Pengaruh Penggunaan Alat Permainan Edukatif (Ape) Bianglala Terhadap Kemampuan Mengenal Lambang Bilangan pada Anak Kelompok A di TK Mekar Sari Surabaya

The Effect of Using Educational Game Tools (Ape) Ferris Wheel On The Ability To Recognize Number Symbols In Group A Children At Mekar Sari Kindergarten In Surabaya.

Authors

  • Andhini Mayang Sari Universitas Negeri Surabaya
  • Melia Dwi Universitas Negeri Surabaya
  • Widayanti Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.35473/ijec.v5i1.2385

Keywords:

Educational Game Tools (APE), Ability to recognize number symbols

Abstract

This study aims to prove the effect of the use of Educational Game Tools (APE) Bianglala on the ability to recognize number symbols in group A children. The subjects in this study were group A TK Mekar Sari Surabaya, with a total of 41 children divided into 2 classes, class A1 with 20 children and class A2 with 21 children. This study uses a quantitative approach with the type of Quasi-experimental design. The data analysis technique uses the Mann Whitney U- Test formula to determine the results of the research obtained, namely U count < U table, 33 < 134, Ha is accepted, namely the influence of the use of Educational Game Tools (APE) Ferris wheel on group A children at Mekar Sari Surabaya Kindergarten. So it can be concluded that there is a significant effect of the use of Educational Game Tools (APE) Bianglala on the ability to recognize the symbol of numbers in group A at Mekar Sari Surabaya Kindergarten

 

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan dari pengaruh penggunaan Alat Permainan Edukatif (APE) bianglala terhadap kemampuan mengenal lambang bilangan pada anak kelompok A. Subyek dalam penelitian ini yaitu kelompok A di TK Mekar Sari Surabaya, dengan jumlah yaitu 41 anak yang terbagi menjadi 2 kelas, kelas A1 dengan jumlah 20 anak dan kelas A2 dengan jumlah 21 anak. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis Quasi- experimental design. Teknik analisis data menggunakan rumus Mann Whitney U-Test untuk mengetahui hasil penelitian yang diperoleh yaitu U hitung < U tabel yakni 33 < 134, Ha  diterima yaitu adanya pengaruh dari penggunaan Alat Permainan Edukatif (APE) bianglala pada anak kelompok A di TK Mekar Sari Surabaya. Sehingga dapat disimpulkan bahwa adanya pengaruh yang signifikan dari penggunaan Alat Permainan Edukatif (APE) bianglala terhadap kemampuan mengenal lambang bilangan pada kelompok A di TK Mekar Sari Surabaya.

References

AB Susanto. (2014). Manajemen Strategik komprehensib. Erlangga

Affandi, M. (2006). Seni Menggambar dan Kerajinan Tangan. PGTKI Press Yogyakarta.

Afiyah, N., & Usman, J. (2021). Pengembangan Nilai Agama dan Moral Anak Melalui Manasik Haji. Jurnal Pendidikan, Pengasuhan, Kesehatan, Dan Gizi Anak Usia Dini (JP2KG AUD), 2(2), 83–96.

B.E.F. Montolalu, D. (2014). BERMAIN DAN PERMAINAN. Universitas Terbuka.

Chayanti, D. F. N., & Setyowati, S. (2022). Kelompok B. JP2KG AUD (Jurnal Pendidikan, Pengasuhan, Kesehatan Dan Gizi Anak Usia Dini), 3(1), 1–18. https://doi.org/10.26740/jp2kgaud.v3n1.1-18

Jarvis, M. (2000). Theoretical approaches in psychology. Psychology Press.

Jean piaget. (2002). Tingkat Perkembangan Kognitif. Gramedia.

Setyowati, E., & Ningrum, M. A. (2020). Urgensi Pendidikan Karakter Dan Nasionalisme Bagi Anak Usia Dini. JP2KG AUD (Jurnal Pendidikan, Pengasuhan, Kesehatan Dan Gizi Anak Usia Dini), 1(2), 97–106. https://doi.org/10.26740/jp2kgaud.2020.1.2.97-106

Sharani, S., Iriyanto, T., & Anisa, N. (2021). Perkembangan perilaku prososial anak usia 4-5 tahun di tk mardi putra 01 kota batu. Jurnal Pendidikan, Pengasuhan, Kesehatan, Dan Gizi Anak Usia Dini (JP2KG AUD), 2(1), 19–30.

Susanto, N. (2017). Hakikat Dan Signifikansi Permainan. Jendela Olahraga, 2(1), 99–104. https://doi.org/10.26877/jo.v2i1.1287

Widayanti, M., Komalasari, D., & Fitri, R. (2023). Pelatihan Penyusunan Kegiatan Pembelajaran Berbasis Literasi Sebagai Implementasi Kurikulum Merdeka Pada Guru Paud Di Kecamatan Prigen. Transformasi Dan Inovasi : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(1), 14–18. https://doi.org/10.26740/jpm.v3n1.p14-18

Downloads

Published

2023-07-31

How to Cite

Sari, A. M., Sari, A. M., & Widayanti. (2023). Pengaruh Penggunaan Alat Permainan Edukatif (Ape) Bianglala Terhadap Kemampuan Mengenal Lambang Bilangan pada Anak Kelompok A di TK Mekar Sari Surabaya: The Effect of Using Educational Game Tools (Ape) Ferris Wheel On The Ability To Recognize Number Symbols In Group A Children At Mekar Sari Kindergarten In Surabaya. Indonesian Journal of Early Childhood: Jurnal Dunia Anak Usia Dini, 5(2), 382–388. https://doi.org/10.35473/ijec.v5i1.2385

Issue

Section

Articles