Peran Manajemen Sarana dan Prasarana dalam Menstimulasi Kreativitas Anak Usia Dini

The Role of Facilities and Infrastructure Management in Stimulating Early Childhood Creativity

Authors

  • Solatiyah Asriyani UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta
  • Erni Munastiwi UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.35473/ijec.v5i1.2379

Keywords:

Manajemen Sarana Prasarana; Kreativitas; Anak Usia Dini

Abstract

Educational facilities and infrastructure are one indicator of the quality of an educational institution. However, in reality, many facilities and infrastructure are not properly managed and optimized. Therefore, it is necessary to understand and implement facilities and infrastructure management to help broaden insight into the role of facility and infrastructure management in optimizing the teaching and learning process and stimulating and optimizing aspects of development in students. This study aims to determine the role of management of PAUD facilities and infrastructure in stimulating children's creativity, which is an aspect that must be further developed in children. This study uses the SLR (Systematic Literature Review) method. This research collects data by documenting and reviewing articles that are relevant to this research. Then the researcher reviewed the 10 articles obtained from Google Scholar. The results of the discussion from this study are based on a literature review conducted where management of facilities and infrastructure is needed in learning activities, especially in stimulating early childhood creativity.

 

ABSTRAK 

Sarana dan prasarana pendidikan merupakan salah satu indikator mutu suatu lembaga pendidikan. Namun kenyataannya banyak sarana dan prasarana yang tidak dikelola dan dioptimalkan sebagaimana mestinya. Oleh sebab itu, perlunya pemahaman dan pengimplementasian mengenai manajemen sarana dan prasarana untuk membantu memperluas wawasan mengenai peran manajemen sarana dan prasarana dalam mengoptimalkan proses belajar mengajar dan menstimulasi serta mengoptimalkan aspek-aspek perkembangan pada peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran manajemen sarana dan prasarana PAUD dalam menstimulasi kreativitas anak yang merupakan aspek yang harus dikembangkan lebih lanjut pada anak. Penelitian ini menggunakan metode SLR (Systematic Literature Review). Penelitian ini mengumpulkan data dengan cara mendokumentasi dan mengulas kembali artikel yang relevan dengan penelitian ini. Kemudian peneliti mereview 10 artikel yang didapatkan dari Google Scholar. Adapun hasil pembahasan dari penelitian ini adalah berdasarkan kajian literatur yang dilakukan bahwa manajemen sarana dan prasarana sangat diperlukan dalam kegiatan pembelajaran terutama dalam menstimulus kreativitas anak usia dini

References

Afnita, J. A. U. (2021). Kunci-Kunci Dalam Pengembangan Kreativitas Anak Usia Dini. Raudhatul Athfal: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 5(1), 75–95. https://doi.org/10.19109/ra.v5i1.7084

Anggraeni, E. P., & Pamungkas, J. (2023). Sarana dan Prasarana Lembaga dalam Menciptakan Potensi Pengembangan Seni Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(1), 85–93. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i1.2864

Anggraini, E. S., & Batubara, L. (2021). Evaluasi Pemenuhan Standar Minimal Sarana Dan Prasarana Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Usia Dini, 7(1), 20. https://doi.org/10.24114/jud.v7i1.25785

Anissa Ariyanti Setiawan, Cuarni, Dini Ardianti, D. (2023). Pengembangan Kreativitas Melalui Pemanfaatan Barang Bekas Menjadi Media Edukasi Untuk Anak Usia Dini. Masaliq Jurnal Pendidikan Dan Sains, 3(1), 115–125. https://ejournal.yasin-alsys.org/index.php/masaliq

Ariati, C., & Juandi, D. (2022). Kemampuan Penalaran Matematis: Systematic Literature Review. LEMMA: Letters Of Mathematics Education, 8(2), 61–75.

Baiq Rohiyatun, L. N. (2021). Pengelolaan Sarana dan Prasarana di PAUD. Jurnal Visonary, 6(April), 1–5.

Binsa, U. H. (2021). Manajemen Sarana Prasarana Pendidikan Anak Usia Dini di TK Pelangi Anak Negeri Yogyakarta. Jurnal CARE, 8(2), 1–10.

Fauzi, M. I. F. (2020). Manajemen Sarana dan Prasarana Pendidikan. Jurnal Al-Rabwah, XIV(2), 90–115.

Kusyairi, U., Syam, A. F., Aslinda, A., Saleh, H., Yulianti, S., & Maswatillah, M. (2019). Pemanfaatan Sarana Dan Prasarana Dalam Proses Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini. NANAEKE: Indonesian Journal of Early Childhood Education, 2(2), 111. https://doi.org/10.24252/nananeke.v2i2.11593

Makmur Syukri, Fachruddin Azmi, Riswan Berutu, M. R. A.-F. (2023). Manajemen Sarana Prasarana dalam Mencapai Tujuan Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 9(6), 1–7.

Marie, H., Aini, N., Islam, U., Sunan, N., Yogjakarta, K., Sleman, K., Islam, U., Sunan, N., Yogjakarta, K., & Sleman, K. (2021). Analisis Manajemen Sarana Praarana Efektif Meningkatkan Kreativitas Anak. Jurnal Tunas Siliwangi, 7(1), 14–23.

Mufidah, L., & Sari, P. (2023). Manajemen Sarana dan Prasarana untuk Mendukung Perkembangan Fisik Motorik Anak Usia Dini. 01(19).

Munastiwi, R. I. dan E. (2022). PERAN MANAJEMEN SARANA DAN PRASARANA DALAM MENINGKATKAN MUTU BELAJAR ANAK USIA DINI. Proceedings of The 6th Annual Conference on Islamic Early Childhood Education, 6, 29–34. http://conference.uin-suka.ac.id/index.php/aciece

PERATURAN MENTERI PENDIDIKAN, KEBUDAYAAN, RISET, D. T. R. I. N. 22 T. 2023. (2023). STANDAR SARANA DAN PRASARANA PADA PENDIDIKAN ANAK USIA DINI, JENJANG PENDIDIKAN DASAR, DAN JENJANG PENDIDIKAN MENENGAH.

Putra, A., & Afrilia, K. (2020). Systematic Literature Review : Penggunaan Kahoot Pada Pembelajaran Matematika. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika Al Qalasadi, 4(2), 110–122. https://doi.org/10.32505/qalasadi.v4i2.2127

Sartika, & Erni Munastiwi. (2019). Peran Guru Dalam Mengembangkan Kreativitas Anak Usia Dini Di TK Islam Terpadu Salsabila Al-Muthi’in Yogyakarta. Golden Age: Jurnal Ilmiah Tumbuh Kembang Anak Usia Dini, 4(2), 35–50. https://doi.org/10.14421/jga.2019.42-04

Sutisna, N. W., & Effane, A. (2022). Fungsi Manajemen Sarana dan Prasarana. Jurnal Karimah Tauhid, 1(2), 227–233.

Syelitiar, F., & Putra, A. (2021). Systematic Literatur Review: Kemandirian Belajar Siswa Pada Pembelajaran Daring. Sepren, 2(2), 23–31. https://doi.org/10.36655/sepren.v2i2.490

Tambunan, A., & Manalu, E. (2021). Peran Ilmu Manajemen Sarana Dan Prasarana Dalam Upaya Meningkatkan Kreativitas Generasi Milenial. Jurnal Analisa Pemikiran Insaan Cendikia, 4(2), 18–28. https://doi.org/10.54583/apic.vol4.no2.61

Wahyuni, S. I. (2021). Manajemen Sarana Prasarana di RA Rahma El Yunusiyyah Padang Panjang. Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 1(1), 28–39. https://jurnal.stain-madina.ac.id/index.php/tila/article/view/432%0Ahttps://jurnal.stain-madina.ac.id/index.php/tila/article/download/432/444

Wilda, S., Putri, D., Marlisa, W., & Arifin, Z. (2023). Meningkatkan Kreativitas Anak Usia Dini melalui Teknik Ecoprint. PAUD Lectura: Journal of Early Childhood Education, 6(2), 82–91. https://doi.org/10.31849/paud-lectura.v

Downloads

Published

2023-07-31

How to Cite

Asriyani, S., & Munastiwi, E. (2023). Peran Manajemen Sarana dan Prasarana dalam Menstimulasi Kreativitas Anak Usia Dini: The Role of Facilities and Infrastructure Management in Stimulating Early Childhood Creativity. Indonesian Journal of Early Childhood: Jurnal Dunia Anak Usia Dini, 5(2), 321–327. https://doi.org/10.35473/ijec.v5i1.2379

Issue

Section

Articles