Peningkatan Kreativitas Anak melalui Alat Permainan Tradisional dari Pelepah Daun Pisang Siswa Kelas B PAUD Bintang Kartika

Authors

  • Anita Damayanti Universitas Muhammadiyah Jakarta
  • Sriyanti Rahmatunnisa Universitas Muhammadiyah Jakarta
  • Tiara Astari Universitas Muhammadiyah Jakarta
  • Sri Rahayani Universitas Muhammadiyah Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.35473/ijec.v4i1.1470

Keywords:

anak usia dini, alat permainan tradisional, pelepah daun pisang

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana proses pelaksanaan pembelajaran melalui bermain dengan media pohon pisang dalam upaya meningkatkan kreativitas siswa kelas B PAUD Bintang Kartika Pesanggrahan Kodam Bintaro Jakarta Selatan tahun 2021. Subjek penelitian ini berjumlah 10 anak. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas model Kemmis dan Mc. Taggart yang meliputi, perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan  bahwa terdapat peningkatan sangat signifikan bermain melalui alat permainan tradisional dari pelepah daun pisang. Hal ini terbukti dari hasil  perolehan persentase dari pra siklus sebesar 33%, siklus I 60% dan siklus II 83%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa alat permainan tradisional dari pelepah daun pisang  dapat meningkatkan kreativitas siswa kelas B PAUD Bintang Kartika KODAM Bintaro Jakarta Selatan. Hasil penelitian ini diharapkan dapat bermanfaat untuk pihak-pihak terkait antara lain guru, orang tua dan siswa serta masyarakat di sekitar lingkungan sekolah.

Author Biographies

Anita Damayanti, Universitas Muhammadiyah Jakarta

PG PAUD

Sriyanti Rahmatunnisa, Universitas Muhammadiyah Jakarta

PG PAUD

Tiara Astari, Universitas Muhammadiyah Jakarta

PG PAUD

Sri Rahayani, Universitas Muhammadiyah Jakarta

PG PAUD

References

Anon. (2016). Creative Play Helps Children Grow (www. nnc.org). (diakses 3 Juli 2021)

Csikszenmihalyi, M. (1996). Creativity, Flow and the Psychology of Discovery and Invention. New York: Harpers Collins Publisher.

Jalaluddin. (1998). Psikologi Komunikasi. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Hurlock, E.B. (1985). Child Development. Singapore: Mc. Graw-Hill Book Company.

Santrock, J.W. (1997). Life-Span Development, Chicago: Brown and Benchmark Publishers.

Lowenfeld, Victor and W. Lambert Brittain. (1070). Creative and Mental Growth, London The Mcmillan Company, coller-Macmillan Ltd.

Eisner, Elliot W. (1972). Educating artistic vision, New York: The Macmillan Company.

Al Khailili, A. A. (2005). Mengembangkan Kreativitas Anak. Jakarta: Pustaka Al Kautsar.

Iswinarti. (2018). Permainan Tradisional: Prosedur dan Analisis Manfaat Psikologis. Malang: UMM Press.

Nurhayati, Iis. (2012). Peran Permainan Tradisional dalam Pembelajaran Anak Usia Dini (Studi di PAUD Geger Sunten, Desa Suntenjaya). Empowerment, Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Luar Sekolah. Diakses 21 Agustus 2021.

Zafirah dkk. (2018). Penanaman Nilai-Nilai Karakter terhadap Peserta Didik Melalui Permainan Congkak sebagai Media Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Karakter. Diakses 2 September 2021.

Perdani, P. A. (2013). Meningkatkan Keterampilan Sosial melalui Metode Bermain Permainan Tradisional pada TK B. Jurnal Pendidikan Usia Dini Vol. 7 Edisi 2. Diakses 1 September 2021.

Singer, D.G., & Singer. (1990). The House of Make-Believe: Play and Developing Imagination. Cambridge. MA: Harvard University Press.

Masitoh dkk. (2008). Strategi Pembelajaran TK. Akarta: Universitas Terbuka.

Sumarsono dan Iswahyuni. (2019). Alat Permainan Tradisional Roda Dorong untuk Menstimulasi Kreativitas dan Gerak, Musamus Journal of Physical Education and Sport. http://ejournal.unmus.ac.id/index.php/physical. Diakses 20 Agustus 2021.

Indrayana Bagus dkk. (2010). Mainan Tradisional Di Daerah lstimewa Yogyakarta Dalam Konteks Perkembangan Kreativitas Anak. Jurnal Ornamen, 7 (2). pp. 1-18. ISSN 1693-7724 Vol. 7 No.2. Diakses 18 Agustus 2021.

Bayu Nugraha, (2013). Permainan Kreatif Untuk Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak, vol.2 edisi 1. Diakses 18 Agustus 2021.

Maghfiroh, Yuli. (2020). Peran Permainan Tradisional dalam Membentuk Karakter Anak Usia 4-6 Tahun. Jurnal Pendidikan Anak, April 2020, p : 1-8 Vol. 6, No. 1 E-ISSN: 2580-9504. Diakses 21 Agustus 2021.

Milles, M.B., & Huberman, M.A. (1984). Qualitative Data Analysis. London: Sage Publication.

Retnowati, T.H. (2012). The Development of Assessment Instrument for Elementary School Student Painting. Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, 16(2)492-510. https://journal.uny.ac.id/index.php/jpep/article/viewFile/1406/1193 (diakses 12 juli 2021).

Downloads

Published

2022-01-31

How to Cite

Damayanti, A., Rahmatunnisa, S., Astari, T., & Rahayani, S. (2022). Peningkatan Kreativitas Anak melalui Alat Permainan Tradisional dari Pelepah Daun Pisang Siswa Kelas B PAUD Bintang Kartika. Indonesian Journal of Early Childhood: Jurnal Dunia Anak Usia Dini, 4(1), 25–45. https://doi.org/10.35473/ijec.v4i1.1470

Issue

Section

Articles