Keterlibatan Orang Tua Dalam Mengenalkan Matematika Permulaan Untuk Anak Autism Spectrum Disorders Rentang Usia 4-8 Tahun

Authors

  • Yubaedi Siron Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta
  • Insanirha Fahiyah Mutona Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta
  • Annisa Fitri Alfatikah Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta
  • Atania Karima Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta
  • Ipah Khonipah Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta
  • Sumuvi Meisasti Faizatu Rusuli Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.35473/ijec.v4i1.1037

Keywords:

autism spectrum disorder, keterlibatan orang tua, anak usia dini, matematika permulaan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterlibatan orang tua dalam mengenalkan matematika permulaan kepada anak ASD (Autism Spectrum Disorders) usia 4-8 tahun. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara terstruktur secara daring. Penelitian ini melibatkan 5 orang tua yang dipilih melalui purpossive sampling. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan Miles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa orang tua yang memiliki anak ASD pada dasarnya berperan penting untuk mendampingi anak dalam setiap kegiatan. Keterlibatan orang tua dalam mengenalkan kegiatan matematika permulaan pada anak ASD dapat dilakukan dengan banyak cara tetapi disesuaikan dengan kebutuhan setiap anak. Adanya penggunaan media pembelajaran, metode dan strategi yang beragam diharapkan mampu membantu orang tua dalam mendampingi anak dalam mengenalkan matematika permulaan.

References

Abdurrahman Mulyono. 2010. Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Amalia, Citra Nofita Nur dan Wagino. 2019. Studi Pemanfaatan Game Edukasi Belajar Angka dan Mudah Berhitung (Bamber) Berbasis Android Terhadap Kemampuan Berhitung Anak Autis. Jurnal Pendidikan Khusus. 11 (3) : 1-14.

Ardini, Farah Karimah dan Budiyanto. 2018. Pengaruh Penggunaan Computer Assisted Instruction (CAI) Untuk Meningkatkan Kemampuan Mengenal Lambang Bilangan Pada Anak Autis. Jurnal Pendidikan Khusus. 10 (2)

Atika, Putrie Mei dan Sri Joeda Andajani. 2017. Model Pembelajaran Langsung Berbasis Media Pasir Berwarna Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Angka 1-10 Pada Anak Autism. Jurnal Pendidikan Khusus. 9 (2).

Bektiningsih, K. 2009. Program Terapi Anak Autis di SLB Negeri Semarang. Jurnal Pendidikan. 39 (2) : 85-110

Budiman, M. 2001. Langkah Awal Menanggulangi Autisrne. Jakarta: Nirmala

Christie, Newson, dkk. 2011. Langkah Awal Berinteraksi Dengan Anak Autis. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama

Desiningrum, Dinie Ratri. 2016. Psikologi Anak Berkebutuhan Khusus. Yogyakarta: Psikosain.

Dewi, Alviana Rovita dan Ima Kurrotun Ainin. 2019. Metode ABA Bermedia Scrapbook Terhadap Kemampuan Mengenal Konsep Bilangan Pada Anak Autis. Jurnal Pendidikan Khusus. 12 (3) : 1-13.

Dimyati dan Mudjiona. 2009. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rienka Cipta

Huzaemah. 2010. Kenali Autisme Sejak Dini. Jakarta: Pustaka Obor Indonesia

Indrastuti, Oktarina. 2013. Mengenal Autisme dan Penanganannya. Yogyakarta: Familia

Intan, Tania. 2019. Pemberdayaan dan Edukasi Terhadap Orang Tua Anak Berkebutuhan Khusus Penyandang Autisme di Wilayah Kabupaten Garut (Analisis Situasional dan Solusi). Jurnal Aplikasi Teknik dan Pengabdian Masyarakat. 3 (1).

Iswari, Mega, dkk. 2018. Bermain Peran : Sebuah Metode Pembelajaran Untuk Mengembangkan Keterampilan Sosialisasi Anak Autis. Jurnal Pendidikan Khusus. 2 (2) : 2598-5183

Koswara, Deded. 2013. Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus. Jakarta: Luxima Suryaputra

Kristanti, Lucia Ani dan Cintika Yorinda Sebtalesy. 2019. Kapasitas Orang Tua Terhadap Personal Hygiene Anak Autis. Porbolinggo: Uwais Inspirasi Indonesia.

Majzub, R. M., & Salim, E. J. H. (2011). Parental Involvement In Selected Private Preschools In Tangerang, Indonesia. Procedia - Social And Behavioral Sciences, 15, 4033–4039.

Maulana, Mirza. 2007. Anak Autis : Mendidik Anak Autis dan Gangguan Mental Lain Menuju Anak Cerdas dan Sehat. Yogyakarta: Ar-Ruzz

Miarso, Y.H. 2004. Menyemai Benih Teknologi Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Muslim, Safira dan Budiyanto. 2019. Game Edukasi Berbasis Computer Assisted Intructional Terhadap Kemampuan Menjumlah Pada Anak Autis. Jurnal Pendidikan Khusus.12 (3) : 1-14.

Nurjannah, Eka dan Madechan. 2017. Metode Multisensori Terhadap Kemampuan Mengenal Lambang Bilangan 1-10 Pada Anak Autis. Jurnal Pendidikan Khusus. 9 (2)

Priyatna, Andri. 2010. Amazing Autism: Memahami, Mengasuh dan Mendidik Anak Autis. Jakarta: Elex Media Komputindo

Pupuh dan Sobri. 2009. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: PT. Reka Jaya.

Puspitasari, Dwi Ita. 2020. Pemanfaatan Video Pembelajaran Untuk Meningkatkan Komunikasi Anak Dengan Spektrum Autis. Jurnal Pendidikan Khusus. 15 (2), 1-7.

Putri, Maringgar Hangesti. 2013. Metode Tanya Jawab Bermedia Video Untuk Meningkatkan Aktivitas Berbicara Anak Autis. Jurnal Pendidikan Khusus. Vol. 2 (2)

Rahayu, A. 2014. Pengaruh Pembelajaran Game Berbasis Komputer Terhadap Hasil Belajar Matematika Penjumlahan Anak Autis Ringan Di SDN Klampis Ngasem 1 Surabaya. Jurnal Pendidikan Khusus. 6 (6) : 1-5

Rahmatunnisa, Sriyanti. 2017. Pendidikan Inklusif. Jakarta: Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Jakarta.

Rokhimah, Rina dan Ira. 2013. Pengaruh Permainan Lasy Terhadap Peningkatan Konsentrsi Pada Anak Autis. Jurnal Pendidikan. 4 (1).

Sanjaya, Wina. 2013. Strategi Pembelajaran Berorentasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana

Sidabutar, Bontor Eben Ezer, dkk. 2020. Peran Orang Tua Dalam Menangani Anak Autisme. Jurnal Manajemen Pendidikan. 9 (1) : 61-88.

Siron, Y., Ningrum, H. S., Gustiani, L., & Muaz, F. (2020). Father’s Involvement in Parenting Children With Cerebral Palsy. Journal Early Childhood Education, 2(2), 183–196.

Sulistyowati, Dian. 2007. Pembelajaran Matematika Bagi Anak Autis di Kelas G Laboratorium Autis Universitas Negeri Malang (Skripsi). Malang: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Malang.

Downloads

Published

2022-01-31

How to Cite

Siron, Y., Mutona, I. F., Alfatikah, A. F., Karima, A., Khonipah, I., & Rusuli, S. M. F. (2022). Keterlibatan Orang Tua Dalam Mengenalkan Matematika Permulaan Untuk Anak Autism Spectrum Disorders Rentang Usia 4-8 Tahun. Indonesian Journal of Early Childhood: Jurnal Dunia Anak Usia Dini, 4(1), 60–77. https://doi.org/10.35473/ijec.v4i1.1037

Issue

Section

Articles