Meningkatkan Kemampuan Mengenal Lambang Bilangan Melalui Media Pembelajaran Audio Visual pada Anak Usia 4-5 Tahun di TK Negeri Herlina Tikatukang Kecamatan Adonara Kabupaten Flores Timur

Improving the Ability to Recognize Number Symbols Through Audio Visual Learning Media for Children Aged 4-5 Years at Herlina Tikatukang State Kindergarten, Adonara District, East Flores Regency

Authors

  • Azriyani Mutalib Universitas Muhammadiyah Makassar
  • Ma’rup Universitas Muhammadiyah Makassar
  • Fadhilah Latief Universitas Muhammadiyah Makassar

DOI:

https://doi.org/10.35473/ijec.v5i1.2351

Abstract

This study aims to improve the ability to recognize number symbols through audio-visual learning media in children aged 4-5 years at Herlina Tikatukang State Kindergarten, Adonara District, East Flores Regency. This type of research is classroom action research. The subjects in this study were 11 children. Methods of data collection in the form of observation and documentation. The instrument used is an observation sheet in the form of a checklist. Data analysis techniques use qualitative descriptive and quantitative descriptive. The results of observations before the action showed that children who had the ability to recognize number symbols in cycle I was 52.27%, increasing to 89.33% in cycle II and having achieved a success indicator of 80%. Based on these results it can be concluded that audio-visual learning media can improve the ability to recognize number symbols at the age of 4-5 years at TK Herlina Tikatukang  Adonara District, East Flores Regency.

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan mengenal lambang bilangan melalui media pembelajaran audio visual pada anak usia 4-5 tahun di TK Negeri Herlina Tikatukang Kecamatan Adonara Kabupaten Flores Timur. Jenis penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subjek dalam penelitian ini sebanyak 11 anak. Metode pengumpulan data berupa observasi dan dokumentasi. Instrumen yang digunakan berupa lembar observasi yang berbentuk checklist. Teknik Analisis data menggunakan Deskriptif Kualitatif dan Deskriptif Kuantitatif. Hasil observasi sebelum tindakan menunjukkan bahwa anak yang memiliki kemampuan mengenal lambang bilangan pada siklus I adalah 52,27% meningkat menjadi 91,66% pada siklus II dan telah mencapai indikator keberhasilan yaitu 80%. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran audio visual dapat meningkatkan kemampuan mengenal lambang bilangan pada usia 4-5 tahun di TK Negeri Herlina Tikatukang Kecamatan Adonara Kabupaten Flores Timur.

References

Arikunto, Suharsimi. (2017). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

Azhar, Arsyad. (2013). Media Pembelajaran. Jakarta: PT Rajawali Pers

Cahyani, Agnes. & Dhear.N. (2022). Meningkatkan Kemampuan Mengenal Lambang Bilangan Pada Anak Usia 4-5 Tahun Melalui Permainan Balok Angka. Jurnal Pendidikan AUD Undiksha, vol.8(3): 171.

Fitria, Ayu. (2014). Penggunaan Media Audio Visual Dalam Pembelajaran Anak Usia Dini. Cakrawala Dini: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini. Vol. 5 No (2).

Muliani, Ica. (2020). Meningkatkan Kemampuan Menyimak Melalui Metode Cerita Dengan Penggunaan Media Audio Visual Kelompok B Di RA Gerhana Alauddin Kecamatan Tamalate Kota Makassar. (Skripsi). Makassar: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan. Universitas Muhammadiyah Makassar

Nurhafizah. (2018). Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Anak Usia Dini Menggunakan Bahan Sisa. Jurnal pendidikan : Early Childhood, Vol.2 (2b): 3-4.

Pratiwi,ika. (2020). Peningkatan Kemampuan Mengenl Lambang Bilangan Pada Anak Usia 4-5 Tahun Melalui Media Makanan Ranting Angka Di TK Tunas Harapan Karanggedang Kabupaten Kebumen. (Skripsi). Online. Semarang : Fakultas Ilmu Pendidikan Jurusan PGPAUD. Universitas Negeri Semarang

Putra S,R, & Tressyalina. (2020). Mengembangkan Bahasa Anak Usia Dini Melalui Media Audio Visual Di TK Darul Falah. Jurnal Literasi, 4(2): 168.

Sanjaya, Wina. (2014). Media Komunikasi Pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Soetjiningsih,Christiana Hari. (2012). Seri Psikologi Perkembangan Anak Sejak Pembuahan Sampai dengan Kanak-kanak Akhir. Depok: Prenada Media Group

Syahrida, U, Wahyuningsih, S & Pudyaningtyas, A. R. (2020). . Meningkatkan Kemampuan Mengenal Lambang Bilangan Melalui Media Kartu Angka Bergambar (Pada Anak Kelompok A Raudhatul Athfal Masyithoh) Plumpung Cawas Klaten. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha. VOL. 8 NO. 3

Downloads

Published

2023-07-31

How to Cite

Azriyani Mutalib, Ma’rup, & Latief, F. (2023). Meningkatkan Kemampuan Mengenal Lambang Bilangan Melalui Media Pembelajaran Audio Visual pada Anak Usia 4-5 Tahun di TK Negeri Herlina Tikatukang Kecamatan Adonara Kabupaten Flores Timur: Improving the Ability to Recognize Number Symbols Through Audio Visual Learning Media for Children Aged 4-5 Years at Herlina Tikatukang State Kindergarten, Adonara District, East Flores Regency. Indonesian Journal of Early Childhood: Jurnal Dunia Anak Usia Dini, 5(2), 252–260. https://doi.org/10.35473/ijec.v5i1.2351

Issue

Section

Articles