Implementasi Pendidikan Inklusi pada Model Pembelajaran Sentra Imtaq Muslim di TK Talenta Semarang

Authors

  • Hena Safira Endah Kumala UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta
  • Hibana Hibana Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta
  • Susilo Surahman IAIN Surakarta

DOI:

https://doi.org/10.35473/ijec.v4i1.1038

Abstract

Setiap anak mempunyai latar belakang kehidupan sosial dan tumbuh kembang yang berbeda, tetapi dengan adanya perbedaan tersebut setiap anak berhak menerima pendidikan layaknya anak yang lain. Penelitian ini bermaksud untuk mengetahui pendidikan inklusi di TK Talenta dan implementasi pendidikan inklusi pada model pembelajaran sentra imtaq muslim di TK Talenta. Peneliti menggunakan penelitian kualitatif deskriptif, data yang didapatkan akan dianalisis dengan analisis deskriptif kualitatif. Pendidikan inklusi di TK Talenta dimana sekolah menerima dan mendidik Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) sebagaimana layaknya anak lainnya, selain itu TK Talenta juga menerima semua anak dari berbagai ragam suku, agama, ras, perbedaan antargolongan, memodifikasi kurikulum 2013 dengan membuat program pembelajaran kedua yang bernama Program Pembelajaran Individual (PPI) dan persiapan pembelajaran sentra imtaq muslim dengan membuat RPPM dan RPPH dan penempatan anak berkebutuhan khusus menggunakan model kelas regular.

References

Aghnaita, A. 2017. Perkembangan Fisik-Motorik Anak 4-5 Tahun Pada Permendikbud no. 137 Tahun 2014 (Kajian Konsep Perkembangan Anak). Al-Athfal : Jurnal Pendidikan Anak, 3(2) : 219.

Anwariningsih, S. H., & Ernawati, S. 2015. Paud Inklusi untuk Anak Berkebutuhan Khusus (ABK). Jurnal Dian Mas, 4(2), 83: 90.

Asiyah, D. 2018. Dampak Pola Pembelajaran Sekolah Inklusi terhadap Anak Berkebutuhan Khusus. Prophetic : Professional, Empathy and Islamic Counseling Journal, 1(01) : 69–82.

Daud Al Kahar, A. A. 2019. Pendidikan Inklusif Sebagai Gebrakan Solutif “ Education for All .†Al-Riwayah: Jurnal Kependidikan, 11(1): 45–66.

Fahmi Hidayatullah, M. 2018. Paradigma Pendidikan Keluarga: Supervisi dan Motiv Keterlibatan Orang Tua dalam Pelaksanaan Ibadah. Jurnal Tarbiyatuna, 2(1) : 58–74.

Fitriawati. 2018. Implementasi Metode Beyond Center and Circle Time ( BCCT ) dalam Pengenalan Bahasa Inggris di Kelompok Bermain GENIUS. Jurnal Lentera Pedagogi, 1(2) : 81–90.

Hanur, B. S., & Avif, S. 2018. Melayani Dengan Hati : Menghapus Diskriminasi dan Segregesi antara Anak Reguler dengan Anak Berkebutuhan Khusus melalui Sekolah inklusif YBPK Kota Kediri. Jurnal Al-Hikmah, 6(1) : 27–40.

Hasanah, U. 2019. Strategi Pembelajaran Aktif Untuk Anak Usia Dini. INSANIA : Jurnal Pemikiran Alternatif Kependidikan, 23(2) : 204–222.

Komariyah, S. N., Bagarkorowati, R., & Lianty, L. 2017. Pemahaman Guru Terhadap Peserta Didik Berkebutuhan Khusus Di Sekolah Dasar Inklusif Wilayah Kepulauan Seribu. PARAMETER: Jurnal Pendidikan Universitas Negeri Jakarta, 29(2) : 216–222.

Mursid. 2016. Pengembangan Pembelajaran PAUD. PT. Remaja Rosdakarya.

Nabila, N. 2020. Pendidikan Inklusi di Sekolah Dasar. Jurnal Prodi PGMI, 5(2) : 31–39.

Persada, H. J., & Efendi, M. 2018. Studi Kasus Implementasi Layanan Pendidikan Inklusif di Kota Madiun. Jurnal ORTOPEDAGOGIA, 4(1) : 7–11.

Putra, N., & Dwi Lestari, N. 2012. Penelitian Kualitatif PAUD. Raja Grafindo Persada.

Rahim, Z., Pransiska, R., & Ismet, S. 2018. Penerapan Sentra Ibadah Di Taman Kanak-Kanak Islam Excellent Bukittinggi. Jurnal Bunga Rampai Usia Emas, 4(2) : 24–30.

Saripudin, A., & Faujiah, I. Y. 2018. Strategi Edutainment Dalam Pembelajaran Di Paud (Studi Kasus Pada Tk Di Kota Cirebon). AWLADY : Jurnal Pendidikan Anak, 4(1) : 129.

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Dan R & D. Alfabeta.

Sunaryo, S., & Indonesia, U. P. 2011. Manajemen Pendidikan Inklusif (Konsep, Kebijakan, dan Implementasinya). Jurnal Jassi Anakku, 10(2) : 184–200.

Suryaningrum, C., Ingarianti, T. M., & Anwar, Z. 2016. Pengembangan Model Deteksi Dini Anak Berkebutuhan Khusus (Abk) Pada Tingkat Pendidikan Anak Usia Dini (Paud) Di Kota Malang. Jurnal Ilmiah Psikologi Terapan, 4(4) : 62–74.

Wahyuyiha, S. (2013). Implementasi Pembelajaran Di Sentra Imtaq Pada Pre School Intan Permata Aisyiyah Makamhaji (Naskah Publikasi). Surakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Wilyanita, N., & Wahyuni, U. T. 2019. Analisis Pemilihan Media Pembelajaran Sentra Imtaq Di Tk Negeri Pembina 3 Pekanbaru. KINDERGARTEN: Journal of Islamic Early Childhood Education, 1(2) : 143.

Downloads

Published

2022-01-31

How to Cite

Kumala, H. S. E., Hibana, H., & Surahman, S. (2022). Implementasi Pendidikan Inklusi pada Model Pembelajaran Sentra Imtaq Muslim di TK Talenta Semarang. Indonesian Journal of Early Childhood: Jurnal Dunia Anak Usia Dini, 4(1), 96–107. https://doi.org/10.35473/ijec.v4i1.1038

Issue

Section

Articles