Pembelajaran Jarak Jauh melalui Kegiatan Belajar Dari Rumah (BDR) di TK Pertiwi Musi Rawas

Authors

  • Herawati.M Herawati.M Universitas Negeri Padang
  • Rakimahwati Rakimahwati Universitas Negeri Padang

DOI:

https://doi.org/10.35473/ijec.v4i1.1218

Keywords:

Pembelajaran Jarak Jauh, Belajar dari rumah, Taman Kanak-kanak

Abstract

Pendidik anak usia dini era covid-19 berbeda secara tugas dan fungsi dengan pendidik PAUD pada situasi seperti biasanya yaitu pendidik anak usia dini yang selama ada di lembaga-lembaga PAUD ada guru utama, guru pendamping dan pendamping muda. Namun karena coronavirus disease peran pendidik PAUD diganti atau beralih pada orang tua peserta didik masing-masing. Hal ini karena adanya himbauan dari pemerintah dan pemangku kebijakan pendidikan tentang social dan physical distancing serta pembelajaran jarak jauh dari rumah masing-masing peserta didik maka guru PAUD diperankan oleh seluruh orang tua peserta didik. Metode penelitian yang dilakukan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Penelitian ini dilakukan di Taman Kanak-kanak Pertiwi Musi Rawas. Informan atau responden dalam penelitian ini adalah Kepala Sekolah, Guru, dan Orangtua murid. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Data yang diperoleh dideskripsikan sesuai dengan realita yang ada. Analisis data dalam bentuk deskripsi yaitu berupa kata – kata  dan teknik keabsahan data menggunakan teknik keabsahan data menggunakan teknik reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pelaksanaan pembejaran jarak jauh melalui kegiatan belajar dari rumah berjalan dengan baik, terencana, dan dirancang. Kegiatan pembelajaran jarak jauh yang berlangsungpun, didukung dengan menggunakan bantuan teknologi “video†serta peran orang tua. Meskipun demikian masih terdapat beberapa kendala seperti, sarana dan prasaran. Sehingga secara keseluruhan dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan pembelajaran jarak jauh melalui kegiatan belajar dari rumah berjalan dengan baik.

Author Biographies

Herawati.M Herawati.M, Universitas Negeri Padang

Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini

Rakimahwati Rakimahwati, Universitas Negeri Padang

Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini

References

Deni Darmawan dan Permasih. (2011). Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers.

Kemendikbud. (2020). Pedoman Penyelenggaraan Belajar Dari Rumah. Jakarta: Kemendikbud.

Khairani, Wardina. 2019. Peran Orang tua Terhadap Penggunan Media Internet Dalam Perilaku Keagamaan Anak (Studi pada Keluarga Muslim di Kelurahan Bandar Jaya Barat Kecamatan Terbanggi Besar). Lampung: Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam UIN Raden Intan Lampung

Munir. (2009). Pembelajaran Jarak Jauh Berbasis Teknologi Informasi dan komunikasi. Bandung: Alfabeta

Rahadi, A. (2008). Konsepsi Pendidikan Terbuka Jarak Jauh. Makalah disampaikan pada pelatihan penulisan bahan ajar modul di postekom, cipayung, 27-30.

Sarwa. (2021). Pembelajaran jarak jauh: konsep, masalah, dan solusi. Indramayu: CV. Adanu Adimata

Sujiono, Yuliani Nurani. (2009). Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta. Indeks

Sujiono, Yuliani Nurani. (2013). Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: PT. Index

Suhendro, Eko. (2020). Strategi Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini Di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Ilmiah Tumbuh Kembang Anak Usia Dini. Volume 5 (3).

Suryana, Dadan. (2013). Pendidikan Anak Usia Dini. Padang: UNP PRESS

Suyadi. 2010. Psikologi Belajar PAUD. Yogyakarta: Pustaka Insan Madani.

Tim pengembangan MKDP kurikulum dan pembelajaran. (2011). Kurikulum dan Pembelajaran. Bandung: PT. Raja Grafindo persada

Widianto. (2018). Evaluasi Pembelajaran. Jawa Timur: UNIPMA PRESS.

Downloads

Published

2022-02-09

How to Cite

Herawati.M, H., & Rakimahwati, R. (2022). Pembelajaran Jarak Jauh melalui Kegiatan Belajar Dari Rumah (BDR) di TK Pertiwi Musi Rawas. Indonesian Journal of Early Childhood: Jurnal Dunia Anak Usia Dini, 4(1), 145–157. https://doi.org/10.35473/ijec.v4i1.1218

Issue

Section

Articles