Penggunaan Media Video untuk Pengembangan Kognitif Anak Usia Dini di Masa Pandemi

Authors

  • Eti Rahmawati Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Debibik Nabilatul Fauziah Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Rina Syarfida Universitas Singaperbangsa Karawang

DOI:

https://doi.org/10.35473/ijec.v4i1.1079

Keywords:

Video, online learning, cognitive

Abstract

Kegiatan pembelajaran di masa pandemic guru dituntut untuk lebih kreatif dan inovatif terutama untuk jenjang Pendidikan anak usia dini. Guru harus lebih pandai memilih media pembelajaran yang tepat untuk peserta didiknya. Hal ini dikarenakan pembelajaran untuk anak usia dini harus bisa menarik minat anak sehingga anak mau melakukan kegiatan pembelajaran di rumah.  Adapun salah satu media pembelajaran yang dapat digunakan oleh tenaga pendidik yaitu menggunakan media video dalam menyampaikan materi pembelajaran pada anak. Video dapat dibuat semenarik mungkin sehingga anak tertarik untuk menontonnya dan mengikuti kegiatan yang dipandu melalui video tersebut.  Adapun Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui tingkat perkembangan kognitif anak dengan menggunakan media video. Pada penelitian kali ini peneliti menggunakan metode penelitian dengan pendekatan kualitatif deskriptif dimana untuk pengumpulan datanya dengan cara observasi dan wawancara. Untuk subejek wawancaranya dengan menggunakan guru TKQ Miftahul Jannah dan orangtua murid sebagai sumber informasi. Hasil penelitian ini adalah bagaiman kreatifitas guru sangat berperan dalam keberhasilan penggunaan media video. Video yang dibuat semenarik mungkin akan menarik minat anak dalam belajar sehingga pengembangan kognitif anak yang disampaikan memalalui media video dapat tercapai.

  

Abstract

 

Published Learning  activities in the pandemic  teachers are required  to be more  creative  and  innovative,  especially  for  early childhood  education  levels.  Teachers  should be  smarter  in  choosing  the  right learning  media  for    their students. This is    because  learning  for    early  childhood   should be able  to  attract  children  so that  children  want to  do  learning  activities  at  home.   One  of   the learning  media  that  can be  used  by    educators  is to use video media  in  delivering  learning  materials to children. Videos  can be  made  as interesting as  possible  so that  children are interested in    watching them  and  participating  in  activities guided  through the video.  The  purpose  of this study  is  to determine the  level of cognitive  development of  children    by using video media. In   this   study,  researchers  used  research  methods  with  descriptive  qualitative  approach    where to  collect data by    observation  and  interview. For  sub-mockery  of his interview    using  TKQ teacher  Miftahul  Jannah  and  parents   as a source of  information. The result of  this study  is how teacher  creativity plays  a role  in  the  successful  use of video media. Videos  made as interesting as  possible  will  attract the interest of  children  in  learning  so that the cognitive  development of the child  delivered  through  video media can be  achieved.

               

 

References

Azmita, M., & Mahyuddin, N. (2021). Peningkatan Penilaian Aspek Perkembangan Kognitif Anak Usia 4-6 tahun di Taman Kanak-Kanak. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(1), 156–164. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i1.276

Media, P., Binatang, V., Motorik, T., Anak, K., Permata, T. K., & Surabaya, B. (2009). PENGARUH MEDIA VIDEO BINATANG TERHADAP MOTORIK KASAR ANAK KELOMPOK A TK PERMATA BUNDA SURABAYA Hayatun Nufus Azizah PG PAUD , Fakultas Ilmu Pendidikan , Universitas Negeri Surabaya , Email : hanufazizah@gmail.com Sri Setyowati PG PAUD , Fakultas Ilmu Pend.

Pendidikan, J., Pendidikan, G., Usia, A., Volume, D., Tahun, N., Pendidikan, J., Pendidikan, G., Usia, A., Volume, D., & Tahun, N. (2017). PENERAPAN METODE DISCOVERY BERBANTUAN MEDIA PADA ANAK Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Pendidikan Ganesha Abstrak e-Journal Pendidikan Anak Usia Dini Universitas Pendidikan Ganesha. 4(3).

Syafi’i, I., Sa’diyah, C., Wakhidah, E. W., & Umah, F. M. (2020). PENERAPAN VIDEO PEMBELAJARAN DARING ANAK USIA DINI PADA MASA PANDEMI COVID-19 pertama kali di Indonesia .( COVID-19 , n . d .) Dengan adanya Virus ini pemerintah ( Covid-19 ). Pembatasan aktivitas adalah salah satu kebijakan dari pemerintah harus dijalani. Al-Athfaal: Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak Usia Dini, 3(2), 140–160.

Wilantari, N. P. A., Suara, I. M., & Putra, S. (2016). Penerapan model pembelajaran picture and picture berbantuan media flip chart untuk meningkatkan perkembangan kognitif anak. E-Journal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(3), 1–10.

WAYAN, Willy Suyanti Ni, et al. Penerapan Pembelajaran Nht Berbantuan Media Flash Card Dapat Meningkatkan Perkembangan Kognitif Dalam Mengenal Lambang Bilangan. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 2016, 4.1.

Susanto, Ahmad. 2011. Perkembangan Anak Usia Dini Pengantar dalam Berbagai Aspeknya: Prenada Media Groupn

Putria, H., Maula, L. H., & Uswatun, D. A. (2020). Analisis proses pembelajaran dalam jaringan (daring) masa pandemi covid-19 pada guru sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 4(4), 861-870.

Yunitasari, R., & Hanifah, U. (2020). Pengaruh Pembelajaran Daring terhadap Minat Belajar Siswa pada Masa COVID 19. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(3), 232-243.

Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. Data Referensi Pendidikan. (https://referensi.data.kemdikbud.go.id)

Downloads

Published

2022-02-09

How to Cite

Rahmawati, E., Fauziah, D. N., & Syarfida, R. (2022). Penggunaan Media Video untuk Pengembangan Kognitif Anak Usia Dini di Masa Pandemi. Indonesian Journal of Early Childhood: Jurnal Dunia Anak Usia Dini, 4(1), 180–189. https://doi.org/10.35473/ijec.v4i1.1079

Issue

Section

Articles