Pengembangan Alat Ukur Regulasi Emosi Pengasuhan Anak Usia Dini Berdasarkan Strategi Regulasi Emosi J. Gross

Authors

  • Intan Puspitasari Universitas Ahmad Dahlan
  • Muhammad Hidayat Universitas Ahmad Dahlan

DOI:

https://doi.org/10.35473/ijec.v5i1.1896

Keywords:

regulasi emosi, pengasuhan, alat ukur

Abstract

Kemampuan individu untuk memberikan respon positif atas emosi negatif yang muncul merupakan salah satu indikator dari regulasi emosi. Pengembangan alat ukur regulasi emosi dalam pengasuhan bertujuan untuk mengetahui kemampuan regulasi emosi orangtua. Tujuan dari penelitian ini adalah mengembangkan alat ukur Regulasi Emosi dalam pengasuhan anak usia dini yang didasarkan pada konsep 5 strategi regulasi Gross yaitu situation selection, situation modification, attentional deployment, cognitive change dan response modulation yang valid dan reliabel. Konsep regulasi emosi Gross masih bersifat umum, sehingga perlu diterapkan pada konteks pengasuhan pada anak usia dini supaya dapat digunakan pada orangtua anak usia dini. Subjek penelitian ini adalah 47 orangtua yang memiliki anak berusia 2-7 tahun. Format awal alat ukur ini terdiri dari 60 aitem (30 aitem favorable dan 30 aitem unfavorable). Alat ukur selanjutnya dinilai oleh 5 orang ahli kemudian diuji validitasnya menggunakan teknik aiken V dengan skor bergerak dari 0.650 hingga 0.950. Sedangkan untuk uji reliabilitas analisis dilakukan dengan teknik Alpha Cronbach yang menghasilkan skor 0.933. Format akhir dari alat ukur regulasi emosi dalam pengasuhan anak usia dini ini adalah 35 aitem.

References

Azwar, S. (2014). Penyusunan skala psikologi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Azwar, S. (2014). Reliabilitas dan Validitas, Edisi 4. Yogyakarta: Pustaka Pelajar,

Azwar, S. (2017). Metode Penelitian Psikologi, Edisi 2. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Davies, L. M., Janta, B., & Gardner, F. (2019). In Positive Parenting Interventions: Empowering Parents with Positive Parenting Techniques for Lifelong Health and Well-Being. Publication Office of the European Union.

Fabes, R. A., Leonard, S. A., Kupanoff, K., & Martin, C. L. (2001). Parental coping with children’s negative emotions: Relations with children’s emotional and social responding. Society for Research in Child Development, 72(3), 907–920. https://doi.org/10.1111/1467-8624.00323

Gross, J. J. (1998). The emerging field of emotion regulation: An integrative review. Review of General Psychology, 2(3), 271–299.

Hidayati, F., Kaloeti, D. V. S., & Karyono. (2012). Peran ayah dalam pengasuhan. Jurnal Psikologi, 9(1), 1–10. https://doi.org/10.14710/jpu.9.1.

Lee, S. L. (2017). Examining the effects of the positive child care program in early childhood education environments: A randomized control trial. The University of Western Ontario.

Morelen, D., Shaffer, A., & Suveg, C. (2016). Maternal emotion regulation: Links to emotion parenting and child emotion regulation. Journal of Family Issues, 37(13), 1891–1916.

Royzman, E. B., Cassidy, K. M., & Baron, J. (2003). “I know, you knowâ€: Epistemic egocentrism in children and adults. The Educational Publishing Foundation, 7(1), 38–65. https://doi.org/10.1037/1089-2680.7.1.38

Schwartz, J. P., Thigpen, S. E., & Montgomery, J. K. (2006). Examination of parenting styles of processing emotions and differentiation of self. The Family Journal: Counseling and Therapy for Couples and Families, 14(1), 41–48. https://doi.org/10.1177/1066480705282050

Schwartz, J. P., Thigpen, S. E., & Montgomery, J. K. (2006). Examination of parenting styles of processing emotions and differentiation of self. The Family Journal: Counseling and Therapy for Couples and Families, 14(1), 41–48. https://doi.org/10.1177/1066480705282050

Thompson, R. A. (1991). Emotional regulation and emotional development. Educational Psychology Review, 3(4), 269–307.

Thompson, R. A. (1994). Emotion regulation: A theme in search of definition. Society for Research in Child Development, 59(2/3), 25–52.

Wati, D. E., & Puspitasari, I. (2018). Kekerasan terhadap anak, penanaman disiplin, dan regulasi emosi orang tua. Varia Pendidikan, 30(1), 21–26.

Downloads

Published

2023-01-14

How to Cite

Puspitasari, I., & Hidayat, M. (2023). Pengembangan Alat Ukur Regulasi Emosi Pengasuhan Anak Usia Dini Berdasarkan Strategi Regulasi Emosi J. Gross. Indonesian Journal of Early Childhood: Jurnal Dunia Anak Usia Dini, 5(1), 42–49. https://doi.org/10.35473/ijec.v5i1.1896

Issue

Section

Articles