Penerapan Media Kantong Berhitung Untuk Mengembangkan Kecerdasaan Logika Matematika Pada Anak Usia 5 Tahun di TK UMMI ERNI

Authors

  • Nanda Syahputri universitas islam negeri sumatera utara
  • Dhea Safira Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Deni Wahyuni Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Rahma Dani Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Puput Anjar Lestari Universitas Islam Negeri Sumatera Utara

DOI:

https://doi.org/10.35473/ijec.v5i1.2091

Abstract

Kecerdasaan logika matematika merupakan suatu hal yang penting dikembangkan pada anak, kecerdasaan ini berkaitan tentang perhitungan, dan penalaran, yang fungsinya membantu anak dalam pemecahan masalah di kehidupan sehari-hari anak. Oleh sebab itu penelitian ini bertujuan untuk mengkaji mengenai cara meningkatkan kecerdasaan logika matematika melalui media kantong berhitung. Subek penelitian ini yaitu anak usia 5 tahun di kelas anggur Tk Ummi Erni yang terdiri dari 10 anak laki-laki dan 10 anak perempuan. Jenis penelitian tindakan kelas yang dituangkan dalam data kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan kecerdasaan logika matematika anak yaitu meningkat sebanyak 90% dengan kategori BSB. Hal ini membuktikan adanya peningkatan hasil pembelajaran dalam beberapa kategori yang berkaitan tentang kecerdasaan matematika seprti dalam hal mengenal, menyebutkan, menghitung dan menjumlahkan angka.

 

References

Arikunto, S. (2010). Penelitian Tindakan Kelas. Bumi Aksara.

Kurnia, R. (2009). Metodologi Pengembangan Matematika AUD. Cendikia Insani.

Mufarizuddin. (2017). Mufarizuddin. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini., 1(1), 62–71.

Musfiroh, T. (2012). Pengembangan Kecerdasan Majemuk. Universitas Terbuka.

Siti Khotibeh, D. (2014). Penggunaan Media Kantong Bilangan Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Matematika Di SD. Pontianak : Artikel Penelitian.

Ulfikriyya, S., & Maulidia, L. N. (2021). Upaya Guru dalam Menghadapi Anak yang Kurang Aktif. 3(2), 76–87.

wahdini Dkk. (2017). peningkatan kecerdasan logika matematika melalui media kantong ajaib usia 4-5 tahun di paud sejahtera. 1–14.

Downloads

Published

2023-01-14

How to Cite

Syahputri, N., Dhea Safira, Deni Wahyuni, Rahma Dani, & Puput Anjar Lestari. (2023). Penerapan Media Kantong Berhitung Untuk Mengembangkan Kecerdasaan Logika Matematika Pada Anak Usia 5 Tahun di TK UMMI ERNI. Indonesian Journal of Early Childhood: Jurnal Dunia Anak Usia Dini, 5(1), 207–212. https://doi.org/10.35473/ijec.v5i1.2091

Issue

Section

Articles