Analisis Pola Asuh Orang Tua terhadap Toilet Training Anak Usia 4 Tahun

Authors

  • Dora Devega Universitas Negeri Padang

DOI:

https://doi.org/10.35473/ijec.v4i1.1213

Keywords:

Pola Asuh Orang tua, Toilet Training, Anak Usia Dini

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh anak yang belum mampu  melakukan toilet training secara mandiri untuk buang air besar dan buang air kecil disebabkan anak merasa tidak nyaman dengan tempat toilet,  anak merasa takut dan jijik dengan tempat toilet. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan analisis pola asuh orang tua terhadap toilet training anak usia 4 Tahun.

Jenis penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan pendekatan studi kasus (kasus tunggal). Informan penelitian ini adalah Ibu dan Ayah anak usia 4 tahun, dalam kesehariannya anak di asuh oleh kedua orang tua saja. Penelitian ini mengumpulkan data dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan teknik triangulasai data. Analisis pola asuh orang tua terhadap toilet training anak usia 4 tahun dapat diamati dalam semua kegiatan yang dilakukan dalam keseharian orang tua bersama anak, tentang bagaimana orang tua dalam mengajarkan toilet training saat anak hendak buang air besar (BAB) atau buang air kecil (BAK). Data yang diperoleh dideksripsikan sesuai dengan relita serta apa adanya.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa pola asuh yang diterapkan orang tua dalam melatih toilet training anak usia 4 tahun, cenderung kepada pola asuh demokratis. Pola asuh demokratis membuat anak mulai mampu menggunakan toilet sebagai tempat pembuangan air besar dan air kecil (BAK) dengan baik. Orang tua menerapkan pola asuh demokratis kepada anak, hal ini ditandai dengan orang tua yang memberikan kebebasan dalam mengemukakan pendapat dan berbuat bertindak, namuan orang tua tetap mengontrol semua aktivitas yang dilakukan anak. Orang tua memberikan pengarahan dan bimbingan saat melatih toilet training kepada anak, orang tua bersikap hangat namun tetap berusaha membiasakan saat memberikan latihan pengembangan kemampuan toilet training kepada anak. Saran peneliti kepada calon guru, masyarakat terkhusus orang tua agar dapat mengajarkan latihan toilet training kepada anak, supaya anak terlatih menggunakan toilet untuk buang air besar (BAB) dan buang air kecil (BAK).

Author Biography

Dora Devega, Universitas Negeri Padang

Mahasiswi Jurusan Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini (S1)

References

Adawiah, R. 2017. “Pola Asuh Orang Tua dan Implikasinya Terhadap Pendidikan Anakâ€. Banjarmasin: Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan (Vol.7 No.1). Hlm.33--48.

Ahmadi Rulam. 2014. Metodologi Penelitian Kualitatif. Yogyakarta: Arruzz Media.

Ayun, Qurrotu. 2017. Pola Asuh Orang tua dan Metode Pengasuhan Dalam Membentuk Kepribadian Anak. Jurnal Thufula (Vol. 5 No. 1)

Creswell.,W John. 2015. Penelitian Kualitatif dan Desain Riset. Lazuardi., Lintang A (eds). Ke-3. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Dhamayanti, A. A., & Yuniarti, K. W. 2006. Kemandirian Anak Usia 2,5-4 Tahun Ditinjau dari Tipe Keluarga dan Tipe Sekolah. Jurnal Sosiosains, 19(1), 17–29

Fitria, I & Khairunisah. 2016. Hubungan Penerapan Toilet Training Terhadap Kemandirian Anak Usia 4-6 Tahun Di TK Sirajul Huda Kecamatan Jeumpa Kabupaten Bireuen. Jurnal Kesehatan Almuslim Vol. 2 No. 3, Agustus 2016. ISSN:2460-7134

Iskandar, Siska & Sari, Maritta. 2017. Peran Orang tua dan Kemampuan Toilet Training Pada Anak Usia Dini (18-36 Bulan). Jurnal Sains Kesehatan (Vol. 24 No. 3).Hlm 54—60.

Hidayat, A. A. 2014. Pengantar Ilmu Keperawatan Anak. Jakarta : Salemba Medika.

Keen, D. 2007. Toilet Training for Children with Autism: The Effects of Video Modeling. Journal of Developmental and Physical Disabilities, 19(4), 291–303.

Khoiruzzadi, M & Fajriyah, N. 2019. Pembelajaran Toilet Training dalam Melatih Kemandirian Anak. Journal Of Early Childhood Education And Development Vol. 1 No. 2, Desember 2019:142—154.

Lusi Lestari. 2018. Hubungan Pola Asuh Ibu Dengan Keberhasilan Toilet Training Pada Anak Usia Prasekolah (4-6 Tahun) Di Raudhatul Athfal Al-Mu’minin Kabupaten Ciamis. Jurnal Stikes Muhammadiyah Ciamis : Jurnal Kesehatan. Volume 5, Nomor 2

Mendri, Ketut N & Badi’ah, Atik. 2020. Pengaruh Pelatihan Toileting Terhadap Pengetahuan Ibu dalam Toilet Training Anak Toddler di Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Arrahman dan Lare Angon Yogyakarta. Jurnal Penelitian Kesehatan Suara Forikes (Vol. 11 No. 4). Hlm. 435--441.

Nurfalah, Y. 2010. Panduan Praktis Melatih Kemandirian Anak Usia Dini. Bandung:PNFI Jayagiri.Diambil dari: http://scholar.geogle.co.id.

Putri, Artyanti. R..P & Martani, Wisjnu. 2020. Program “Aku Bisa Ke Toilet Sendiri†Untuk Meningkatkan Keterampilan Toiletting Anak Usia Dini. E-Journal GamaJPP (Vol. 6 No 1 )

Saparahayuningsih, Sri., Qabi, Zahra & Indrawati. 2020. Sosialisasi Toilet Training Di Desa Taba Baru Kecamatan Taba Penanjung Kabupaten Bengkulu Tengah. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat (Vol. 1 No. 1) Hlm. 2---6).

Sukamto, Nikenindiana R & Fauziah, Pujiyanti. 2021. Identifikasi Pola Asuh Orang tua di Kota Pontianak. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini,( Vol. 5 Issue 1). Hlm. 923--930

Supartini, Y. 2014. Buku Ajar Konsep Dasar Keperawatan Anak. Jakarta: ECG

Yamin, M., & Sanan, J. S. (2010). Panduan Pendidikan Anak Usia Dini. Ciputat: Gaung Persada Group.

Yasin, Z. & Aulia, Alfina N. 2019. “Dukungan Keluarga Tentang Toilet Training Dengan Keberhasilan Toileting Pada Anak Usia 1-6 Tahun Di PAUD Al Hilal Kabupaten Sumenepâ€. Sumenep: Jurnal Ilmu Kesehatan (Vol.4 No.1). Hlm.11--20.

Yin, R.K. 2004. Studi Kasus (Desain & Metode). Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Downloads

Published

2022-02-10

How to Cite

Devega, D. (2022). Analisis Pola Asuh Orang Tua terhadap Toilet Training Anak Usia 4 Tahun. Indonesian Journal of Early Childhood: Jurnal Dunia Anak Usia Dini, 4(1), 259–270. https://doi.org/10.35473/ijec.v4i1.1213

Issue

Section

Articles