Esensi Model Pembelajaran High/Scope dalam Pembelajaran Anak Usia Dini

Authors

  • Naili Rochmah Universitas Islam Nahdlatul Ulama Jepara
  • Umi Fahridatun
  • Hanifatunisak Hanifatunisak

DOI:

https://doi.org/10.35473/ijec.v1i1.133

Abstract

Program High/Scope berusaha untuk mengembangkan cakupan keterampilan yang luas pada anak, termasuk pemecahan masalah, interpersonal, dan kemampuan komunikasi yang penting untuk keberhasilan hidup yang sangat cepat berubah dalam masyarakat.  Kurikulum mendukung inisiatif  anak  dengan menyediakan peralatan, dan waktu  untuk melanjutkan aktifitas yang mereka pilih. Diwaktu yang sama, hal ini memberikan kesempatan Guru PAUD untuk merancang aktivitas bimbingan kemandirian anak berdasarkan urutan tujuan pembelajaran. Guru memegang peranan penting pada aktifitas instruksional dengan memilih material yang sesuai  urutan perkembangan dan dengan mengajak anak menggunakan pendekatan active problem solving untuk belajar. Pendekatan High/Scope mempengaruhi tatanan kelas, sikap guru saat berinteraksi dengan anak, dan cara pekerja berinteraksi dengan anak. Artikel ini membahas lebih jauh tentang esensi model pembelajaran High/Scope dalam pembelajaran untuk anak usia dini.

 

Kata Kunci: anak usia dini, model pembelajaran high/scope

Author Biographies

Naili Rochmah, Universitas Islam Nahdlatul Ulama Jepara

Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini

Umi Fahridatun

Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini

Hanifatunisak Hanifatunisak

Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini

References

Foundation, High/Scope Educational Research. 2000. Child Observation Record (COR): Information for Decision Maker.

Morrison, George S. 2007. Early Childhood Education Today chapter 6. New Jersey 07458.

_______. 2012. Dasar-dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: PT Indeks

Schweinhart, Lawrence J. 2003. Validity of the high/scope preschool education model. Ypsilanti

_______. 2011. How the High/Scope Perry preschool study has influenced public policy. High/Scope Educational Research.

Downloads

Published

2019-01-02

How to Cite

Rochmah, N., Fahridatun, U., & Hanifatunisak, H. (2019). Esensi Model Pembelajaran High/Scope dalam Pembelajaran Anak Usia Dini. Indonesian Journal of Early Childhood: Jurnal Dunia Anak Usia Dini, 1(1), 16–27. https://doi.org/10.35473/ijec.v1i1.133

Issue

Section

Articles