Pengembangan APE Rare Hat untuk Meningkatkan Konsentrasi Belajar pada Anak Usia Dini

Development of Rare Hat APE to Increase Learning Concentration in Early Childhood

Authors

  • Ni Wayan Meta Orilia Santi Universitas Hindu Negeri I Gusti Bagus Sugriwa Denpasar
  • Putu Ayu Septiari Dewi Universitas Hindu Negeri I Gusti Bagus Sugriwa Denpasar
  • I Komang Suardika Universitas Hindu Negeri I Gusti Bagus Sugriwa Denpasar

DOI:

https://doi.org/10.35473/ijec.v5i1.2374

Keywords:

APE Rare Hat, Konsentrasi Belajar, Anak Usia Dini

Abstract

A PAUD teacher is required to have competence in creativity and innovation in addition to other basic early childhood competencies. Creativity and innovation will move teachers to be able to develop educational game tools (APE) as early childhood learning media. APE Rare Hat is a game tool in the form of a hat which is innovated in such a way as a learning medium. This research aims to develop APE Rare Hat which can be used by children in the learning process. This study used development research methods with the ADDIE model approach including the stages: analysis, design, development, implementation, evaluation. Sources of data on teachers and principals of the State Kindergarten in Jumpai Village, Klungkung. Data collection techniques were carried out by observation and interviews. The research material was analyzed descriptively qualitatively using the theory of child development. The results of the research show that at the stage; analysis found analysis of needs, curriculum and characteristics of children. The design stage is carried out by making a design, the APE development stage is made concretely, the implementation stage gets input from the validator to evaluate material that is not in accordance with the child's age stages. Validation was carried out by 2 learning material experts and 5 learning media experts. The data obtained were analyzed by descriptive qualitative and quantitative analysis using the Aiken's V content validity coefficient technique. From the results of the material expert's assessment using Aiken's V content validity coefficient, a calculated value of 1 (0.99) was obtained. Based on media expert data calculations using Aiken's V content validity coefficient, a value of 0.86 was obtained so that Rare Hat media was declared valid. Based on the results of the study, it can be concluded that Rare Hat media is very suitable for the development of children's ages and is suitable for use as a medium in the learning process in kindergarten.

 

ABSTRAK 

Seorang guru PAUD dituntut untuk memiliki kompetensi dalam kreativitas dan inovasi selain kompetensi dasar kepaudan lainnya. Kreativitas dan inovasi akan menggerakkan guru untuk dapat mengembangkan alat permainan edukasi (APE) sebagai media belajar PAUD. APE Rare Hat adalah alat permainan berupa topi yang diinovasi sedemkian rupa sebagai media pembelajaran.Penelitian ini bertujuan untuk melakukan pengembangan APE Rare Hat yang bisa diaplikasikan oleh anak pada saat kegiatan pembelajaran. Penelitian ini menggunakan metode penelitian pengembangan dengan pendekatan model ADDIE meliputi tahapan : analisis, perancangan, pengembangan, implementasi, evaluasi. Sumber data guru dan kepala sekolah TK Negeri Desa Jumpai Klungkung. Teknik  pengambilan data dilakukan dengan observasi dan wawancara. Bahan penelitian dianalisis secara deskriptif kualitatif dengan menggunakan teori perkembangan anak. Hasil penelitian menunjukan bahwa pada langkah; analisis ditemukan analisis kebutuhan, kurikulum dan karakteristik anak. Tahap perancangan dilakukan dengan pembuatan desain, tahap pengembangan APE dibuat secara nyata, tahap implementasi mendapat masukan dari validator untuk melakukan evaluasi materi yang belum sesuai dengan tahapan usia anak. Validasi dilakukan oleh 2 orang ahli materi pembelajaran dan 5 orang ahli media pembelajaran. Data yang diperoleh dianalisis secara deskriptif kualitatif dan analisis kuantitatif menggunakan teknik koefisien validitas isi Aiken’s V. Dari hasil penilaian ahli materi menggunakan koefisien validitas isi Aiken’s V diperoleh nilai perhitunga sebesar 1(0,99). Berdasarkan perhitungn data ahli media menggunakan koefisien validitas isi Aiken’s V diperoleh nilai sebesar 0,86 sehingga media Rare Hat dinyatakan valid. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa media Rare Hat sangat sesuai dengan perkembangan usia anak  dan layak digunakan sebagai media dalam proses pembelajaran di TK.

References

Agustia, Erine. 2023. “Merancang Alat Permainan Edukatif (Ape) Bagi Anak Usia Dini.” Jurnal Egileaner 1(1): 1–9.

Andi Harpeni Dewantara1, Amir B.2, Harnida3 e-mail: 2020. “Kreativitas Guru Dalam Memanfaatkan Media Berbasis It Ditinjau Dari Gaya Belajar Siswa.” Al-Gurfah : Journal of Primary Education 1(1): 15–28.

Bashooir, Khoitul, and Supabar. 2018. “Validitas Dan Reliabilitas Instrumen Asesmen Kinerja Literasi Sains Pelajaran Fisika Berbasis STEM.” Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan 22(2): 168–81.

Deshpande, Sudheer. 2013. “Kemampuan Mengenal Warna Pada Anak Usia 4-5 Tahun Di Tk Segugus III Kecamatan Panjatan Kabupaten Kulon Progo.” Journal of the American Chemical Society 123(10): 2176–81. https://shodhganga.inflibnet.ac.in/jspui/handle/10603/7385.

Dewi, Arum Kartika. 2019. “Penggunaan Media Gambar Dalam Meningkatkan Keterampilan Bahasa Anak Di Paud Aisyiyah Bustanul Athfal Ii Palu Barat.” Progress in Retinal and Eye Research 561(3): S2–3.

Febiola, Komang Ayu. 2020. “Peningkatan Kemampuan Berhitung Permulaan Anak Usia Dini Melalui Pengembangan Media Pembelajaran Pohon Angka.” Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru 3(2): 238.

Hapidin, Yuli Pujianti, dan Wahyuni Nadar. 2016. “Asesmen Anak Usia Dini ( Multi Pendekatan Dan Metode ).” Jurnal Penelitian dan Penilaian Pendidikan (November): 1–257.

Hendryadi. 2017. “Validitas Isi: Tahap Awal Pengembangan Kuesioner.” Jurnal Riset Manajemen dan Bisnis (JRMB) Fakultas Ekonomi UNIAT 2(2): 169–78.

Hijriati, Hijriati. 2017. “Peranan Dan Manfaat Ape Untuk Mendukung Kreativitas Anak Usia Dini.” Bunayya : Jurnal Pendidikan Anak 3(2): 59.

Ifina Trimuliana. 2018. Buku Kerangka Dasar Dan Struktur Kurikulum 2013 Pendidikan Anak Usia Dini.

Julianingsih, Denok, and Indri Dwi Isnaini. 2022. “Sosialisasi Belajar Calistung Pada Anak Usia Dini Bersama Orang Tua Hebat.” Bima Abdi: Jurnal Pengabdian Masyarakat 2(1): 1–16.

Komang Ayu, Ni, and I B Surya Manuaba. 2021. “Media Pembelajaran Zoolfabeth Menggunakan Multimedia Interaktif Untuk Perkembangan Kognitif Anak Usia Dini.” Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha 9(2): 194–201. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPAUD/index.

Kurniawati, Tri, Wahono, and Naili Sa’ida. 2017. “Pola Konsumsi Buah Dan Sayur Pada Anak USia Dini Sebagai Usaha Penanggulangan Penyakit Kanker.” PEDAGOGI: Jurnal Anak Usia Dini dan Pendidikan Anak Usia Dini 3(3c): 221–26.

Lestari, NGAMY. 2021. “Upaya Meningkatkan Pemahaman Nilai Agama Pada Anak Usia Dini Melalui Media Pembelajaran Ular Tangga ‘Widya Suputra’ Berbasis Tri Hita Karana.” Jurnal Edutech Undiksha 8(1): 23–30. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JEU/article/view/32629.

Lestiawati, I Made, I Gusti Lanang Agung Wiranata, and Ayu Tri Astuti. 2023. “Pengembangan Permainan ‘Magic Box Kolaboratif’ Berbasis Konsep Tri Hita Karana.” Potensia, Jurnal Ilmiah. 2023. “Accepted: January 25.” 8(1): 35–48. 8(1): 35–48.

Marlisa, Lusi. 2018. “Tuntutan Calistung Pada Anak Usia Dini.” Golden Age: Jurnal Ilmiah Tumbuh Kembang Anak Usia Dini 1(3): 25–38.

Melinda Puspita Sari Jaya, Viana, and Syarwani Ahmad. 2022. “Prinsip-Prinsip Montessori Dalam Pembelajaran Anak Usia Dini Di Ra Shazia Palembang.” DIAJAR: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran 1(3): 356–70.

Rahmi, Putri, Reka Dersa, and Jamaliah Hasballah. 2022. “Pengembangan APE Rolling Box Berbasis Permainan Tebak Gambar Terhadap Kemampuan Bahasa Anak.” EUNOIA (Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia) 2(1): 1.

Rupnidah, R, and Dadan Suryana. 2022. “Media Pembelajaran Anak Usia Dini.” 6(1): 49–58.

Tatminingsih, Sri. 2016. “Hakikat Anak Usia Dini.” Perkembangan dan Konsep Dasar Pengembangan Anak Usia Dini 1: 1–65.

Vinet, Luc, and Alexei Zhedanov. 2011. “A ‘missing’ Family of Classical Orthogonal Polynomials.” Journal of Physics A: Mathematical and Theoretical 44(8): 1–8. http://journals.sagepub.com/doi/10.1177/1120700020921110%0Ahttps://doi.org/10.1016/j.reuma.2018.06.001%0Ahttps://doi.org/10.1016/j.arth.2018.03.044%0Ahttps://reader.elsevier.com/reader/sd/pii/S1063458420300078?token=C039B8B13922A2079230DC9AF11A333E295FCD8.

Widodo, Prasetyo Budi, Diana Rusmawati, Endah Mujiasih, and Adi Dinardinata. 2022. “Validitas Isi Skala Integritas Akademik Dosen.” Jurnal Empati 11(1999): 72–79.

Wigati, Mukti, and Novan Ardy Wiyani. 2020. “Kreativitas Guru Dalam Membuat Alat Permainan Edukatif Dari Barang Bekas.” As-Sibyan: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 5(1): 43.

Wulandari, Amelia Putri et al. 2023. “Pentingnya Media Pembelajaran Dalam Proses Belajar Mengajar.” Journal on Education 5(2): 3928–36.

Downloads

Published

2023-07-31

How to Cite

Ni Wayan, M. O. S., Putu Ayu , S. D., & I Komang, S. (2023). Pengembangan APE Rare Hat untuk Meningkatkan Konsentrasi Belajar pada Anak Usia Dini: Development of Rare Hat APE to Increase Learning Concentration in Early Childhood. Indonesian Journal of Early Childhood: Jurnal Dunia Anak Usia Dini, 5(2), 283–295. https://doi.org/10.35473/ijec.v5i1.2374

Issue

Section

Articles