Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Dengan Kegiatan Finger Painting Melalui Pembelajaran Jarak Jauh

Authors

  • Tita Rosita Universitas Pancasakti Bekasi

DOI:

https://doi.org/10.35473/ijec.v4i1.1172

Abstract

Keterampilan motorik halus anak di TK Kartika XIX-18 Cisaat belum berkembang secara maksimal terutama dalam kegiatan menggerakkan jari tangan maupun kemampuan untuk menggenggam dan memegang benda. sehingga Peneliti tertarik untuk menerapkan kegiatan finger painting dalam meningkatkan keterampilan motorik halus anak, karna melalui kegiatan finger painting jari-jari anak akan bergerak dan bergesekan dengan cat pewarna. Setelah munculnya wabah Covid 19 pembelajaran tidak bisa dilakukan dengan tatap muka pembelajaran harus dilakukan melalui pembelajaran luring dan daring atau pembelajaran jarak  jauh (PJJ).

 Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan keterampilan motorik halus anak melalui kegiatan finger painting di TK Kartika XIX-18 Desa Sukamanah  menggunakan metode daring dengan mengirimkan link video pembelajaran motorik halus buatan guru kemudian dibagikan melalui whatsapp grup. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan instrumen pengumpulan data menggunakan lembar observasi dan dokumentasi. Penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan melalui 2 siklus. Pelaksanaan kegiatan finger painting di TK Kartika XIX-18 Cisaat pada tahun ajaran 2020/2021 dilaksanakan oleh 18 anak.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa kegiatan finger painting dapat meningkatkan keterampilan motorik halus anak TK Kartika XIX-18 Cisaat Kabupaten Sukabumi. Hal tersebut dapat dilihat dari hasil penilaian siklus II yang menunjukkan bahwa keterampilan motorik halus sudah mencapai kriteria perkembangan yang diharapkan yaitu BSB (Berkembang Sangat Baik) 83%. Hal tersebut juga dapat dilihat dari video saat proses kegiatan finger painting berlangsung, anak sudah dapat mengkoordinasi mata dan tangannya. Hal ini terlihat dari anak sudah dapat menggunakan tangan dan jari jarinya untuk melukis dengan baik serta jari–jari anak nampak lentur pada saat kegiatan melukis.

Kata Kunci: Motorik Halus, Metode Finger Painting, Anak Usia Dini

Author Biography

Tita Rosita, Universitas Pancasakti Bekasi

pendidikan usia dini

References

Afiffudin, & Khotimah, N. (2014). Pengaruh Kegiatan Seni Finger painting Terhadap Kemampuan Motorik Halus Anak. 1-2. Diakses tanggal 15 Juli 2021

Ahmad susanto. Perkembangan Anak Usia Dini, Jakarta : Kencana Prenamedia Ali.

Arikunto, Suharsimi, dkk. (2014). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara

B.E.F Montolalu. (2009: 17). Bermain dan Permainan Anak, Jakarta : Modul Universitas Terbuka

Desmita. (2008). Psikologi Perkembangan. Bandung : Rosdakarya.

Hajar Pamadhi. (2008: 10). Ruang Lingkup Seni Rupa Anak. Jakarta: Fakultas Keguruan dan Ilu Pendidikan Universitas Terbuka

Harun rasyid,dkk. (2009). Anak Usia Dini. Jakarta : Erlangga

Igak Wardani dan Kuswaya Wihardit. (2011). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta : UT

Iva Noorlaila. (2010). Panduan Lengkap Mengajar Paud. Yogyakarta : Pinus

Kementrian Pendidikan Dan Kebudayaan. Tentang Standar Nasional Pendidikan Anak Usia Dini. tahun (2015)

Kunandar. (2011). Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Pengembangan Profesi Guru. Jakarta: Raja Grafindo

Lilis Maghfuroh, & Kiki Chayaning Putri. (2017). Pengaruh Finger Painting Terhadap Perkembangan Motorik Halus Anak Usia Prasekolah di TK Sartika I Sumurgenuk Kecamatan Babat lamongan. STIKES Muhammadiyah Lamongan

Maria Evivani, & Renti Oktaria, (2020). Permainan Finger Painting Untuk Pengembangan Kemampuan Motorik Halus Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Anak Usia Dini. Vol 05. No. 01. PG-PAUD, FKIP, Universitas Lampung.

Ni Luh Gede Wiratni, Ida Bagus Surya Manuaba, Mg. Rini Kristiantari. (2016). e-Journal Pendidikan Anak Usia Dini Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini (Volume 4. No. 2 - Tahun 2016). Diakses tanggal 16 Juli 2021

Novan Ardy Wiyani. (2014). Psikologi Perkembangan Anak Usia Dini. Yogyakarta: Gava Media

Partiyem. (2014). Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus. Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Dengan Kegiatan Bermain Plastisin Kelompok B PAUD Istiqomah Sumber Bening Kecamatan Selupu Rejang. Diakses tanggal 30 Juni 2021.

Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 137 tahun 2014 Tentang Standar Pendidikan Anak Usia Dini

Pusat Pendidikan dan Pelatian Pegawai Kemendikbudristek. (2021). Surat edaran Mendikbud No. 4 Tahun 2020

Prof.Dr. H Sunarto Dan Ny. Dra. Agung Hartono. Perkembangan peserta didik. Jakarta : rhineka cipta

Samsudin . (2008). Pembelajaran Motorik Di Taman Kanak-Kanak. Jakarta : prenada media. 2008

Slamet Suyanto. (2005). Dasar-dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Yogyakarta: Hikayat Publising

Sujiono, Bambang.Dkk. (2008). Metode Pengembangan Fisik. Jakarta. Universitas Terbuka

Downloads

Published

2022-02-10

How to Cite

Rosita, T. (2022). Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Dengan Kegiatan Finger Painting Melalui Pembelajaran Jarak Jauh. Indonesian Journal of Early Childhood: Jurnal Dunia Anak Usia Dini, 4(1), 199–212. https://doi.org/10.35473/ijec.v4i1.1172

Issue

Section

Articles