Keefektifan Simulasi Kewirausahaan Anak (SIKADI) untuk Menumbuhkan Jiwa Kewirausahaan Anak Usia Dini di TK Al Hidayah Semarang
DOI:
https://doi.org/10.35473/ijec.v1i1.135Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan Simulasi Kewirausahan Anak (SIKADI) di TK Al Hidayah Semarang dalam menumbuhkan jiwa kewirausahaan pada anak. Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan kuantitatif karena akan melihat keefektifan model SIKADI. Desain uji keefektifan model SIKADI untuk menumbuhkan jiwa kewirausahaan anak di TK Al Hidayah Semarang adalah Pre-Experimental Design dengan bentuk one-group pretest-posttest design. Analisis data yang dilakukan adalah dengan pendekatan nonparametris melalui uji Two Related Samples Wilcoxon untuk aspek kognitif serta aspek afektif psikomotorik jiwa kewirausahaan anak. Instrumen yang digunakan untuk mengukur aspek kognitif adalah soal-soal SIKADI yang memuat gambar-gambar tentang kewirausahaan, sedangkan aspek afektif psikomotrorik diukur melalui pengamatan dengan lembar observasi Jiwa Kewirausahaan Anak yang memuat nilai-nilai kewirausahaan anak yang akan ditumbuhkembangkan. Simulasi Kewirausahaan Anak Usia Dini (SIKADI) dengan pendekatan mikroekonomi terbukti mampu menumbuhkan jiwa kewirausahaan anak di TK Al Hidayah Semarang. Berdasarkan perhitungan Test Statistic yang telah dilakukan, ternyata memberikan hasil: Pvalue  (0,002) < 0,025 maka H0 ditolak, maka dapat disimpulkan bahwa SIKADI efektif meningkatkan kemampuan kognitif tentang kewirausahaan pada anak-anak kelompok eksperimen TK Al Hidayah. Aspek afektif psikomotrorik juga menunjukkan hasil yang yang sama yaitu Pvalue (0,002) < 0,025 maka H0 ditolak, maka dapat disimpulkan bahwa SIKADI efektif terhadap penumbuhan jiwa kewirausahaan anak-anak kelompok eksperimen TK Al Hidayah untuk aspek afektif psikomotorik. Saran yang dapat diberikan adalah tema dan sub tema kewirausahaan dapat digali lebih lanjut sesuai dengan kearifan lokal serta produk yang menjadi komoditi bagian produksi tidak selalu berbentuk makanan/minuman tetapi bisa juga berupa alat permainan edukatif.
Â
Kata kunci: anak usia dini, jiwa kewirausahaan
References
Brewer, Jo Ann. 2007. Introduction to Early Chilhood Education: Preschool through Primary Grades-6th.ed. The United State of America: Pearson.
Hidayah, Choirul. 2014. “Pengembangan Kreativitas Anak Usia Dini Berbasis Tauhid dan Entrepreneurship (Penelitian di TK Khalifah Gedong Kuning Yogyakarta)â€.Tesis. Program Studi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal. Program Pascasarjana UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.
Hilmaniar, U., Nuraini dan Genjik, Bambang. 2012. Pelatihan Kewirausahaan Model Creation of Enterprises Formation of Entrepreneur (CEFE) oleh DISPERINDAGKOP & UKM. Prgogram tudi Pendidikan Ekonomi FKIP Untan. Jurnal Ilmiah Universitas Tanjungpura. http: jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/.../484. Diunduh 7 Maret 2018.
Instruksi Presiden Nomor 4 Tahun 1995 tentang Gerakan Nasional Memasyarakatkan dan Membudayakan Kewirausahaan (GNMMK). Hasil Simposium Nasional Kewirausahaan. Jakarta: Pemerintah RI
Kemdikbud.2010. Materi Pelatihan Kewirausahaan Direktorat Tenaga Kependidikan. Jakarta:Kemdikbud.
Morrison, Goeorge.S. 2012. Dasar-dasar Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). Terjemahan. Jakarta:PT Indeks.
Permendiknas Nomor 137 Tahun 2014 tentang Standar Pendidikan Anak Usia Dini
Praditaliana, Fieka., Tri Nugroho, Ova., dan Syaifulloh, M. Afif. 2011. “Penerapan Model Pembelajaran Simulasi Pada Mata Pelajaran Kewirausahaan Sebagai Upaya Peningkatan Motivasi Belajar Siswa SMK Negeri 7 Yogyakartaâ€. Pelita - Jurnal Penelitian Mahasiswa UNY. 6(1) April ISSN:1858-4446. http://journal.uny.ac.id/index.php/pelita/issue/view/621.Diunduh 5 Maret 2018
Dwi Andi Putra, Agus. 2013. “Penerapan Metode Simulasi Untuk Meningkatkan Kreativitas dan Hasil Belajar Siswa (Studi Kasus Pada Mata Pelajaran Kewirausahaan Pokok Bahasan Saluran dan Jaringan Distribusi di Kelas XI RPL SMK Negeri 1 Tanggul Kabupaten Jember Tahun Ajaran 2010/2011â€. Skripsi. Universitas Jember Digital Repository. http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/5305. Diunduh 6 Maret 2018
Rosyana, Dhian Farah.2014. “Pembelajaran Nilai-Nilai Kewirausahaan Bagi Anak Usia Dini (Studi Kasus Di TK Khalifah Sukonandi Yogyakarta)â€. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Jurusan Pendidikan Prasekolah Dan Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Yogyakarta.
Sugiyono.2015. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandfung:Alfabeta
Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional
Yan, Thomas Wing. 2014. “Clarifying the Domain of Educational Entrepreneurship: Implications for Studying Leadership, Innovationand Changeâ€. https://www.ied.edu.hk/apclc/roundtable2010/paper/Clarifying%20Educational%20EntrepreneurshipThomas%20Wing%20Yan%20MAN.Pdf. Diunduh 27 Oktober 2018.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Indonesian Journal of Early Childhood: Jurnal Dunia Anak Usia Dini
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Please find the rights and licenses in Indonesian Journal Of Early Childhood: Jurnal Dunia Anak Usia DIni. By submitting the article/manuscript of the article, the author(s) agree with this policy. No specific document sign-off is required.
1. License
The non-commercial use of the article will be governed by the Creative Commons Attribution license as currently displayed on Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
2. Author(s)' Warranties
The author warrants that the article is original, written by stated author(s), has not been published before, contains no unlawful statements, does not infringe the rights of others, is subject to copyright that is vested exclusively in the author and free of any third party rights, and that any necessary written permissions to quote from other sources have been obtained by the author(s).
3. User Rights
Indonesian Journal Of Early Childhood: Jurnal Dunia Anak Usia Dini's spirit is to disseminate articles published are as free as possible. Under the Creative Commons license, Indonesian Journal Of Early Childhood: Jurnal Dunia Anak Usia Dini permits users to copy, distribute, display, and perform the work for non-commercial purposes only. Users will also need to attribute authors and Indonesian Journal Of Early Childhood: Jurnal Dunia Anak Usia Dini on distributing works in the journal and other media of publications.
4. Co-Authorship
If the article was jointly prepared by more than one author, any authors submitting the manuscript warrants that he/she has been authorized by all co-authors to be agreed on this copyright and license notice (agreement) on their behalf, and agrees to inform his/her co-authors of the terms of this policy. Indonesian Journal Of Early Childhood: Jurnal Dunia Anak Usia Dini will not be held liable for anything that may arise due to the author(s) internal dispute. Indonesian Journal Of Early Childhood: Jurnal Dunia Anak Usia Dini will only communicate with the corresponding author.
5. Miscellaneous
Indonesian Journal Of Early Childhood: Jurnal Dunia Anak Usia Dini will publish the article (or have it published) in the journal if the article’s editorial process is successfully completed. Indonesian Journal Of Early Childhood: Jurnal Dunia Anak Usia Dini's editors may modify the article to a style of punctuation, spelling, capitalization, referencing and usage that deems appropriate. The author acknowledges that the article may be published so that it will be publicly accessible and such access will be free of charge for the readers as mentioned in point 3.
Â
Every accepted manuscript should be accompanied by "Copyright Transfer Agreement" prior to the article publication.