Literature Review Implementasi Bermain Peran untuk Perkembangan Kemampuan Sosial Emosional Anak di TK

Literature Review Implementation of Role Playing for the Development of Children's Social Emotional Ability in Kindergarten

Authors

  • Ashar Universitas Islam Makassar
  • A. Rezky Nurhidaya Universitas Islam Makassar
  • Sadaruddin Universitas Islam Makassar

DOI:

https://doi.org/10.35473/ijec.v5i1.2139

Abstract

Role-playing for early childhood is fun for students, so role-playing children need to pay attention to the interests and motivations of students. This study aims to analyze the implementation of role playing and describe the impact of emotional social development, this research was conducted using a literature review by collecting reference materials from various articles and journals based on the research objectives. The results of the literature review research related to the implementation of role playing while still requiring a foothold during role playing and paying attention to supporting factors by using the right media, educator creativity, teaching techniques and things that need to be anticipated by students' egocentrism and, undisciplined children and shy students. The impact of role playing obtained is courage, self-confidence, independence and communication as well as social interaction, and role playing has a significant influence on aspects of the development of social emotional skills of early childhood in kindergarten.

Abstrak

Bermain peran bagi anak usia dini merupakan hal yang menyenangkan bagi anak didik, sehingga anak bermain peran perlu memperhatikan minat dan motivasi anak didik. Penelitian ini memiliki tujuan untuk menganalisis implementasi bermain peran dan menggambarkan dampak perkemabangan social emosional, penelitian ini dilakukan dengan menggunakan literature review dengan cara mengumpulkan bahan referensi dari berbagai artikel maupun jurnal dengan berdasar dengan tujuan penelitian. Hasil penelitian literature review terkait implementasi bermain peran dengan tetap memerlukan pijakan selama bermain peran dan memperhatikan faktor pendukung dengan menggunakan media yang tepat, kreativitas pendidik, teknik mengajar serta hal yang perlu diantisipasi egosentrisme anak didik dan, anak yang belum disiplin serta anak didik yang pemalu. Dampak bermain peran didapatkan ialah keberanian, percaya diri, kemandirian dan komunikas serta interaksi social, dan bermain peran memiliki pengaruh signifikan terhadap aspek perkembangan keterampilan sosial emosional anak usia dini di TK.

References

Agustina, Serli. 2022. “Pengaruh Pekerjaan Orang Tua Terhadap Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia 5-6 Tahun Di Paud Islam Ummu Fathimah Kota Bengkulu.” Al Fitrah: Journal Of Early Childhood Islamic Education 5 (2): 208–18. https://doi.org/10.29300/alfitrah.v5i2.6326.

Agustina, Serli. 2022. “Pengaruh Pekerjaan Orang Tua Terhadap Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia 5-6 Tahun Di Paud Islam Ummu Fathimah Kota Bengkulu.” Al Fitrah: Journal Of Early Childhood Islamic Education 5 (2): 208–18. https://doi.org/10.29300/alfitrah.v5i2.6326.

Ali, Moh. 2022. “Innovative Leadership Management in Early Children Education.” Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 6 (4): 3007–12. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i4.2198.

Aulia, Rifqi, Na’imah Na’imah, dan Raden Rachmy Diana. 2021. “Media Boneka Tangan Untuk Meningkatkan Perkembangan Sosial dan Emosional Anak Usia Dini.” Indonesian Journal of Early Childhood: Jurnal Dunia Anak Usia Dini 3 (2): 106–17.

Bakri, Annisa Rahmilah, Juli Amaliyah Nasucha, dan Dwi Bhakti Indri M. 2021. “Pengaruh Bermain Peran Terhadap Interaksi Sosial Anak Usia Dini.” Tafkir: Interdisciplinary Journal of Islamic Education 2 (1): 58–79. https://doi.org/10.31538/tijie.v2i1.12.

Hasanah, Nur. 2020. “Implementasi Model Sentra Bermain Peran Pada Anak Kelompok B Di TK IT Al-Hasna.” Jurnal Golden Age 4 (01): 167–81. https://doi.org/10.29408/goldenage.v4i01.2224.

Hidayah, Anisa Nur, Diana Diana, dan Deni Setiawan. 2022. “Kegiatan Bermain Peran Untuk Mengembangkan Sosial Emosional Anak Pada Kelompok Bermain Birrul Walidain Sragen.” Jurnal Pendidikan 31 (1): 01–08. https://doi.org/10.32585/jp.v31i1.1959.

Hikmawati, Hikmawati, Takasun Takasun, dan Luk Luk Ul Hikmah. 2021. “Penerapan Metode Bermain Peran Sebagai Upaya Untuk Meningkatkan Perkembangan Sosial Emosional Peserta Didik.” Unram Journal of Community Service 2 (4): 116–21. https://doi.org/10.29303/ujcs.v2i4.161.

Khairiah, Khairiah, dan Okda Jumanti. 2022. “Analisis Problematika Pendidikan Anak Usia Dini ‘Metode Bercerita, Demonstrasi Dan Sosiodrama.’” Al-Khair Journal : Management, Education, And Law 1 (2): 60–69. https://doi.org/10.29300/kh.v2i2.6110.

Lubis, Mira Yanti. 2019. “Mengembangkan Sosial Emosional Anak Usia Dini Melalui Bermain.” Generasi Emas: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini 2 (1): 47–58. https://doi.org/10.25299/ge.2019.vol2(1).3301.

Maghfiroh, Anna Shihatul, Jamiludin Usman, dan Luthfatun Nisa. 2020. “Penerapan Metode Bermain Peran Terhadap Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia Dini di PAUD/KB Al-Munawwarah Pamekasan.” Kiddo: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini 1 (1): 51–65. https://doi.org/10.19105/kiddo.v1i1.2978.

Musi, Muhammad Akil, Sadaruddin, dan Mulyadi. 2017. “Kontribusi Bermain Peran untuk Mengembangkan Sosial-Emosional Anak Usia Dini.” Golden Age : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 1 (2). https://doi.org/10.29313/ga.v1i2.3315.

Ningrum, Nabila Putri Widya, Fatma Mayang Jelita Pane, Seri Indah Yani, dan Khadijah. 2022. “Pendidikan Anak Usia Dini: Perannya Dalam Membangun Karakter Dan Tumbuh Kembang Anak Usia Dini.” Tematik: Jurnal Penelitian Pendidikan Dasar 1 (1): 59–63.

Nurhasanah, Nurhasanah, Suci Lia Sari, dan Nova Adi Kurniawan. 2021. “Perkembangan Sosial Dan Emosional Anak Usia Dini.” Mitra Ash-Shibyan: Jurnal Pendidikan Dan Konseling 4 (02): 91–102. https://doi.org/10.46963/mash.v4i02.346.

Puspitasari, Tuti, Ajeng Winda Uminar, dan Wardah Anggraeni. 2022. “Penerapan Metode Bermain Peran Untuk Meningkatkan Kecerdasan Interpersonal Anak Usia 5-6 Tahun Pada Tk Al Munawaroh Ii Natar Kabupaten Lampung Selatan.” JPGMI (Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Al-Multazam) 7 (2): 68. https://doi.org/10.54892/jpgmi.v7i2.110.

Putri, Wijayanti. 2021. “Kegiatan Bermain Peran Makro Dalam Upaya Mengembangkan Bahasa Anak Usia 5 – 6 Tahun Di Tk Miftahul Huda Tanjung Raja Lampung Uatara.” Undergraduate, UIN Raden Intan Lampung. http://repository.radenintan.ac.id/13894/.

Renawati, Renawati, dan Na’imah Na’imah. 2021. “Implementasi Pembelajaran Sentra Bermain Peran Era Covid 19.” Aulad: Journal on Early Childhood 4 (3): 167–71. https://doi.org/10.31004/aulad.v4i3.116.

Rinta, Anggi Sirka, Dike Febriana, dan Retno Wulandari. 2022. “Strategi Pengelolaan Pemasaran Pendidikan Anak Usia Dini.” Jurnal Multidisipliner Bharasumba 1 (01 April): 198–205.

Yunita, Silfa, Ully Muzakir, dan Riza Oktariana. 2022. “Analisis Penerapan Bermain Peran Terhadap Motivasi Belajar Shalat Kelompok B Di Tk Al-Washliyah Banda Aceh.” Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan 3 (1). https://www.jim.bbg.ac.id/pendidikan/article/view/513.

Downloads

Published

2023-07-31

How to Cite

Paggama, A. A., A. Rezky Nurhidaya, & Sadaruddin. (2023). Literature Review Implementasi Bermain Peran untuk Perkembangan Kemampuan Sosial Emosional Anak di TK: Literature Review Implementation of Role Playing for the Development of Children’s Social Emotional Ability in Kindergarten. Indonesian Journal of Early Childhood: Jurnal Dunia Anak Usia Dini, 5(2), 223–231. https://doi.org/10.35473/ijec.v5i1.2139

Issue

Section

Articles