Analisis Kurikulum Merdeka Berbasis Pembelajaran Berdiferensiasi Jenjang Pendidikan Anak Usia Dini

Analysis of Independent Curriculum Based on Differentiated Learning Early Childhood Education Level

Authors

  • Muhammad Syaifuddin Zuhri Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda
  • Muhammad Nasir Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda

DOI:

https://doi.org/10.35473/ijec.v5i1.2384

Keywords:

Kurikulum merdeka, Pembelajaran berdiferensiasi, Pendidikan anak usia dini

Abstract

Early childhood education is an important foundation for a child's future. Early childhood education services need to pay attention to a curriculum that carries the concept of humanizing humans in order to fulfill all their psychological needs. This study aims to analyze the independent curriculum based on differentiated learning at the PAUD level. The method in this study uses a qualitative approach to the type of literature study research. Data collection in this study refers to secondary sources in the form of books or journal articles. The results of this study led to theoretical studies that could be used as educators and school principals in compiling curricula and designing learning in accordance with the natural nature of children. From this study it can be concluded that the independent curriculum based on differentiated learning provides opportunities for children to explore their abilities in the learning process. Students are more motivated in learning because assignments are adjusted based on the child's readiness through activities that interest and can be completed according to a learning style that suits students

ABSTRAK

Pendidikan anak usia dini merupakan pondasi yang penting bagi masa depan anak. Layanan pendidikan anak usia dini perlu memperhatikan kurikulum yang mengusung konsep memanusiakan manusia demi memenuhi seluruh kebutuhan psikologis anak. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kurikulum merdeka berbasis pembelajaran berdiferensiasi pada jenjang PAUD. Metode pada penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi literatur. Pengumpulan data pada penelitian ini mengacu pada sumber sekunder berupa buku ataupun artikel jurnal. Hasil penelitian ini memunculkan kajian teori yang dapat dijadikan pendidik dan kepala sekolah dalam menyusun kurikulum dan mendesain pembelajaran yang sesuai dengan kodrat alam anak. Penelitian ini dapat disimpulkan bahwa kurikulum merdeka berbasis pembelajaran berdiferensiasi memberikan kesempatan bagi anak untuk mengeksplorasi kemampuannya dalam proses belajar. Peserta didik lebih termotivasi dalam belajar karena pemberian tugas disesuaikan berdasarkan kesiapan anak melalui kegiatan yang menarik minat serta dapat diselesaikan sesuai dengan gaya belajar yang cocok dengan peserta didik

References

Ahla, Annisa, Dodiet Aditya Setyawan, and Arif Siswanto. 2022. “Hubungan Dukungan Keluarga dengan Kemampuan Bahasa Ekspresif Anak Usia Prasekolah di Raudhathul Athfal Bina Anaprasa Kota Banjarmasin Kalimantan Selatan.” 6.

Amka. 2021. Manajemen & Administrasi Sekolah. Sidoarjo: Nizamia Learning Center.

Asmawati, Luluk. 2017. Konsep Pembelajaran PAUD. Remaja Rosdakarya.

Ayu Sri Wahyuni, Ade. 2022. “Pendekatan Berdiferensiasi Dalam Pembelajaran IPA.” Jurnal Pendidikan MIPA, Vol. 12, No. 2, Juni 2022 Https://Ejournal.Tsb.Ac.Id/Index.Php/Jpm/Articl e/View/562.

Faiz, Aiman, Anis Pratama, and Imas Kurniawaty. 2022. “Pembelajaran Berdiferensiasi dalam Program Guru Penggerak pada Modul 2.1.” Jurnal Basicedu 6(2):2846–53. doi: 10.31004/basicedu.v6i2.2504.

Hasibuan, Rabitah Hanum, Arie Dwiningsih, and Aulia Annisa. 2023. “Pelatihan Penyusunan Kurikulum Operasional Satuan Pendidikan (KOSP ) Berbasis Kurikulum Merdeka Pada Guru Paud Se - Kota Medan.” 2(2).

Hayana, Ifroh, Nini Aryani, and Paijan Rambe. 2021. “Analisis Manajemen Sarana dan Prasarana Pada Pembelajaran.”

Herwina, Wiwin. 2021. “Optimalisasi Kebutuhan Murid Dan Hasil Belajar Dengan Pembelajaran Berdiferensiasi.” Perspektif Ilmu Pendidikan 35(2):175–82. doi: 10.21009/PIP.352.10.

Hijriati, Putri Rahmi. 2021. “Proses Belajar Anak Usia 0 Sampai 12 Tahun Berdasarkan Karakteristik Perkembangannya.” Bunayya : Jurnal Pendidikan Anak 7(1):152. doi: 10.22373/bunayya.v7i1.9295.

Luci Irawati, Lilis Suryani, Adolfiron Luji, and Yulyaty Mulyanto. 2023. “Tinjauan Kritis Model Pembelajaran Montessori Dalam Pengembangan Kemandirian Anak.” Indonesian Journal of Early Childhood: Jurnal Dunia Anak Usia Dini 5(1):213–22. doi: 10.35473/ijec.v5i1.2099.

Marlina, Marlina. 2020. “MODEL ASESMEN PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI.” Universitas Negeri Padang.

Ngaisah, Nur Cahyati, and Reza Aulia. 2022. “Perkembangan Pembelajaran Berdiferensiasi Dalam Kurikulum Merdeka Pada Pendidikan Anak Usia Dini.”

Ningrum, Mardhiyati, Maghfiroh, and Rima Andriani. 2023. “Kurikulum Merdeka Belajar Berbasis Pembelajaran Berdiferensiasi di Madrasah Ibtidaiyah.” eL Bidayah: Journal of Islamic Elementary Education 5(1):85–100. doi: 10.33367/jiee.v5i1.3513.

Pramudyani, Avanti Vera Risti, Prima Suci Rohmadheny, and Sodiq Aziz Kuntoro. 2021. “Pembelajaran humanistik Maslow dan Rogers: Implikasi SN DIKTI selama Pandemic Covid-19.” Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 5(2):2037–49. doi: 10.31004/obsesi.v5i2.1117.

Rajiman, Rajiman. 2016. “Increasing Student’s Social Skill Through Playing Method.” JPUD - Jurnal Pendidikan Usia Dini 10(2):215–326. doi: 10.21009/JPUD.102.07.

Sarnoto, Ahmad Zain. 2017. “Aspek Kemanusiaan Dalam Pembelajaran Humanistik Pada Anak Usia Dini.” 6(1).

Syarifuddin, Syarifuddin, and Nurmi Nurmi. 2022. “Pembelajaran Berdiferensiasi dalam Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IX Semester Genap SMP Negeri 1 Wera Tahun Pelajaran 2021/2022.” JagoMIPA: Jurnal Pendidikan Matematika dan IPA 2(2):35–44. doi: 10.53299/jagomipa.v2i2.184.

Wijaya, Sastra, Mohammad Syarif Sumantri, and Nina Nurhasanah. 2022. “Implementasi Merdeka Belajar Melalui Strategi Pembelajaran Terdiferensiasi Di Sekolah Dasar.” Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang.

Zuhri, Muhammad Syaifuddin. 2023. “Penerapan Permainan Team Building Untuk Meningkatkan Kerjasama Kelompok B1 Di Tk Nasional Kps Balikpapan.” 2.

Zulfitria, Zulfitria, and Rahmatunnisa Sriyanti M. K. 2021. “Penggunaan Metode Bercerita Dalam Pengembangan Kemampuan Kognitif Pada Anak Usia Dini.” Yaa Bunayya: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 53–60.

Downloads

Published

2023-07-31

How to Cite

Muhammad Syaifuddin Zuhri, & Muhammad Nasir. (2023). Analisis Kurikulum Merdeka Berbasis Pembelajaran Berdiferensiasi Jenjang Pendidikan Anak Usia Dini: Analysis of Independent Curriculum Based on Differentiated Learning Early Childhood Education Level. Indonesian Journal of Early Childhood: Jurnal Dunia Anak Usia Dini, 5(2), 328–334. https://doi.org/10.35473/ijec.v5i1.2384

Issue

Section

Articles