Penggunaan Media Kartu Bergambar untuk Meningkatkan Minat Baca Anak Usia 5-6 Tahun di TK Ahbabul Ulum Semarang
DOI:
https://doi.org/10.35473/ijec.v1i1.134Abstract
Membaca dianggap sebagai salah satu keberhasilan seorang anak dalam belajar. Meningkatkan minat membaca dilakukan sejak usia dini untuk memberikan pengalaman nyata anak. Dalam meningkatkan minat membaca diperlukannya media yang dapat digunakan untuk meningkatkan minat baca anak. Media yang dipilih yaitu media kartu bergambar. Tujuan penelitian ini yaitu menentukan efektifitas penggunaan media kartu bergambar untuk meningkatkan minat baca anak kelas B TK Ahbabul Ulum Gebangsari Semarang. Penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas/ PTK (Classroom Action Research). Hasil siklus 1 dan siklus 2 diperoleh bahwa nilai anak yang menyelesaikan tugas dengan baik sebelumnya 29,41 anak didik menjadi 70,58 yang bisa menebak gambar dan membaca tulisan/ kata-kata yang ada dibawah gambar, sebelumnya 47,07 menjadi 17,64 anak bisa menebak gambar tapi tidak bisa membaca tulisan kata dibawahnya, sebelumnya 23,52 menjadi 11,78 anak cenderung pasif/ diam. Simpulan penelitian ini adalah: 1) Keterampilan anak dalam meningkatkan minat baca anak melalui media kartu bergambar di TK Ahbabul Ulum Gebangsari setelah mengikuti pembelajaran meningkatkan minat baca melalui kegiatan media kartu bergambar mengalami peningkatan; 2) Hasil analisis data dari pembelajaran siklus I dan siklus II terus meningkat. Anak yang mengikuti kegiatan dengan baik menjadi 80%; 3) Perubahan-perubahan tingkah laku / keaktifan dalam kegiatan belajar mengajar anak ini dapat dibuktikan dari data yang diperoleh peneliti. Perubahan pemahaman anak dapat dilihat secara jelas pada saat pembelajaran. Berdasarkan hasil pada siklus I, masih tampak pemahaman anak yang kurang pada saat pembelajaran langsung. Pada siklus I pemahaman anak cenderung membaik dan bertambah. Disarankan dilakukan penelitian lanjutan terkait peningkatan minat baca pada anak usia dini di lembaga lainnya.
Â
Kata Kunci: kartu bergambar, minat, membaca, anak usia diniReferences
Adisusilo, Taufik. 2011. Calistung. Jogjakarta. Hak Cipta.
Arikunto, Suharsimi. 1998. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.
Asrori, Mohammad. 2008. Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: Wacana Prima.
Depdiknas. 2007. Bidang Pengembangan Berbahasa Di Taman Kanak-Kanak. Jakarta: Depdiknas.
Depdiknas. 2007. Persiapan Membaca dan Menulis Melalui Permainan. Jakarta: Depdiknas.
Depdiknas. 2007. Pengembangan Model Pembelajaran Di Taman Kanak-Kanak. Jakarta. Depdiknas
Hamalik. 1994. Media Pendidikan.
Haryadi. 2007. Retorika Membaca Model, Metode dan Teknik. Semarang: Rumah Indonesia
Hasani, Aceng. 2005. Ikhwal Menulis. Serang: Universitas Sultan Ageng Tirtayasa Press
Hurlock, Elizabeth B. 1978. Perkembangan Anak ( jilid dua edisi keenam). Jakarta: Erlangga.
Moleong, Lexy. 1991. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Mulyasa, 2009. Praktik Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Nazir, M. 2003. Metode Penelitian. Jakarta: Ghalia Indonesia.
Pamadhi dan Sukardi. 2008. Seni Ketrampilan Anak. Jakarta: Universitas Terbuka.
Sadiman, Arif. 2007. Media Pendidikan Pengertian, Pengembangan, dan Pemanfaatan. Jakarta: Grafindo.
Sadiman, Arif. 1996. Media Pendidikan. Jakarta. Raja.
Sanjaya, Wina. 2006. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media.
Soelarko. 1980. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Depdikbud.
Sudjana dan Ahmad Rifai. 2007. Media Pengajaran. Bandung: Sinar Baru Algensindo.
Sumantri dan Nana Syodih. 2008. Perkembangan Peserta Didik. Jakarta: Universitas Terbuka.
Suyanto, Slamet. 2005. Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Depdiknas.
Usman, M. Uzer. 2008. Menjadi Guru Profesional. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Indonesian Journal of Early Childhood: Jurnal Dunia Anak Usia Dini
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Please find the rights and licenses in Indonesian Journal Of Early Childhood: Jurnal Dunia Anak Usia DIni. By submitting the article/manuscript of the article, the author(s) agree with this policy. No specific document sign-off is required.
1. License
The non-commercial use of the article will be governed by the Creative Commons Attribution license as currently displayed on Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
2. Author(s)' Warranties
The author warrants that the article is original, written by stated author(s), has not been published before, contains no unlawful statements, does not infringe the rights of others, is subject to copyright that is vested exclusively in the author and free of any third party rights, and that any necessary written permissions to quote from other sources have been obtained by the author(s).
3. User Rights
Indonesian Journal Of Early Childhood: Jurnal Dunia Anak Usia Dini's spirit is to disseminate articles published are as free as possible. Under the Creative Commons license, Indonesian Journal Of Early Childhood: Jurnal Dunia Anak Usia Dini permits users to copy, distribute, display, and perform the work for non-commercial purposes only. Users will also need to attribute authors and Indonesian Journal Of Early Childhood: Jurnal Dunia Anak Usia Dini on distributing works in the journal and other media of publications.
4. Co-Authorship
If the article was jointly prepared by more than one author, any authors submitting the manuscript warrants that he/she has been authorized by all co-authors to be agreed on this copyright and license notice (agreement) on their behalf, and agrees to inform his/her co-authors of the terms of this policy. Indonesian Journal Of Early Childhood: Jurnal Dunia Anak Usia Dini will not be held liable for anything that may arise due to the author(s) internal dispute. Indonesian Journal Of Early Childhood: Jurnal Dunia Anak Usia Dini will only communicate with the corresponding author.
5. Miscellaneous
Indonesian Journal Of Early Childhood: Jurnal Dunia Anak Usia Dini will publish the article (or have it published) in the journal if the article’s editorial process is successfully completed. Indonesian Journal Of Early Childhood: Jurnal Dunia Anak Usia Dini's editors may modify the article to a style of punctuation, spelling, capitalization, referencing and usage that deems appropriate. The author acknowledges that the article may be published so that it will be publicly accessible and such access will be free of charge for the readers as mentioned in point 3.
Â
Every accepted manuscript should be accompanied by "Copyright Transfer Agreement" prior to the article publication.