaran, metode dan strategi yang beragam diharapkan mampu membantu orang tua dalam mendampingi anak dalam mengenalkan matematika permulaan.
References
Abdurrahman Mulyono. 2010. Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Amalia, Citra Nofita Nur dan Wagino. 2019. Studi Pemanfaatan Game Edukasi Belajar Angka dan Mudah Berhitung (Bamber) Berbasis Android Terhadap Kemampuan Berhitung Anak Autis. Jurnal Pendidikan Khusus. 11 (3) : 1-14.
Ardini, Farah Karimah dan Budiyanto. 2018. Pengaruh Penggunaan Computer Assisted Instruction (CAI) Untuk Meningkatkan Kemampuan Mengenal Lambang Bilangan Pada Anak Autis. Jurnal Pendidikan Khusus. 10 (2)
Atika, Putrie Mei dan Sri Joeda Andajani. 2017. Model Pembelajaran Langsung Berbasis Media Pasir Berwarna Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Angka 1-10 Pada Anak Autism. Jurnal Pendidikan Khusus. 9 (2).
Bektiningsih, K. 2009. Program Terapi Anak Autis di SLB Negeri Semarang. Jurnal Pendidikan. 39 (2) : 85-110
Budiman, M. 2001. Langkah Awal Menanggulangi Autisrne. Jakarta: Nirmala
Christie, Newson, dkk. 2011. Langkah Awal Berinteraksi Dengan Anak Autis. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama
Desiningrum, Dinie Ratri. 2016. Psikologi Anak Berkebutuhan Khusus. Yogyakarta: Psikosain.
Dewi, Alviana Rovita dan Ima Kurrotun Ainin. 2019. Metode ABA Bermedia Scrapbook Terhadap Kemampuan Mengenal Konsep Bilangan Pada Anak Autis. Jurnal Pendidikan Khusus. 12 (3) : 1-13.
Dimyati dan Mudjiona. 2009. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rienka Cipta
Huzaemah. 2010. Kenali Autisme Sejak Dini. Jakarta: Pustaka Obor Indonesia
Indrastuti, Oktarina. 2013. Mengenal Autisme dan Penanganannya. Yogyakarta: Familia
Intan, Tania. 2019. Pemberdayaan dan Edukasi Terhadap Orang Tua Anak Berkebutuhan Khusus Penyandang Autisme di Wilayah Kabupaten Garut (Analisis Situasional dan Solusi). Jurnal Aplikasi Teknik dan Pengabdian Masyarakat. 3 (1).
Iswari, Mega, dkk. 2018. Bermain Peran : Sebuah Metode Pembelajaran Untuk Mengembangkan Keterampilan Sosialisasi Anak Autis. Jurnal Pendidikan Khusus. 2 (2) : 2598-5183
Koswara, Deded. 2013. Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus. Jakarta: Luxima Suryaputra
Kristanti, Lucia Ani dan Cintika Yorinda Sebtalesy. 2019. Kapasitas Orang Tua Terhadap Personal Hygiene Anak Autis. Porbolinggo: Uwais Inspirasi Indonesia.
Majzub, R. M., & Salim, E. J. H. (2011). Parental Involvement In Selected Private Preschools In Tangerang, Indonesia. Procedia - Social And Behavioral Sciences, 15, 4033–4039.
Maulana, Mirza. 2007. Anak Autis : Mendidik Anak Autis dan Gangguan Mental Lain Menuju Anak Cerdas dan Sehat. Yogyakarta: Ar-Ruzz
Miarso, Y.H. 2004. Menyemai Benih Teknologi Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Muslim, Safira dan Budiyanto. 2019. Game Edukasi Berbasis Computer Assisted Intructional Terhadap Kemampuan Menjumlah Pada Anak Autis. Jurnal Pendidikan Khusus.12 (3) : 1-14.
Nurjannah, Eka dan Madechan. 2017. Metode Multisensori Terhadap Kemampuan Mengenal Lambang Bilangan 1-10 Pada Anak Autis. Jurnal Pendidikan Khusus. 9 (2)
Priyatna, Andri. 2010. Amazing Autism: Memahami, Mengasuh dan Mendidik Anak Autis. Jakarta: Elex Media Komputindo
Pupuh dan Sobri. 2009. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: PT. Reka Jaya.
Puspitasari, Dwi Ita. 2020. Pemanfaatan Video Pembelajaran Untuk Meningkatkan Komunikasi Anak Dengan Spektrum Autis. Jurnal Pendidikan Khusus. 15 (2), 1-7.
Putri, Maringgar Hangesti. 2013. Metode Tanya Jawab Bermedia Video Untuk Meningkatkan Aktivitas Berbicara Anak Autis. Jurnal Pendidikan Khusus. Vol. 2 (2)
Rahayu, A. 2014. Pengaruh Pembelajaran Game Berbasis Komputer Terhadap Hasil Belajar Matematika Penjumlahan Anak Autis Ringan Di SDN Klampis Ngasem 1 Surabaya. Jurnal Pendidikan Khusus. 6 (6) : 1-5
Rahmatunnisa, Sriyanti. 2017. Pendidikan Inklusif. Jakarta: Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Jakarta.
Rokhimah, Rina dan Ira. 2013. Pengaruh Permainan Lasy Terhadap Peningkatan Konsentrsi Pada Anak Autis. Jurnal Pendidikan. 4 (1).
Sanjaya, Wina. 2013. Strategi Pembelajaran Berorentasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana
Sidabutar, Bontor Eben Ezer, dkk. 2020. Peran Orang Tua Dalam Menangani Anak Autisme. Jurnal Manajemen Pendidikan. 9 (1) : 61-88.
Siron, Y., Ningrum, H. S., Gustiani, L., & Muaz, F. (2020). Father’s Involvement in Parenting Children With Cerebral Palsy. Journal Early Childhood Education, 2(2), 183–196.
Sulistyowati, Dian. 2007. Pembelajaran Matematika Bagi Anak Autis di Kelas G Laboratorium Autis Universitas Negeri Malang (Skripsi). Malang: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Malang.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Indonesian Journal of Early Childhood: Jurnal Dunia Anak Usia Dini
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Please find the rights and licenses in Indonesian Journal Of Early Childhood: Jurnal Dunia Anak Usia DIni. By submitting the article/manuscript of the article, the author(s) agree with this policy. No specific document sign-off is required.
1. License
The non-commercial use of the article will be governed by the Creative Commons Attribution license as currently displayed on Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
2. Author(s)' Warranties
The author warrants that the article is original, written by stated author(s), has not been published before, contains no unlawful statements, does not infringe the rights of others, is subject to copyright that is vested exclusively in the author and free of any third party rights, and that any necessary written permissions to quote from other sources have been obtained by the author(s).
3. User Rights
Indonesian Journal Of Early Childhood: Jurnal Dunia Anak Usia Dini's spirit is to disseminate articles published are as free as possible. Under the Creative Commons license, Indonesian Journal Of Early Childhood: Jurnal Dunia Anak Usia Dini permits users to copy, distribute, display, and perform the work for non-commercial purposes only. Users will also need to attribute authors and Indonesian Journal Of Early Childhood: Jurnal Dunia Anak Usia Dini on distributing works in the journal and other media of publications.
4. Co-Authorship
If the article was jointly prepared by more than one author, any authors submitting the manuscript warrants that he/she has been authorized by all co-authors to be agreed on this copyright and license notice (agreement) on their behalf, and agrees to inform his/her co-authors of the terms of this policy. Indonesian Journal Of Early Childhood: Jurnal Dunia Anak Usia Dini will not be held liable for anything that may arise due to the author(s) internal dispute. Indonesian Journal Of Early Childhood: Jurnal Dunia Anak Usia Dini will only communicate with the corresponding author.
5. Miscellaneous
Indonesian Journal Of Early Childhood: Jurnal Dunia Anak Usia Dini will publish the article (or have it published) in the journal if the article’s editorial process is successfully completed. Indonesian Journal Of Early Childhood: Jurnal Dunia Anak Usia Dini's editors may modify the article to a style of punctuation, spelling, capitalization, referencing and usage that deems appropriate. The author acknowledges that the article may be published so that it will be publicly accessible and such access will be free of charge for the readers as mentioned in point 3.
Â
Every accepted manuscript should be accompanied by "Copyright Transfer Agreement" prior to the article publication.