Pembelajaran Jarak Jauh melalui Kegiatan Belajar Dari Rumah (BDR) di TK Pertiwi Musi Rawas
DOI:
https://doi.org/10.35473/ijec.v4i1.1218Keywords:
Pembelajaran Jarak Jauh, Belajar dari rumah, Taman Kanak-kanakAbstract
Pendidik anak usia dini era covid-19 berbeda secara tugas dan fungsi dengan pendidik PAUD pada situasi seperti biasanya yaitu pendidik anak usia dini yang selama ada di lembaga-lembaga PAUD ada guru utama, guru pendamping dan pendamping muda. Namun karena coronavirus disease peran pendidik PAUD diganti atau beralih pada orang tua peserta didik masing-masing. Hal ini karena adanya himbauan dari pemerintah dan pemangku kebijakan pendidikan tentang social dan physical distancing serta pembelajaran jarak jauh dari rumah masing-masing peserta didik maka guru PAUD diperankan oleh seluruh orang tua peserta didik. Metode penelitian yang dilakukan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Penelitian ini dilakukan di Taman Kanak-kanak Pertiwi Musi Rawas. Informan atau responden dalam penelitian ini adalah Kepala Sekolah, Guru, dan Orangtua murid. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Data yang diperoleh dideskripsikan sesuai dengan realita yang ada. Analisis data dalam bentuk deskripsi yaitu berupa kata – kata dan teknik keabsahan data menggunakan teknik keabsahan data menggunakan teknik reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pelaksanaan pembejaran jarak jauh melalui kegiatan belajar dari rumah berjalan dengan baik, terencana, dan dirancang. Kegiatan pembelajaran jarak jauh yang berlangsungpun, didukung dengan menggunakan bantuan teknologi “video†serta peran orang tua. Meskipun demikian masih terdapat beberapa kendala seperti, sarana dan prasaran. Sehingga secara keseluruhan dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan pembelajaran jarak jauh melalui kegiatan belajar dari rumah berjalan dengan baik.References
Deni Darmawan dan Permasih. (2011). Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers.
Kemendikbud. (2020). Pedoman Penyelenggaraan Belajar Dari Rumah. Jakarta: Kemendikbud.
Khairani, Wardina. 2019. Peran Orang tua Terhadap Penggunan Media Internet Dalam Perilaku Keagamaan Anak (Studi pada Keluarga Muslim di Kelurahan Bandar Jaya Barat Kecamatan Terbanggi Besar). Lampung: Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam UIN Raden Intan Lampung
Munir. (2009). Pembelajaran Jarak Jauh Berbasis Teknologi Informasi dan komunikasi. Bandung: Alfabeta
Rahadi, A. (2008). Konsepsi Pendidikan Terbuka Jarak Jauh. Makalah disampaikan pada pelatihan penulisan bahan ajar modul di postekom, cipayung, 27-30.
Sarwa. (2021). Pembelajaran jarak jauh: konsep, masalah, dan solusi. Indramayu: CV. Adanu Adimata
Sujiono, Yuliani Nurani. (2009). Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta. Indeks
Sujiono, Yuliani Nurani. (2013). Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: PT. Index
Suhendro, Eko. (2020). Strategi Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini Di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Ilmiah Tumbuh Kembang Anak Usia Dini. Volume 5 (3).
Suryana, Dadan. (2013). Pendidikan Anak Usia Dini. Padang: UNP PRESS
Suyadi. 2010. Psikologi Belajar PAUD. Yogyakarta: Pustaka Insan Madani.
Tim pengembangan MKDP kurikulum dan pembelajaran. (2011). Kurikulum dan Pembelajaran. Bandung: PT. Raja Grafindo persada
Widianto. (2018). Evaluasi Pembelajaran. Jawa Timur: UNIPMA PRESS.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Indonesian Journal of Early Childhood: Jurnal Dunia Anak Usia Dini
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Please find the rights and licenses in Indonesian Journal Of Early Childhood: Jurnal Dunia Anak Usia DIni. By submitting the article/manuscript of the article, the author(s) agree with this policy. No specific document sign-off is required.
1. License
The non-commercial use of the article will be governed by the Creative Commons Attribution license as currently displayed on Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
2. Author(s)' Warranties
The author warrants that the article is original, written by stated author(s), has not been published before, contains no unlawful statements, does not infringe the rights of others, is subject to copyright that is vested exclusively in the author and free of any third party rights, and that any necessary written permissions to quote from other sources have been obtained by the author(s).
3. User Rights
Indonesian Journal Of Early Childhood: Jurnal Dunia Anak Usia Dini's spirit is to disseminate articles published are as free as possible. Under the Creative Commons license, Indonesian Journal Of Early Childhood: Jurnal Dunia Anak Usia Dini permits users to copy, distribute, display, and perform the work for non-commercial purposes only. Users will also need to attribute authors and Indonesian Journal Of Early Childhood: Jurnal Dunia Anak Usia Dini on distributing works in the journal and other media of publications.
4. Co-Authorship
If the article was jointly prepared by more than one author, any authors submitting the manuscript warrants that he/she has been authorized by all co-authors to be agreed on this copyright and license notice (agreement) on their behalf, and agrees to inform his/her co-authors of the terms of this policy. Indonesian Journal Of Early Childhood: Jurnal Dunia Anak Usia Dini will not be held liable for anything that may arise due to the author(s) internal dispute. Indonesian Journal Of Early Childhood: Jurnal Dunia Anak Usia Dini will only communicate with the corresponding author.
5. Miscellaneous
Indonesian Journal Of Early Childhood: Jurnal Dunia Anak Usia Dini will publish the article (or have it published) in the journal if the article’s editorial process is successfully completed. Indonesian Journal Of Early Childhood: Jurnal Dunia Anak Usia Dini's editors may modify the article to a style of punctuation, spelling, capitalization, referencing and usage that deems appropriate. The author acknowledges that the article may be published so that it will be publicly accessible and such access will be free of charge for the readers as mentioned in point 3.
Â
Every accepted manuscript should be accompanied by "Copyright Transfer Agreement" prior to the article publication.