Pengembangan LKA Tematik (Transportasi, Alat Komunikasi dan Negaraku) Berbasis Bahasa Ibu dengan Pendekatan Budaya Lokal Nagekeo untuk Pembelajaran Anak Usia A 5-6 Tahun di Kabupaten Nagekeo

Authors

  • Elisabeth Tantiana Ngura STKIP Citra Bakti
  • Yasinta Maria Fono STKIP Citra Bakti

DOI:

https://doi.org/10.35473/ijec.v5i1.2147

Abstract

This research and development aims to produce a mother tongue based to children’s worksheet product with a cultural approach to the Nagekeo regency with the theme of transportation for learning aged 5-6 years old at Kasih Bangsa kindergarten and to determine the feasibility of the development product. This children’s worksheet was developed using Four-D development wich is consist of 4 stages, namely: (1) define, (2) design, (3) development, (4) disseminate. However, in this study the researcher only reached stage three, because the research objectives were achieved at the development stage. The results of research and development of a mother tongue-based worksheet on transportation themes based on the results of expert trials and as product users are valid. Thus, the test result of the mother tounge-based children’s worksheet with the local culture approach of Nagekeo Regency with the theme of transportation based on the results of expert trial and the children as users of this product are declared eligible to be used in the learning process at kindergarten.

 

ABSTRAK

Penelitian dan pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan produk berupa LKA tematik berbasis bahasa ibu dengan pendekatan budaya lokal Kabupaten Nagekeo tema transportasi, alat komunikasi dan negaraku untuk pembelajaran anak usia 5-6 tahun di TK Kasih Bangsa dan mengetahui kelayakan produk hasil pengembangan. Lembar Kerja Anak ini dikembangkan dengan menggunakan model pengembangan Four-D yang terdiri dari 4 tahap, yakni: (1) tahap define (pendefenisian), (2) tahap design (perancangan), (3) tahap development (pengembangan), (4) tahap disseminate (penyebaran). Namun, dalam penelitian ini peneliti hanya sampai pada tahap tiga karena tujuan penelitian telah tercapai pada tahap ini. Hasil penelitian dan pengembangan lembar kerja anak berbasis bahasa ibu tema transportasi, alat komunikasi dan negaraku berdasarkan hasil uji coba ahli dan anak sebagai pengguna produk adalah sangat valid dengan skor 90 Dengan demikian, lembar kerja anak berbasis bahasa ibu dengan pendekatan budaya lokal Kabupaten Nagekeo tema transportasi, alat komunikasi dan negaraku berdasarkan dinyatakan layak untuk digunakan dalam proses pembelajaran anak usia dini.

References

Amir, A. & Parumbuan, M.D. (2018). The Development of Teaching Media Video Instrusctional Book at The Student Courses Technology Education, Faculty of Education State Makasar. Indonesian Journal of Educational State (IJES), 21(2),154-162. http://ojs.unm.ac.id/index.php/Insani/index

Anggreani, C. (2021). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Bermuatan Budaya Lokal untuk Anak Usia Dini. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(6),3500- 3508. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i6882

Chaer, A. (2009). Bahasa Indonesia dalam Masyarakat Telaah Semantik. Jakarta: Rineka Cipta

Hernawati, H. (2017). Penggunaan Bahasa Ibu sebagai Pengantar dalam Pembelajaran Bahasa. Semantik, 4(2), 83-91

Ibda, H. (2017). Urgensi Pemertahanan Bahasa Ibu di Sekolah Dasar. SHAHIH: Journal of Islamicate Multidisciplinary, 2(2),194-207. http://ejournal.iainsurakarta.ac.id/inde

Ismiani, P., Mustika, I., & Sahmini, M. (2020). Penggunaan Bahasa Ibu dalam Keterampilan Berbicara pada Pembelajaran Bahasa Indonesia. Parole: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 3(5),767-774.

Kepmendikbud Nomor 56 tahun 2022 tentang Pedoman Penerapan Kurikulum Dalam Rangka Pemulihan Pembelajaran

Keraf, G. (2001). Diksi dan Gaya Bahasa. Jakarta: Penerbit Gramedia Pustaka Utama. Kurniati, L. (2015). Bahasa Ibu dalam Pembelajaran Anak di Sekolah. Pesona: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia, 1(1),1-14. https://doi.org/10.52657/jp.v1i1.73

Laksana, D. N. L, Lawe. Y. U, Ripo, F, Bolo, M. O, & Dua, T. D. (2020). Lembar Kerja Siswa Berbasis Budaya Lokal Ngada untuk Pembelajaran Tematik Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara, 5(2),227-241. https://doi.org/10.29407/jpdn.v5i2.13903

Mongkek, M.F., Ngura, E.T., & Rewo, J.M. (2019). Pengembangan Lembar Kerja Anak sebagai Bahan Ajar untuk Perkembangan Aspek Moral Anak Usia 5-6 Tahun di TKK Satap Rutosoro. Jurnal Penelitian dalam Bidang Pendidikan Anak Usia Dini, 8(2),88- 94. 10.26887/paudia.v8i2.4814

Nafsia, A., & Ngura, E.T. (2022). Pengembangan Lembar Kerja Anak untuk Aspek Kognitif Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(1), 843-848.

Nurani, A. (2013). Implementasi Pembelajaran Berbasis Budaya pada Mata Pelajaran IPS Kelas IV di SD Segugus 3 Kecamatan Lendah, Kabupaten Kulon Progo. Skripsi, Program Studi PGSD Universitas Negeri Yogyakarta

Ramadhan, S, F. (2014). Pengembangan Media Lembar Kerja (LKS) Edukatif untuk siswa Kelas B TK Negeri Pembina Prigen. Jurnal Pendidikan Seni Rupa,2(3), 127-133. Online. http: // ejurnal. Unesa. ac. Id

Sanjaya, W. (2012). Perencanaan dan Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenada Media Group

Undang-undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003. Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Sinar Grafika

Warsiti. (2015). Pembelajaran Berbasis Budaya Lokal dalam Membentuk Karakter Toleransi pada Anak Kelompok B di TK Negeri Pembina Kabupaten Purbalingga. Skripsi, Program Studi PG- PAUD FakultasIlmu Pendidikan, Universitas Negeri Semarang

Wona, M.M. (2019). Pengembangan Media Lembar Kerja Anak (LKA) Mewarnai Gambar untuk Meningkatkan Keterampilan Motorik Halus Anak Kelompok B di TKK Negeri Dolupore Kecamatan Golewa Kabupaten Ngada. Skripsi, Program Studi PG-PAUD STKIP Citra Bakti

Downloads

Published

2023-01-14

How to Cite

Ngura, E. T., & Yasinta Maria Fono. (2023). Pengembangan LKA Tematik (Transportasi, Alat Komunikasi dan Negaraku) Berbasis Bahasa Ibu dengan Pendekatan Budaya Lokal Nagekeo untuk Pembelajaran Anak Usia A 5-6 Tahun di Kabupaten Nagekeo. Indonesian Journal of Early Childhood: Jurnal Dunia Anak Usia Dini, 5(1), 50–61. https://doi.org/10.35473/ijec.v5i1.2147

Issue

Section

Articles