Pengaruh Permainan Jejak Kaki terhadap Kemampuan Motorik Kasar Anak Usia 5-6 Tahun di TK Mandiri Pitue
DOI:
https://doi.org/10.35473/ijec.v4i1.1315Keywords:
kemampuan motorik kasar, permainan jejak kakiAbstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh permainan jejak kaki terhadap kemampuan kasar anak 5-6 tahun di Taman Kanak-Kanak Mandiri Pitue Kabupaten Pangkajene. Pendekatan penelitan yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan penelitian pre-eksperimen one group pretest posttest design. Populasi dalam penelitian ini adalah kelompok B di Taman Kanak-Kanak Mandiri Pitue Kabupaten Pangkajene. Pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah purposive sampling. Sampel dalam penelitian ini yaitu 15 anak. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif, uji normalitas kolmogorov smirnov, dan statistik parametrik yaitu uji sampel berpasangan. Berdasarkan hasil penelitian terdapat perubahan yang signifikan untuk perkembangan kemampuan motorik kasar anak hal tersebut dibuktikan dari hasil uji sampel uji berpasangan yaitu diperoleh Sig. (2-tailed) 0,001 < 0,05 maka H0 ditolak dan H1 diterima yang berarti penggunaan permainan jejak kaki memberikan pengaruh yang signifikan untuk perkembangan kemampuan motorik kasar anakReferences
Anggraini, Y. 2020. Peningkatan Kemampuan Fisik Motorik Kasar Anak Kelompok B Melalui Permainan Footprints di TK ABA 7 Malang.Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Anak Usia Dini, 7(2), 175-184.
Ardini, Pupung Puspa dan Lestariningrum Anik. 2018. Bermain dan Permainan Anak Usia Dini. Nganjuk: Adjie Media Nusantara.
Ariyanti, T. 2016. Pentingnya Pendidikan Anak Usia Dini Bagi Tumbuh Kembang Anak The Importance Of Childhood Education For Child Development. Dinamika Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(1).
Fadlillah, M. 2018. Buku Ajar Konsep Dasar PAUD.Ponorogo: Unnuh Ponorogo Press.
Fitria, Cici. 2017. Peningkatan Keterampilan Motorik Kasar Melalui Permainan Tradisional Sunda Manda Pada Siswa Kelompok B Ra Sudirman Giriwondo Jumapolo Tahun Pelajaran 2016/2017. (Skripsi). Jurusan Pendidikan Islam Anak Usia Dini. Institut Agama Islam Negeri Salatiga.Salatiga.
Hasliza, P., & Anisa, N. 2019 Pengembangan Permainan Jelajah Telapak Kaki Ceria Untuk Meningkatkan Kecerdasan Kinestetik Pada Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(1).
Iswantiningtyas, V., & Wijaya, I. P. 2015. Meningkatkan Kemampuan Motorik Kasar Anak Usia Dini Melalui Permainan Tradisional Gobak Sodor. PINUS: Jurnal Penelitian Inovasi Pembelajaran, 1(2).
Kaban, D., & Kamtini, K. 2016. Pengaruh Permainan Tradisional Lompat Tali Terhadap Perkembangan Motorik Kasar Anak Usia 5-6 Tahun Di TK Santa Lusia Medan T/A 2015/2016. Skripsi.Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Medan. 2016. Jurnal Bunga Rampai Usia Emas, 2(1), 60-77.
Komaini, Anton. 2018. Kemampuan Motorik Anak Usia Dini. Depok: PT RajaGrafindo Persada.
Mantasiah, M., Bachtiar, M. Y., & Herman, H. 2017. Meningkatkan Multiple Intelligences Anak Melalui Permainan Tradisional Bugis-Makassar. In Seminar Nasional LP2M UNM (Vol. 2, No. 1).
Musi, M. A., Sadaruddin, S., & Mulyadi, M. 2018. Implementasi
Permainan Edukatif Berbasis Budaya Lokal Untuk Mengenal Konsep Bilangan Pada Anak. Yaa Bunayya: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(2)
Novitasari, R., Nasirun, M., & Delrefi, D. 2019. Meningkatkan Kemampuan Motorik Kasar Anak Melalui Bermain Dengan Media Hulahoop Pada Anak Kelompok B Paud Al-Syafaqoh Kabupaten Rejang Lebong. Jurnal Ilmiah Potensia, 4(1), 6-12.
Pohan, Jusrin Efendi. 2020. Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Konsep dan Pengembangan. Depok: PT RajaGrafindo Persada.
Suryana, Dadan. 2019. Pendidikan Anak Usia Dini Stimulasi & Aspek Perkembangan Anak. Jakarta: Prenadamedia Group
Syamsuardi, S. 2012. Penggunaan Alat Permainan Edukatif (APE) Di Taman Kanak-Kanak PAUD Polewali Kecamatan Tanete Riattang Barat Kabupaten Bone. Publikasi Pendidikan, 2(1).
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Indonesian Journal of Early Childhood: Jurnal Dunia Anak Usia Dini
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Please find the rights and licenses in Indonesian Journal Of Early Childhood: Jurnal Dunia Anak Usia DIni. By submitting the article/manuscript of the article, the author(s) agree with this policy. No specific document sign-off is required.
1. License
The non-commercial use of the article will be governed by the Creative Commons Attribution license as currently displayed on Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
2. Author(s)' Warranties
The author warrants that the article is original, written by stated author(s), has not been published before, contains no unlawful statements, does not infringe the rights of others, is subject to copyright that is vested exclusively in the author and free of any third party rights, and that any necessary written permissions to quote from other sources have been obtained by the author(s).
3. User Rights
Indonesian Journal Of Early Childhood: Jurnal Dunia Anak Usia Dini's spirit is to disseminate articles published are as free as possible. Under the Creative Commons license, Indonesian Journal Of Early Childhood: Jurnal Dunia Anak Usia Dini permits users to copy, distribute, display, and perform the work for non-commercial purposes only. Users will also need to attribute authors and Indonesian Journal Of Early Childhood: Jurnal Dunia Anak Usia Dini on distributing works in the journal and other media of publications.
4. Co-Authorship
If the article was jointly prepared by more than one author, any authors submitting the manuscript warrants that he/she has been authorized by all co-authors to be agreed on this copyright and license notice (agreement) on their behalf, and agrees to inform his/her co-authors of the terms of this policy. Indonesian Journal Of Early Childhood: Jurnal Dunia Anak Usia Dini will not be held liable for anything that may arise due to the author(s) internal dispute. Indonesian Journal Of Early Childhood: Jurnal Dunia Anak Usia Dini will only communicate with the corresponding author.
5. Miscellaneous
Indonesian Journal Of Early Childhood: Jurnal Dunia Anak Usia Dini will publish the article (or have it published) in the journal if the article’s editorial process is successfully completed. Indonesian Journal Of Early Childhood: Jurnal Dunia Anak Usia Dini's editors may modify the article to a style of punctuation, spelling, capitalization, referencing and usage that deems appropriate. The author acknowledges that the article may be published so that it will be publicly accessible and such access will be free of charge for the readers as mentioned in point 3.
Â
Every accepted manuscript should be accompanied by "Copyright Transfer Agreement" prior to the article publication.