Tren Riset Pendidikan Kewirausahaan pada Anak Usia Dini Berdasarkan Data Scopus : Sebuah Analisis Bibliometrik

Early Childhood Entrepreneurship Research Trends Using Scopus Data: A Bibliometric Analysis

Authors

  • Dahrul Safitri UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta
  • Erni Munastiwi UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.35473/ijec.v5i1.2378

Keywords:

Bibliometrik, anak usia dini, kewirausahaan, pendidikan

Abstract

Meskipun kesenjangan keilmuan dalam pengetahuan dan kajian mengenai kewirausahaan dalam pendidikan, namun pendidikan kewirausahaan anak usia dini memiliki peran yang signifikan dalam membentuk karakter dan jiwa kewirausahaan sejak dini. Sehingga, penelitian ini bertujuan untuk memberikan gambaran umum dan menganalisis perkembangan penelitian terkait. Metadata yang digunakan dalam penelitian ini bersumber dari Scopus. Penelitian ini merupakan analisis bibliometrik menggunakan software R package. Penelitian ini dilaksanakan pada 3 Juni 2023. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam dua puluh tahun terakhir (2001-2023) kajian mengenai pendidikan kewirausahaan mengalami fluktuasi, tahun dengan puncak publikasi artikel pada tahun 2018. Topik yang masih memiliki peluang banyak untuk dibahas adalah students dan creativity. Penelitian ini memberikan kontribusi untuk pendidikan kewirausahaan anak usia dini dengan merangkum dan mengevaluasi temuan penelitian terbaru. Kajian ini memberikan informasi tentang variasi publikasi artikel pendidikan kewirausahaan selama dua puluh tahun terakhir (2001-2023), dengan tahun 2018 menjadi tahun dengan puncak publikasi. Menggunakan metode analisis bibliometrik melalui perangkat lunak paket R dan menggunakan data dari Scopus. Selain itu, penelitian ini menunjukkan dua bidang yang masih memiliki ruang untuk penyelidikan yakni student dan creativity. Untuk memperluas dan memajukan pemahaman kita tentang pendidikan kewirausahaan anak usia dini, penelitian ini menawarkan wawasan penting.

Early childhood entrepreneurship education has a key role in forming the character and spirit of entrepreneurship from a young age, despite the scientific gaps in knowledge and studies on entrepreneurship in education. In order to provide an overview and examine connected research advancements, this study will do both. The Scopus database provided the metadata for this study. A bibliometric analysis was conducted for this study using the R package. The investigation was carried out on June 3, 2023. The findings indicate that studies on entrepreneurship education have changed throughout the past 20 years (2001-2023), with 2018 marking the year with the highest rate of article publication. Students and creativity are subjects that still offer several opportunity for discussion. This paper, which summarizes and assesses previous research findings, contributes to the early childhood entrepreneurship education field. This analysis details the fluctuation in entrepreneurship education article publication over the previous 20 years (2001-2023), with 2018 being the year with the highest level of publication. Employing data from Scopus and the bibliometric analysis technique through the R package. This study also identifies two topics for further research, namely students and creativity. This research provides significant insights to widen and deepen our understanding of early childhood entrepreneurship education.

References

Aprilianti, R., Saraswati, G., & Azis, W. A. (2021). Desain Aplikasi Efkids untuk Menstimulasi Sikap Kewirausahaan pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(1), 97–108. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i1.834

Busro, B., Mailana, A., & Sarifudin, A. (2021). Pendidikan Islam dalam Publikasi Internasional: Analisis Bibliometrik pada Database Scopus. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 10(01), 413–426. http://jurnal.staialhidayahbogor.ac.id/index.php/ei/article/view/1591/800

Herdianto, R., Windyaningrum, N., Masruroh, B., & Setiawan, M. A. (2021). Filsafat pendidikan dan perkembangannya: kajian bibliometrik berdasarkan database Scopus [Philosophy of education and its development: bibliometric studies based on scopus database]. Belantika Pendidikan, 4(1), 44–56. https://doi.org/https://doi.org/10.47213/bp.v4i2.101

Indah Sari, Y., & Munastiwi, E. (2022). Pembelajaran kewirausahaan sejak usia dini dalam lingkungan keluarga. Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak Usia Dini, 10(2), 100–105. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.29406/jepaud.v10i2.3533

Kusumawati, E. (2023). Kepemimpinan Digital dalam Sebuah Analisis Bibliometrik Pendidikan : 4(2), 252–260. https://doi.org/10.51454/jet.v4i2.254

Lismawati, Salmiati, Jalil, N., & Nuringsih. (2022). Pengenalan Karakter Kewirausahaan pada Anak Usia dini di TK Melati Karondongan Majene. Al-Athfal, 5(1), 1–23. http://jurnal.umpar.ac.id/index.php/athfal/article/view/2203

Lobler, H. (2006). Learning entrepreneurship from a constructivist perspective. Technology Analysis & Strategic Management, 18(1), 19–38. https://doi.org/https://doi.org/10.1080/09537320500520460

Machmud, W. S., Nurbayani, E., & Ramadhan, S. (2023). Analisis Bibliometrik Kemampuan Berpikir Kritis Menggunakan R Package. Jurnal Pendidikan Unsika, 11(1). https://doi.org/10.35706/judika.v11i1.8582

Mashita, W., Diana, P., & Miftachul, M. (2022). Peran Menanamkan Nilai Kewirausahaan Pada Anak Usia Dini Dalam Menghadapi Revolusi Industri 4.0. Jurnal BISECER : Bussiness Economic Entrepreneurship, V(2), 14–22. https://ejournal.undaris.ac.id/index.php/biceser/article/view/347/248

Nugrahani, R., Munastiwi, E., & Suhendro, E. (2021). Strategi Pengembangan Nilai-Nilai Entrepreneurship Pada Anak Usia Dini. Journal of Early Childhood Education (JECE), 2(2), 138–154. https://doi.org/10.15408/jece.v2i2.17390

Nurhafizah, N. (2018). Bimbingan Awal Kewirausahaan pada Anak Usia Dini. Jurnal Konseling Dan Pendidikan, 6(3), 205–210. https://doi.org/10.29210/127300

Putri, N. P. L. R., Yuliariatiningsih, M. S., & Kurniawan, D. T. (2022). Analisis Bibliometrik Trend Penelitian Pembelajaran Berbasis Teknologi Digital di Sekolah Dasar. Jurnal Pembelajaran, Bimbingan, Dan Pengelolaan Pendidikan, 2(12), 1127–1133. https://doi.org/10.17977/um065v2i122022p1127-1133

Rukmana, T., Munastiwi, E., Puspitaloka, V. A., Mustika, N., & Khoirunni’mah, K. (2023). Menanamkan Nilai-Nilai Kewirausahaan melalui Kegiatan Market Day. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(1), 416–426. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i1.2781

Travelancya, D. P. T., & ... (2022). Strategi Pembelajaran Interpreneurship Pada Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(6), 3247–3251. http://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jpdk/article/view/8711%0Ahttp://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jpdk/article/download/8711/6601

Trvelacya, T., Sa’diyah, H., Muslich, I. M., & Susanti, N. I. (2022). Mengembangkan Minat Kewirausahaan Pada Anak Usia Dini Melalui Media Pembelajaran Timbangan Tradisional. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(6), 1349–1358. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.10263

Wahyuni, A., & Suyadi. (2020). Best Practice Pendidikan Kewirausahaan Pada Anak Usia Dini di TK Khalifah Baciro Yogyakarta. Yaa Bunayya : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 15–22. https://jurnal.umj.ac.id/index.php/YaaBunayya/article/view/6682

Wulandari, S. (2023). Pengaruh Pendidikan Kewirausahaan Pada Anak Usia Dini melalui Berdagang Pada TK Nailul Maram Jember. Jurnal Education Research & Development, 7(1), 20–24. https://doi.org/https://doi.org/10.31537/ej.v7i1.971

Yusuf, I., Hartati, S., & Sumadi, T. (2021). Implementasi Pembelajaran Entrepreneurship di Taman Kanak-kanak. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(3), 1158–1168. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i3.1737

Downloads

Published

2023-07-31

How to Cite

safitri, dahrul, & Erni Munastiwi. (2023). Tren Riset Pendidikan Kewirausahaan pada Anak Usia Dini Berdasarkan Data Scopus : Sebuah Analisis Bibliometrik: Early Childhood Entrepreneurship Research Trends Using Scopus Data: A Bibliometric Analysis. Indonesian Journal of Early Childhood: Jurnal Dunia Anak Usia Dini, 5(2), 306–320. https://doi.org/10.35473/ijec.v5i1.2378

Issue

Section

Articles