Strategi Pendidik Mengatasi Kendala Mengembangkan Bahasa Anak Masa New Normal di Taman Kanak-Kanak Ath-Thaharah
DOI:
https://doi.org/10.35473/ijec.v4i1.1216Keywords:
Kendala, Strategi guru, Perkembangan bahasa, New normalAbstract
Pada masa new normal seperti sekarang ini proses pembelajaran di sekolah berbeda dari biasanya, dimana terdapat perubahan dalam sistem kegiatan pembelajaran yang menyebabkan adanya kendala atau hambatan selama proses pembelajaran. Kendala atau hambatan yang terjadi dapat disebabkan berbagai hal dari segi orangtua, anak bahkan guru. Untuk itu pelaksanaan strategi yang tepat dalam mengatasi kendala yang terjadi saat mengembangkan aspek bahasa anak di masa new normal ini sangatlah penting, agar bahasa anak tetap berkembang dengan baik walaupun kegiatan pembelajaran dibatasi. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui strategi apa saja yang dapat dikembangkan oleh pendidik untuk mengatasi kendala dalam mengembangkan aspek bahasa anak pada masa new normal di Taman Kanak-kanak/ Raudhatul Athfal Ath Thaharah Lubuk Sikaping. Jenis penelitian ini ialah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif, dengan tujuan untuk mengetahui bagaimana strategi yang dapat dikembangkan guru untuk mengatasi kendala dalam mengembangkan aspek bahasa anak di Taman Kanak-kanak/ Raudhatul Athfal Ath Thaharah Lubuk Sikaping. Penelitian dilakukan pada bulan Juni 2021. Teknik pengumpulan data yang digunakan seperti observasi, wawancara, dan dokumentasi. Serta teknik analisis data penelitian ini yakni : reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Sedangkan teknik keabsahan data yang dipakai berupa teknik triangulasi Hasil dari penelitian ini secara umum pada masa new normal strategi yang dapat dilakukan guru untuk mengembangan bahasa anak ialah dengan menggunakan metode bercerita, bernyanyi, Tanya jawab, dimana metode bercerita bernyanyi dan lainnya dapat dilakukan di awal kegiatan, karena mengingat waktu pembelajaran yang dipersingkat.References
Agustin, M., Puspita, R.D., Nurinten, D., Nafiqoh, H. (2021). Tipikal Kendala Guru PAUD dalam Mengajar pada Masa Pandemi Covid 19 dan Implikasinya. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, Vol. 5 Issue 1, 339-340. e-ISSN: 2549-8959 p-ISSN: 2356-1327.
Amalia, E.R., Rahmawati, A., & Farida, S. (2019). Meningkatkan Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini Dengan Metode Bercerita. Osf Preprints. Doi:10.31219/Osf.Io/Kr5fw. Diperoleh dari https://osf.io/kr5fw.
Anggito, A., & Setiawan, J. (2018). Metodologi Penelitian Kualitatif. Jawa Barat: CV Jejak.
Apriliyana, F.N. (2020. Mengoptimalkan Kemampuan Berbahasa Anak Usia Dini Melalui Metode Bercerita. Jurnal PINUS: Jurnal Penelitian Inovasi Pembelajaran, 6(1), 112.
Etivali, A.U.A., & PS Kurnia, A.M.B. (2019). Pendidikan Pada Anak Usia Dini. Jurnal:Penelitian Medan Agama, 10(2), 213.
Hastuti, E. W., & Kusumaningtyas, L. E. (2018). Meningkatkan Perkembangan Bahasa Anak Usia 4-5 Tahun Melalui Bermain Pesan Berantai. JURNAL AUDI: Jurnal Ilmiah Kajian Ilmu Anak dan Media Informasi PAUD, 2(2), 91-97.
Isna, A. (2019). Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini. STAINU Purworejo: Jurnal Al- Athfal, 2(2), 62. e-ISSN:2615-482X.
Muflihah. (2014). Pentingnya Peran Bahasa dalam Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal ThufuLA, 2(2), 336.
Mulyasa. (2017). Strategi Pembelajaran Paud. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Nuraeni. (2014). Strategi Pembelajaran Untuk Anak Usia Dini. Jurnal Pengkajian Ilmu dan Pembelajaran Matematika dan IPA“PRISMA SAINSâ€, 2(2), 144 145.ISSN: 2338-4530.
Nurmadiah. (2015). Strategi Pembelajaran Anak Usia Dini. Jurnal Al- Afkar, 3(1), 12-13.
Pratesi, P.C. (2018). Persepsi Guru Paud Terhadap Faktor-Faktor Yang Menghambat Dalam Melaksanakan Pembelajaran di PAUD Se-Kecamatan Ujan Mas Kabupaten Kepahiang. Raudhatul Athfal: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 2(2), 74.
Raco, J.R. (2010). Metode Penelitian Kualitatif. Jakarta: Grasindo.
Rosidi, A., & Nurcahyo, E. (2020). Penerapan New Normal (Kenormalan Baru) dalam Penanganan Covid-19 Sebagai Pandemi Dalam Hukum Positif. Journal lmiah Rinjani: Media Informasi Ilmiah Universitas Gunung Rinjan, 8(2), 196.
Shaleh, N., & Anhusadar, L.O. (2021). Kesiapan Lembaga PAUD Dalam Pembelajaran Tatap Muka pada New Normal. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 2158-2159. e-ISSN: 2549-8959 p-ISSN: 2356-1327.
Suwendra, I. Wayan. (2018) “Metodologi Penelitian Kualitatif dalam Ilmu Sosial, Pendidikan, Kebudayaan dan Keagamaanâ€. Bali : Nila Cakra Publishing House.
Widyastuti, A. (2018). Analisis Upaya Guru dalam Mengembangkan Bahasa pada Anak Usia 5-6 Tahun di Taman Kanak-kanak Assaadah Limo Depok. Jurnal CARE, 6(1), 13-14. p-ISSN: 2355-2034 e-ISSN: 2527-9513.
Wijoyo, H., & Indrawan, I. (2020). Model Pembelajaran Menyongsong New Era Normal Pada Lembaga PAUD di Riau. JS (Jurnal Sekolah), 4(3),205-212.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Indonesian Journal of Early Childhood: Jurnal Dunia Anak Usia Dini
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Please find the rights and licenses in Indonesian Journal Of Early Childhood: Jurnal Dunia Anak Usia DIni. By submitting the article/manuscript of the article, the author(s) agree with this policy. No specific document sign-off is required.
1. License
The non-commercial use of the article will be governed by the Creative Commons Attribution license as currently displayed on Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
2. Author(s)' Warranties
The author warrants that the article is original, written by stated author(s), has not been published before, contains no unlawful statements, does not infringe the rights of others, is subject to copyright that is vested exclusively in the author and free of any third party rights, and that any necessary written permissions to quote from other sources have been obtained by the author(s).
3. User Rights
Indonesian Journal Of Early Childhood: Jurnal Dunia Anak Usia Dini's spirit is to disseminate articles published are as free as possible. Under the Creative Commons license, Indonesian Journal Of Early Childhood: Jurnal Dunia Anak Usia Dini permits users to copy, distribute, display, and perform the work for non-commercial purposes only. Users will also need to attribute authors and Indonesian Journal Of Early Childhood: Jurnal Dunia Anak Usia Dini on distributing works in the journal and other media of publications.
4. Co-Authorship
If the article was jointly prepared by more than one author, any authors submitting the manuscript warrants that he/she has been authorized by all co-authors to be agreed on this copyright and license notice (agreement) on their behalf, and agrees to inform his/her co-authors of the terms of this policy. Indonesian Journal Of Early Childhood: Jurnal Dunia Anak Usia Dini will not be held liable for anything that may arise due to the author(s) internal dispute. Indonesian Journal Of Early Childhood: Jurnal Dunia Anak Usia Dini will only communicate with the corresponding author.
5. Miscellaneous
Indonesian Journal Of Early Childhood: Jurnal Dunia Anak Usia Dini will publish the article (or have it published) in the journal if the article’s editorial process is successfully completed. Indonesian Journal Of Early Childhood: Jurnal Dunia Anak Usia Dini's editors may modify the article to a style of punctuation, spelling, capitalization, referencing and usage that deems appropriate. The author acknowledges that the article may be published so that it will be publicly accessible and such access will be free of charge for the readers as mentioned in point 3.
Â
Every accepted manuscript should be accompanied by "Copyright Transfer Agreement" prior to the article publication.