Pengaruh Media Colour Corrugated Paper (Kokoru) Terhadap Kemampuan Motorik Halus Anak di TK Mekar Sari Surabaya

The Influence Of Colour Corrugated Paper (Kokoru) Media On Children’s Fine Motor Skills at Mekar Sari Kindergarten in Surabaya

Authors

  • Regina Levi Bongyuvi Universitas Negeri Surabaya
  • Melia Dwi Widayanti Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.35473/ijec.v5i1.2390

Keywords:

Fine motor skills ; Media color corrugated paper (kokoru)

Abstract

Fine motor skills are the ability to control fine and coordinated movements of the hands and fingers. Fine motor skills are one of the important abilities for children. Thus, if the child's fine motor skills are developed, it can support his daily life. Activities that can develop children's fine motor skills, such as cutting, rolling, sticking using color corrugated paper (kokoru) media. In this study, researchers wanted to prove the effect of color corrugated paper (kokoru) media on children's fine motor skills at Mekar Sari Surabaya Kindergarten. In this study using Quasi Experimental Design design. The design uses 2 groups, namely the experimental class that is given treatment and the control class that is not given treatment. The results of the study prove that color corrugated paper (kokoru) media has an effect on the experimental class group that gets treatment. This can be seen from the improvement of children's fine motor skills in cutting according to patterns, rolling consistently, and using enough glue and sticking well. The analysis technique obtained, namely Uhitung < Utabel 42.5 < 106, therefore HO is rejected, namely the absence of the influence of color corrugated paper (kokoru) media on children's fine motor skills at Mekar Sari Surabaya Kindergarten and Ha is accepted, namely the influence of color corrugated paper (kokoru) media on children's fine motor skills at Mekar Sari Surabaya Kindergarten.

 

ABSTRAK 

Kemampuan motorik halus adalah kemampuan untuk mengendalikan gerakan halus dan terkoordinasi pada tangan dan jari-jemari. Kemampuan motorik halus merupakan salah satu kemampuan yang penting bagi anak. Dengan demikian apabila kemampuan motorik halus anak berkembang maka dapat menunjang kehidupan sehari – harinya. Kegiatan yang dapat mengembangkan kemampuan motorik halus anak, seperti menggunting, menggulung, menempel dengan menggunakan media colour corrugated paper ( kokoru ). Dalam penelitian ini peneliti ingin membuktikan adanya pengaruh media colour corrugated paper ( kokoru ) terhadap kemampuan motorik halus anak di TK Mekar Sari Surabaya. Dalam penelitian ini menggunakan desain Quasi Experimental Design. Desain menggunakan 2 kelompok, yaitu kelas eksperimen yang diberikan perlakuan dan kelas kontrol yang tidak diberikan perlakuan. Hasil penelitian membuktikan bahwa media colour corrugated paper ( kokoru ) ini berpengaruh terhadap kelompok kelas eksperimen yang mendapatkan perlakuan. Hal ini dapat dilihat dari peningkatan kemampuan motorik halus anak dalam kegiatan menggunting sesuai pola, menggulung secara konsisten, dan menggunakan lem secukupnya serta menempel dengan baik. Teknik analisis yang diperoleh, yaitu Uhitung < Utabel 42,5 < 106 , maka dari itu HO ditolak yakni tidak adanya pengaruh media colour corrugated paper ( kokoru ) terhadap kemampuan motorik halus anak di TK Mekar Sari Surabaya dan Ha diterima yaitu adanya pengaruh media colour corrugated paper ( kokoru ) terhadap kemampuan motorik halus anak di TK Mekar Sari Surabaya.

References

Afiyah, N., & Usman, J. (2021). Pengembangan nilai agama dan moral anak melalui kegiatan manasik haji. Jurnal Pendidikan, Pengasuhan, Kesehatan, Dan Gizi Anak Usia Dini(JP2KG AUD), 2(2), 83–96.

Anandita, M. P., & Maulidiyah, E. C. (2021). Kesiapan Guru Dalam Melaksanakan Pembelajaran Daring Pada Kemampuan Motorik Kasar Anak Usia Dini Tahun 2021. Jurnal Golden Age, 5(01), 205–220. http://e-journal.hamzanwadi.ac.id/index.php/jga/article/view/3574/1991%0Ahttp://e-journal.hamzanwadi.ac.id/index.php/jga/article/view/3574

Andini, Y. T., Syamsudin, M. A., & Ulansari, F. (2022). Pengaruh Permainan Lompat Tali terhadap Perkembangan Motorik Kasar Anak Usia Dini. JP2KG AUD(Jurnal Pendidikan, Pengasuhan, Kesehatan Dan Gizi Anak Usia Dini), 3(2), 97–108.

Arikunto, S. (2014). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. PT.Rineka Cipta.

Ashandi, D. A., Pramono, & Astuti, W. (2021). Analisis kegiatan stimulasi keseimbangan tubuh anak usia 3-4 tahun di rw 02 kelurahan lesanpuro malang. Jurnal Pendidikan, Pengasuhan, Kesehatan, Dan Gizi Anak Usia Dini(JP2KG AUD), 2(1), 9–18.

B.Hurlock, E. (1997). Perkembangan Anak (1st ed.). Erlangga.

Chapnick, A. (2008). The golden age. International Journal, 64(1), 205–221. https://doi.org/10.1177/002070200906400118

Chayanti, D. F. N., & Setyowati, S. (2022). Pengaruh 5 Teknik Finger Painting Terhadap Kemampuan Motorik Halus Pada Anak Kelompok B. JP2KG AUD (Jurnal Pendidikan, Pengasuhan, Kesehatan Dan Gizi Anak Usia Dini), 3(1), 1–18. https://doi.org/10.26740/jp2kgaud.v3n1.1-18

Fatmawati, F. A. (2020). Pengembangan Fisik Motorik Anak Usia Dini (1st ed.). Caremedia Communication.

Granziera, E., & Solomon, S. A. (2018). The World Health Organization. Conceptual and Contextual Perspectives on the Modern Law of Treaties, 881–906. https://doi.org/10.1017/9781316179031.029

Hasibuan, R., Pratiwi, A. P., Reza, M., & Widayanti, M. D. (2022). Development of Local Wisdom-Based " Sandal Wayang " Game Tools to Improve Physical Motor Ability of Children with Special Needs in Early Childhood Education Inclusion. 1(2), 145–160.

Ibrahim, M., Muluaningsih S Tjandrakirana, M. N., & Kasdi. (2010). Dasar-Dasar Proses Mengajar. Unesa University Press.

Istiqomah, L., & Khotimah, N. (2017). Pengaruh Kegiatan Mozaik Terhadap Kemampuan Keterampilan Motorik Halus Pada Anak Kelompok B Di TK Aisyiyah Bustanul Athfal 3 Surabaya. PAUD Teratai. https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/paud-teratai/article/view/20065

Nimah, F. (2020). Pengembangan Buku Panduan Membatik Terhadap Kemampuan Fisik Motorik Halus Anak Usia 5-6 Tahun. JP2KG AUD (Jurnal Pendidikan, Pengasuhan, Kesehatan Dan Gizi Anak Usia Dini), 1(2), 123–146. https://doi.org/10.26740/jp2kgaud.2020.1.2.123-146

Ningsih, S., & Virdyna, N. K. (2021). Implementasi permainan tradisonal senapan bambu untuk kemampuan sosial anak usia dini. 2(2), 57–70.

Owens, A. (2008). Supporting Childern’s Development. National Childcare Accreditation Council (NCAC).

Pratiwi, M. P., & Maulidiyah, E. C. (2022). Pengembangan Buku Panduan Permainan Bola Basket Terhadap Kemampuan Motorik Kasar Anak Usia 5-6 Tahun. 4(2).

Rahmawati, I., & Khotimah, N. (2013). Meningkatkan Motorik Halus Anak Dengan Melipat Kertas Sederhana Kelompok B TK Pertiwi I Balongbesuk Kecamatan Diwek Kabupaten Jombang.

Reza, M., Widayanti, M. D., & Komalasari, D. (2022). Pengembangan Buku Panduan Kegiatan Pembelajaraan Perilaku Hidup Bersih DDan Sehat Untuk Guru Taman Kanak-Kanak. 11, 136–147.

Saharani, S., Iriyanto, T., & Anisa, N. (2021). Perkembangan perilaku prososial anak usia 4-5 tahun di tk mardi putra 01 kota batu. Jurnal Pendidikan, Pengasuhan, Kesehatan, Dan Gizi Anak Usia Dini (JP2KG AUD), 19–30.

Sam, F. K., Pramono, & Astuti, W. (2021). Penerapan Permainan Engklek Fruit sebagai Stimulasi Kemampuan Motorik Kasar Anak Usia Dini. JP2KG AUD(Jurnal Pendidikan, Pengasuhan, Kesehatan, Dan Gizi Anak Usia Dini), 2(1), 1–8.

Sundayana, R., & Komariah, I. (2016). Media dan Alat Peraga Dalam Pembelajaran Matematika, untuk guru, calon guru, orang tua dan para pecinta matematika (3rd ed.).

Susanto, A. (2011). Perkembangan Anak Usia Dini. KENCANA PRENADA MEDIA GROUP.

Widayanti, M. D. (2016). Peningkatan Kemampuan Seriasi Ukuran melalui Penggunaan Media Benda Konkret pada Kelompok A. Jurnal Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 219–228. https://journal.student.uny.ac.id/index.php/pgpaud/article/view/1218

Widayanti, M. D. (2020). Pengembangan Buku Panduan Pembelajaran Metode Proyek untuk Guru TK.

Yuliana, E. (2013). Fun With Kokoru (Rinawati (ed.); 1st ed.). Tiara Aksa.

Downloads

Published

2023-07-31

How to Cite

Bongyuvi, R. L., & Melia Dwi Widayanti. (2023). Pengaruh Media Colour Corrugated Paper (Kokoru) Terhadap Kemampuan Motorik Halus Anak di TK Mekar Sari Surabaya: The Influence Of Colour Corrugated Paper (Kokoru) Media On Children’s Fine Motor Skills at Mekar Sari Kindergarten in Surabaya. Indonesian Journal of Early Childhood: Jurnal Dunia Anak Usia Dini, 5(2), 389–397. https://doi.org/10.35473/ijec.v5i1.2390

Issue

Section

Articles