Pemikiran Eksistensialisme pada Pendidikan Anak Usia Dini (Kajian Studi Pembelajaran Berbasis Alam)

Authors

  • Sofia Rizki Julianti Universitas Negeri Islam Sunan Kalijaga Yogyakarta
  • Maemonah Maemonah

DOI:

https://doi.org/10.35473/ijec.v4i1.1039

Keywords:

Eksistensialisme, Pembelajaran Berbasis Alam, Anak Usia Dini.

Abstract

Mendeskripsikan relevansi pemikiran filsafat eksistensialis pendidikan anak usia dini yang terdapat pada sebuah pembelajaran berbasis alam di Sekolah Alam Bangka Belitung. Anak usia dini merupakan anak yang berada pada usia yang strategis dalam menerapkan pengetahuan terhadap kepribadian yang menjadi tujuan dari pemberian pendidikan tersebut. Pendidikan dipercaya sebagai media efektif dalam mengembangkan keunikan yang ada pada diri seseorang. Sehingga dalam pelaksanaan pendidikan anak usia dini diharapkan agar dapat berjalan sesuai eksistensial diri anak seperti tahap perkembangannya, bukan atas dasar kemauan orangtua atau pandangan dari lingkungan sekitar anak. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi lapangan melalui wawancara dan observasi terkait pembelajaran berbasis alam di Sekolah Alam Bangka Belitung. Relevansi yang diberikan pembelajaran berbasis alam muncul sebagai alternatif permasalahan pendidikan, selaras dengan jawaban atas permasalahan pendidikan melalui pemikiran eksistensialisme pendidikan anak usia dini.

References

Ahyan Yusuf Sya’bani, M. (2017). KONSEPTUALISASI PENDIDIKAN DALAM PANDANGAN ALIRAN FILSAFAT EKSISTENSIALISME (Telaah Implikatif Persepsi Aliran Filsafat Eksistensialisme terhadap Dunia Pendidikan). Tamaddun, 183– 196.

Albi, A., & Setiawan, J. (2018). Metode Penelitian Kualitatif. Jejak.

Beauvais, C. (2018). Thinking the Adult–Child Relationship with Existentialism. Reimagining Childhood Studies.

Febriani, L., Saputra, P. P., & Laura, N. (2018). The Manifestation of Critical Education in Bangka Belitung Nature School, Pangkalpinang City. 6, 13.

Greene, R. (2006). Belajar Tak Hanya di Sekolah (terj. Valentinus Eric). Erlangga.

Hartati, S. (2005). Perkembangan Belajar Pada Anak Usia Dini. Depatermen Pendidikan Nasional.

Hilmi, H. (2013). AKTIVITAS PENGAJARAN MELALUI PENDEKATAN EKSISTENSIALISME. Jurnal Ilmiah Didaktika, 13(2). https://doi.org/10.22373/jid.v13i2.4 81

Kristiawan, M. (2016). Filsafat Pendidikan; The Choice Is Yours. Penerbit Valia Pustaka.

Kristiawan, M. (2017). PENGELOLAAN PEMBELAJARAN PAUD DALAM MENGEMBANGKAN POTENSI ANAK USIA DINI. Jurnal Manajemen, 2(1), 11.

Prakoso, P., Maulana, S., & Rambe, Y. S. (2018). Perancangan Sekolah Alam Dengan Tema Arsitektur Ramah Lingkungan. 6.

Ramayulis, & Nizar, S. (2010). Filsafat Pendidikan Islam. Kalam Mulia.

Rohmah, L. (2019). Eksistensialisme dalam Pendidikan. Edugama: Jurnal Kependidikan dan Sosial Keagamaan, 5(1), 86–100. https://doi.org/10.32923/edugama.v 5i1.960

Santoso Satmoko, B. (2010). Sekolah Alternatif, Mengapa Tidak? Diva Press.

Setyosari, P. (2013). Metode Penelitian Pendidikan dan Pengembangan. Prenada Media.

Soelistyarini, T. D. (2013). Pedoman Penyusunan Tinjauan Pustaka dalam Penelitian dan Penulisan Ilmiah. 6.

Sunarso, S. (2010). MENGENAL FILSAFAT EKSISTENSIALISME JEAN-PAUL SARTRE SERTA IMPLEMENTASINYA DALAM PENDIDIKAN. Informasi, 36(1), Article 1. https://doi.org/10.21831/informasi.v 1i1.5659

Wati, L. (2007). TK Alam Lembah Pagiri— Bogor. Dalam Menemukan Sekolah Yang Membebaskan Perjalanan Menggapai Sekolah Yang Mendidik Anak Menjadi Manusia Berkarakter (1 ed., hlm. 39–42). Kawan Pustaka.

Downloads

Published

2022-02-09

How to Cite

Julianti, S. R., & Maemonah, M. (2022). Pemikiran Eksistensialisme pada Pendidikan Anak Usia Dini (Kajian Studi Pembelajaran Berbasis Alam). Indonesian Journal of Early Childhood: Jurnal Dunia Anak Usia Dini, 4(1), 158–170. https://doi.org/10.35473/ijec.v4i1.1039

Issue

Section

Articles