Perkembangan Bahasa Anak dalam Pembelajaran Daring di Taman Kanak-Kanak Karya Kota Padang

Authors

  • Anastasyia Kurti Universitas Pegeri Padang

DOI:

https://doi.org/10.35473/ijec.v4i1.1208

Keywords:

Perkembangan Bahasa, Pembelajaran Daring

Abstract

Dengan adanya bentuk pelaksanaan pembelajaran dalam pengembangkan bahasa anak selama pembelajaran daring di Taman Kanak-Kanak Karya Kota Padang yang memiliki bentuk kegiatan pembelajaran dalam mengembangkan bahasa anak yang unik sehingga anak berkembang baik bahasanya meski dengan proses pembelajaran daring. Penelitian ini bertujuan untuk melihat gambaran pelaksanaan pembelajaran daring dalam mengembangkan bahasa anak. Penelitian ini bersifat deskriptif dengan menggunakan data kualitatif sehingga pemerolehan hasil penelitian didapatkan melalui observasi dan proses wawancara bersama informan. Hasil penelitian secara umum menujukkan bahwa dalam pelaksanaan pembelajaran daring dalam mengembangkan perkembangan bahasa anak di Taman Kanak-Kanak Karya Kota Padang guru telah mempersipakan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Harian dan setelah itu dijadikan dalam bentuk kegiatan pembelajaran daring yang dibantu oleh orang tua dirumah melalui metode bercerita dan pembiasaan dan media yang digunakan adalah handphone android guna merekam dan memfoto hasil tulisan anak serta aplikasi whatapps sebagai alat untuk mengirimkan hasil video dan gambar anak kepada guru kelas melalui grup whatapps dan setiap harinya guru akan melakukan penilaian terhadap aspek perkembangan bahasa anak melalui video dan hasil gambar tersebut.       

References

Jurnal

Ananda, Rizki. 2019. Penerapan Metode Mind Mipping Untuk Meningkatkan Kemampuan Berfikir Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu Volume 1 Nomor 1.

Anggraini, W dan Kuswanto, C.W. 2019. Teknik Ceklis Sebagai Assesmen. Athaufal. Jurnal Vo. 2(2).

Ayuni, Despa dkk. 2021. Kesiapan Guru TK Menghadapi Pembelajaran Daring Masa Pandemik Covid- 19. Universitas Negeri Yogyakarta. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 5(1)

Fatimah, Zahro Ifat. 2015. Penilaian Dalam Pembelajaran Anak Usia Dini. Jurnal Tunas Siliwangi.

Siliwangi. Volume 1 No. 1 Oktober.

Fauziddin Moh dan Mufarizuddin.2018. Useful of Clap Hand Games For Optimalize Cognitive Aspect in Early Childhood Education. Universitas Pahlawan Jurnal Educhild. Vol. 1 No. 1.

Ihsani, Nurul. 2018. Hubungan Metode Pembiasaan Dalam Pembelajaran Dalam Usia Dini. Jurnal

Yaa Bunayya. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Volume 3 No. 1 Mei.

Yulsyofriend dan Sepriani. 2020 Permainan Meniup Cat Poster dapat Meningatkan Kreativitas Seni Anak Usia Dini. Jurbal Pendidikan Tambusai. Volume 4(2) Halaman 1091-1100.

Yulsyofriend, dkk . 2019. Dampak Gadget Terhadap Perkembangan Bahasa Anak Disiplin Anak Usia Dini. Jurnal Yaa Bunayya. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 3(1)

BUKU

Madyawati, Lilis. 2016. Strategi Pengembangan Bahasa Pada Anak. Jakarta: Kencana.

Oto, Biverly. 2015. Perkembagan bahasa Anak Usia Dini. Jakarta: Kencana.

Suryana, Dadan. 2013. Pendidikan Anak Usia Dini (teori dan Praktik pembelajaran). Padang: UNP Press.

Widodo, Hery. 2019. Dinamika Pendidikan Anak Usia Dini. Semarang: ALPRI.

Downloads

Published

2022-02-10

How to Cite

Kurti, A. (2022). Perkembangan Bahasa Anak dalam Pembelajaran Daring di Taman Kanak-Kanak Karya Kota Padang. Indonesian Journal of Early Childhood: Jurnal Dunia Anak Usia Dini, 4(1), 250–258. https://doi.org/10.35473/ijec.v4i1.1208

Issue

Section

Articles