Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Dengan Kegiatan Finger Painting Melalui Pembelajaran Jarak Jauh
DOI:
https://doi.org/10.35473/ijec.v4i1.1172Abstract
Keterampilan motorik halus anak di TK Kartika XIX-18 Cisaat belum berkembang secara maksimal terutama dalam kegiatan menggerakkan jari tangan maupun kemampuan untuk menggenggam dan memegang benda. sehingga Peneliti tertarik untuk menerapkan kegiatan finger painting dalam meningkatkan keterampilan motorik halus anak, karna melalui kegiatan finger painting jari-jari anak akan bergerak dan bergesekan dengan cat pewarna. Setelah munculnya wabah Covid 19 pembelajaran tidak bisa dilakukan dengan tatap muka pembelajaran harus dilakukan melalui pembelajaran luring dan daring atau pembelajaran jarak  jauh (PJJ).
 Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan keterampilan motorik halus anak melalui kegiatan finger painting di TK Kartika XIX-18 Desa Sukamanah  menggunakan metode daring dengan mengirimkan link video pembelajaran motorik halus buatan guru kemudian dibagikan melalui whatsapp grup. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan instrumen pengumpulan data menggunakan lembar observasi dan dokumentasi. Penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan melalui 2 siklus. Pelaksanaan kegiatan finger painting di TK Kartika XIX-18 Cisaat pada tahun ajaran 2020/2021 dilaksanakan oleh 18 anak.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa kegiatan finger painting dapat meningkatkan keterampilan motorik halus anak TK Kartika XIX-18 Cisaat Kabupaten Sukabumi. Hal tersebut dapat dilihat dari hasil penilaian siklus II yang menunjukkan bahwa keterampilan motorik halus sudah mencapai kriteria perkembangan yang diharapkan yaitu BSB (Berkembang Sangat Baik) 83%. Hal tersebut juga dapat dilihat dari video saat proses kegiatan finger painting berlangsung, anak sudah dapat mengkoordinasi mata dan tangannya. Hal ini terlihat dari anak sudah dapat menggunakan tangan dan jari jarinya untuk melukis dengan baik serta jari–jari anak nampak lentur pada saat kegiatan melukis.
Kata Kunci: Motorik Halus, Metode Finger Painting, Anak Usia Dini
References
Afiffudin, & Khotimah, N. (2014). Pengaruh Kegiatan Seni Finger painting Terhadap Kemampuan Motorik Halus Anak. 1-2. Diakses tanggal 15 Juli 2021
Ahmad susanto. Perkembangan Anak Usia Dini, Jakarta : Kencana Prenamedia Ali.
Arikunto, Suharsimi, dkk. (2014). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara
B.E.F Montolalu. (2009: 17). Bermain dan Permainan Anak, Jakarta : Modul Universitas Terbuka
Desmita. (2008). Psikologi Perkembangan. Bandung : Rosdakarya.
Hajar Pamadhi. (2008: 10). Ruang Lingkup Seni Rupa Anak. Jakarta: Fakultas Keguruan dan Ilu Pendidikan Universitas Terbuka
Harun rasyid,dkk. (2009). Anak Usia Dini. Jakarta : Erlangga
Igak Wardani dan Kuswaya Wihardit. (2011). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta : UT
Iva Noorlaila. (2010). Panduan Lengkap Mengajar Paud. Yogyakarta : Pinus
Kementrian Pendidikan Dan Kebudayaan. Tentang Standar Nasional Pendidikan Anak Usia Dini. tahun (2015)
Kunandar. (2011). Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Pengembangan Profesi Guru. Jakarta: Raja Grafindo
Lilis Maghfuroh, & Kiki Chayaning Putri. (2017). Pengaruh Finger Painting Terhadap Perkembangan Motorik Halus Anak Usia Prasekolah di TK Sartika I Sumurgenuk Kecamatan Babat lamongan. STIKES Muhammadiyah Lamongan
Maria Evivani, & Renti Oktaria, (2020). Permainan Finger Painting Untuk Pengembangan Kemampuan Motorik Halus Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Anak Usia Dini. Vol 05. No. 01. PG-PAUD, FKIP, Universitas Lampung.
Ni Luh Gede Wiratni, Ida Bagus Surya Manuaba, Mg. Rini Kristiantari. (2016). e-Journal Pendidikan Anak Usia Dini Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini (Volume 4. No. 2 - Tahun 2016). Diakses tanggal 16 Juli 2021
Novan Ardy Wiyani. (2014). Psikologi Perkembangan Anak Usia Dini. Yogyakarta: Gava Media
Partiyem. (2014). Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus. Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Dengan Kegiatan Bermain Plastisin Kelompok B PAUD Istiqomah Sumber Bening Kecamatan Selupu Rejang. Diakses tanggal 30 Juni 2021.
Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 137 tahun 2014 Tentang Standar Pendidikan Anak Usia Dini
Pusat Pendidikan dan Pelatian Pegawai Kemendikbudristek. (2021). Surat edaran Mendikbud No. 4 Tahun 2020
Prof.Dr. H Sunarto Dan Ny. Dra. Agung Hartono. Perkembangan peserta didik. Jakarta : rhineka cipta
Samsudin . (2008). Pembelajaran Motorik Di Taman Kanak-Kanak. Jakarta : prenada media. 2008
Slamet Suyanto. (2005). Dasar-dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Yogyakarta: Hikayat Publising
Sujiono, Bambang.Dkk. (2008). Metode Pengembangan Fisik. Jakarta. Universitas Terbuka
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Indonesian Journal of Early Childhood: Jurnal Dunia Anak Usia Dini
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Please find the rights and licenses in Indonesian Journal Of Early Childhood: Jurnal Dunia Anak Usia DIni. By submitting the article/manuscript of the article, the author(s) agree with this policy. No specific document sign-off is required.
1. License
The non-commercial use of the article will be governed by the Creative Commons Attribution license as currently displayed on Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
2. Author(s)' Warranties
The author warrants that the article is original, written by stated author(s), has not been published before, contains no unlawful statements, does not infringe the rights of others, is subject to copyright that is vested exclusively in the author and free of any third party rights, and that any necessary written permissions to quote from other sources have been obtained by the author(s).
3. User Rights
Indonesian Journal Of Early Childhood: Jurnal Dunia Anak Usia Dini's spirit is to disseminate articles published are as free as possible. Under the Creative Commons license, Indonesian Journal Of Early Childhood: Jurnal Dunia Anak Usia Dini permits users to copy, distribute, display, and perform the work for non-commercial purposes only. Users will also need to attribute authors and Indonesian Journal Of Early Childhood: Jurnal Dunia Anak Usia Dini on distributing works in the journal and other media of publications.
4. Co-Authorship
If the article was jointly prepared by more than one author, any authors submitting the manuscript warrants that he/she has been authorized by all co-authors to be agreed on this copyright and license notice (agreement) on their behalf, and agrees to inform his/her co-authors of the terms of this policy. Indonesian Journal Of Early Childhood: Jurnal Dunia Anak Usia Dini will not be held liable for anything that may arise due to the author(s) internal dispute. Indonesian Journal Of Early Childhood: Jurnal Dunia Anak Usia Dini will only communicate with the corresponding author.
5. Miscellaneous
Indonesian Journal Of Early Childhood: Jurnal Dunia Anak Usia Dini will publish the article (or have it published) in the journal if the article’s editorial process is successfully completed. Indonesian Journal Of Early Childhood: Jurnal Dunia Anak Usia Dini's editors may modify the article to a style of punctuation, spelling, capitalization, referencing and usage that deems appropriate. The author acknowledges that the article may be published so that it will be publicly accessible and such access will be free of charge for the readers as mentioned in point 3.
Â
Every accepted manuscript should be accompanied by "Copyright Transfer Agreement" prior to the article publication.