Strategi Pendidik Mengatasi Kendala Mengembangkan Bahasa Anak Masa New Normal di Taman Kanak-Kanak Ath-Thaharah

Authors

  • Afifah Haida Universitas Negeri Padang

DOI:

https://doi.org/10.35473/ijec.v4i1.1216

Keywords:

Kendala, Strategi guru, Perkembangan bahasa, New normal

Abstract

Pada masa new normal seperti sekarang ini proses pembelajaran di sekolah berbeda dari biasanya, dimana terdapat  perubahan dalam sistem kegiatan pembelajaran yang menyebabkan adanya kendala atau hambatan selama proses pembelajaran. Kendala atau hambatan yang terjadi dapat disebabkan berbagai hal dari segi orangtua, anak bahkan guru. Untuk itu pelaksanaan strategi yang tepat dalam mengatasi kendala yang terjadi saat mengembangkan aspek bahasa anak di masa new normal ini sangatlah penting, agar bahasa anak tetap berkembang dengan baik walaupun kegiatan pembelajaran dibatasi. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui strategi apa saja yang dapat dikembangkan oleh pendidik untuk mengatasi kendala dalam mengembangkan aspek bahasa anak pada masa new normal di Taman Kanak-kanak/ Raudhatul Athfal Ath Thaharah Lubuk Sikaping. Jenis penelitian ini ialah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif, dengan tujuan untuk mengetahui bagaimana strategi yang dapat dikembangkan guru untuk mengatasi kendala dalam mengembangkan aspek bahasa anak di Taman Kanak-kanak/ Raudhatul Athfal Ath Thaharah Lubuk Sikaping. Penelitian dilakukan pada bulan Juni 2021. Teknik pengumpulan data yang digunakan seperti observasi, wawancara, dan dokumentasi. Serta teknik analisis data penelitian ini yakni : reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Sedangkan teknik keabsahan data yang dipakai berupa teknik triangulasi Hasil dari penelitian ini secara umum pada masa new normal strategi yang dapat dilakukan guru untuk mengembangan bahasa anak ialah dengan menggunakan metode bercerita, bernyanyi, Tanya jawab, dimana metode bercerita bernyanyi dan lainnya dapat dilakukan di awal kegiatan, karena mengingat waktu pembelajaran yang dipersingkat.

References

Agustin, M., Puspita, R.D., Nurinten, D., Nafiqoh, H. (2021). Tipikal Kendala Guru PAUD dalam Mengajar pada Masa Pandemi Covid 19 dan Implikasinya. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, Vol. 5 Issue 1, 339-340. e-ISSN: 2549-8959 p-ISSN: 2356-1327.

Amalia, E.R., Rahmawati, A., & Farida, S. (2019). Meningkatkan Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini Dengan Metode Bercerita. Osf Preprints. Doi:10.31219/Osf.Io/Kr5fw. Diperoleh dari https://osf.io/kr5fw.

Anggito, A., & Setiawan, J. (2018). Metodologi Penelitian Kualitatif. Jawa Barat: CV Jejak.

Apriliyana, F.N. (2020. Mengoptimalkan Kemampuan Berbahasa Anak Usia Dini Melalui Metode Bercerita. Jurnal PINUS: Jurnal Penelitian Inovasi Pembelajaran, 6(1), 112.

Etivali, A.U.A., & PS Kurnia, A.M.B. (2019). Pendidikan Pada Anak Usia Dini. Jurnal:Penelitian Medan Agama, 10(2), 213.

Hastuti, E. W., & Kusumaningtyas, L. E. (2018). Meningkatkan Perkembangan Bahasa Anak Usia 4-5 Tahun Melalui Bermain Pesan Berantai. JURNAL AUDI: Jurnal Ilmiah Kajian Ilmu Anak dan Media Informasi PAUD, 2(2), 91-97.

Isna, A. (2019). Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini. STAINU Purworejo: Jurnal Al- Athfal, 2(2), 62. e-ISSN:2615-482X.

Muflihah. (2014). Pentingnya Peran Bahasa dalam Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal ThufuLA, 2(2), 336.

Mulyasa. (2017). Strategi Pembelajaran Paud. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Nuraeni. (2014). Strategi Pembelajaran Untuk Anak Usia Dini. Jurnal Pengkajian Ilmu dan Pembelajaran Matematika dan IPA“PRISMA SAINSâ€, 2(2), 144 145.ISSN: 2338-4530.

Nurmadiah. (2015). Strategi Pembelajaran Anak Usia Dini. Jurnal Al- Afkar, 3(1), 12-13.

Pratesi, P.C. (2018). Persepsi Guru Paud Terhadap Faktor-Faktor Yang Menghambat Dalam Melaksanakan Pembelajaran di PAUD Se-Kecamatan Ujan Mas Kabupaten Kepahiang. Raudhatul Athfal: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 2(2), 74.

Raco, J.R. (2010). Metode Penelitian Kualitatif. Jakarta: Grasindo.

Rosidi, A., & Nurcahyo, E. (2020). Penerapan New Normal (Kenormalan Baru) dalam Penanganan Covid-19 Sebagai Pandemi Dalam Hukum Positif. Journal lmiah Rinjani: Media Informasi Ilmiah Universitas Gunung Rinjan, 8(2), 196.

Shaleh, N., & Anhusadar, L.O. (2021). Kesiapan Lembaga PAUD Dalam Pembelajaran Tatap Muka pada New Normal. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 2158-2159. e-ISSN: 2549-8959 p-ISSN: 2356-1327.

Suwendra, I. Wayan. (2018) “Metodologi Penelitian Kualitatif dalam Ilmu Sosial, Pendidikan, Kebudayaan dan Keagamaanâ€. Bali : Nila Cakra Publishing House.

Widyastuti, A. (2018). Analisis Upaya Guru dalam Mengembangkan Bahasa pada Anak Usia 5-6 Tahun di Taman Kanak-kanak Assaadah Limo Depok. Jurnal CARE, 6(1), 13-14. p-ISSN: 2355-2034 e-ISSN: 2527-9513.

Wijoyo, H., & Indrawan, I. (2020). Model Pembelajaran Menyongsong New Era Normal Pada Lembaga PAUD di Riau. JS (Jurnal Sekolah), 4(3),205-212.

Downloads

Published

2022-02-10

How to Cite

Haida, A. (2022). Strategi Pendidik Mengatasi Kendala Mengembangkan Bahasa Anak Masa New Normal di Taman Kanak-Kanak Ath-Thaharah. Indonesian Journal of Early Childhood: Jurnal Dunia Anak Usia Dini, 4(1), 271–280. https://doi.org/10.35473/ijec.v4i1.1216

Issue

Section

Articles