Strategi Pengembangan Moral Anak Usia Dini di TK Islam Nibra Padang

Authors

  • Asih Nurcahyani Universitas Negri Padang ''UNP"

DOI:

https://doi.org/10.35473/ijec.v4i1.1242

Abstract

ABSTRAK

Perkembangan moral anak usia dini mencakup tanggung jawab, disipin, berkata jujur dan sabar. Perkembangan moral sangat penting untuk dikembangkan sejak dini karna anak memiliki moral yang baik ketika akan diterima pada lingkungan disekitar anak, pengembangan moral usia dini yang perlu dikembangkan oleh siapapun, salah satunya adalah guru anak disekolah. ketika guru mengembangkan moral anak diperlukan stategi yang baik agar pengembangan moral tercapai sesuia dengan keinginan. Maka tujuan penelitian ini adalah “Mendeskripsikan bagaimana Strategi pengembangan moral anak usia dini di TK IslamNibras Padang †Jenis dari penelitian ini yaitu penelitian deskriptif menggunakan pendekatan kualitatif. Untuk melihat Strategi pengembangan moral anak usia dini di TK Islam Nibras Padang.Subjek penelitin adalah semua guru dan murid dari TK Islam Nibras Padang. Teknik pengumpulan data yang dilakukan pertama yaitu observasi yang dilakukan sesuai dengan format yang telah dibuat, selanjutnya melakukan wawancara dengan guru yang mengajar dikelas yang pertanyaannya sesuai dengan format yang telah dibuat dan Langkah terakhir yaitu pengambilan dokumentasi berupa foto. Hasil dari penelitian ini yaitu pertama, startegi pengembangan yang digunakan oleh guru TK Islam Nibras Padang ketika mengembangkan moral anak degan memberikan pembiasaan, selalu mengingatkan anak, memberikan pengertian yang dapat dijangkau anak, dan guru memberikan contoh langsung kepada anak. Kedua anak sudah mampu menerapkan sifat moral yaitu anak mampu disiplin untuk mengantri ketika hendak ke WC, sama untuk membersihkan alat ketika sudah selesai bermain, mandiri ketika hendak mengambil bekal, memperhatikan sopan kepada guru dan contohnya ketika memberikan bantuan baik dengan guru atau teman, anak akan selalu mengucapkan tolong dan terima kasih, anak sudah mampu untuk bertanggung jawab. Ketiga kendala yang sering dihadapai guru adalah ketidak singkronan dalam mengembangkan moral anak antara anak disekolah dan dirumah

Downloads

Published

2022-02-10

How to Cite

Nurcahyani, A. (2022). Strategi Pengembangan Moral Anak Usia Dini di TK Islam Nibra Padang. Indonesian Journal of Early Childhood: Jurnal Dunia Anak Usia Dini, 4(1), 244–249. https://doi.org/10.35473/ijec.v4i1.1242

Issue

Section

Articles