Pengaruh Kegiatan Membatik dengan Media Tisu Terhadap Kemampuan Motorik Halus Anak Kelompok A di RA Muslimat NU 151 Manarotul Ulum

The Effect of Batik Activities Using Tissue Media on the Fine Motoric Ability of Group A Children at RA Muslimat NU 151 Manarotul Ulum

Authors

  • Lisfi Wulandari Universitas Negeri Surabaya
  • Nurhenti Dorlina Simatupang Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.35473/ijec.v5i1.2392

Keywords:

batik activities, media tissue, fine motor, group a kindergarten

Abstract

The main focus in this reseacrh is fine motor skills. Conditions in the scope show that in the folding activity it is still not symmetrical, when stamped batik is still not flexible in moving its hand movements. One of the fine motor skill stimulation that can be given to children is batik activities using tissue media. This reseacrh was used to measure the effect of batik activities using tissue media on the fine motor skills of group A children at RA Muslimat NU 151 Manarotul Ulum. This type of research is quantitative Quasi Experimental with a Nonequivalent Control Group Design. The samples in this study were group A children at RA Muslimat NU 151 Manarotul Ulum (experimental group) and group A1 children at RA YKUI Sambogunung (kontrol group). The data collection techniques are observation and documentation. The data analysis technique uses an independent sample T test with IBM SPSS Statistics 25. The test results show that the significance value of (2-tailed) is 0.023 <0.05, so Ha is accepted and H0 is rejected. This activities treatment (batik using tissue media) has an  effect on the fine motor skills of group A children at RA Muslimat NU 151 Manarotul Ulum. 

ABSTRAK 

Fokus utama pada penelitian ini yaitu motorik halus. Kondisi di lapangan menunjukkan bahwa dalam kegiatan melipat masih kurang simetris, saat kegiatan membatik cap masih kurang luwes dalam menggerakkan gerakan tangannya. Salah satu stimulasi motorik halus yang dapat diberikan kepada anak adalah kegiatan membatik dengan media tisu. Penelitian ini bertujuan untuk mengukur pengaruh kegiatan membatik dengan media tisu terhadap kemampuan motorik halus anak kelompok A di RA Muslimat NU 151 Manarotul Ulum. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif Quasi Eksperimental dengan rancangan Nonequivalent Kontrol Group Design. Sampel pada penelitian ini adalah anak kelompok A di RA Muslimat NU 151 Manarotul Ulum (kelompok eksperimen) dan anak kelompok A1 di RA YKUI Sambogunung (kelompok kontrol). Teknik pengumpulan datanya yaitu observasi dan dokumentasi. Teknik analisis datanya menggunakan uji independent sample T test dengan IBM SPSS Statistics 25. Hasil uji tersebut diperoleh bahwa nilai signifikansi (2-tailed) yaitu 0.023 < 0.05 maka Ha diterima dan H0 ditolak. Jadi, terdapat pengaruh treatment kegiatan membatik dengan media tisu terhadap kemampuan motorik halus anak kelompok A di RA Muslimat NU 151 Manarotul Ulum. 

References

Aulina, C. N. (2017). Buku Ajar Metodologi Pengembangan Motorik Halus Anak Usia Dini (S. B. Sartika & T. Multazam (eds.); Ke 1). UMSIDA Press. https://www.ptonline.com/articles/how-to-get-better-mfi-results

Fitri, S. (2020). Upaya meningkatkan perkembangan motorik halus melalui kegiatan membatik pada anak usia 4-5 tahun di RA Insani Taqwim Palembang. PERNIK : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1). https://doi.org/10.31851/pernik.v3i1.3906

Nasir, Y. H. (2013). Jagat Kerajinan Tangan (A. Ruhimat (ed.)). Bumi Aksara.

Ni’mah, F., & Maulidiyah, E. C. (2020). Buku Panduan Membatik Untuk meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Untuk Anak Usia 5-6 Tahun.

Nimah, F. (2020). PENGEMBANGAN BUKU PANDUAN MEMBATIK TERHADAP KEMAMPUAN FISIK MOTORIK HALUS ANAK USIA 5-6 TAHUN. JP2KG AUD (Jurnal Pendidikan, Pengasuhan, Kesehatan Dan Gizi Anak Usia Dini), 1(2), 123–146. https://doi.org/10.26740/jp2kgaud.2020.1.2.123-146

Ningsih, E. F. A., Wisudaningsih, E. T., & Travelancya, T. (2022). Pemanfaatan Bahan Alam Dalam0kegiatan Menganyam1 Untuk Mengembangkan Motorik1halus Anak1usia Dini Di Raudhatul Athfal Hidayatul Islam Krucil. Al-Irsyad, 105(2), 79. https://core.ac.uk/download/pdf/322599509.pdf

Prasetyono, D. S. (2008). Biarkan Anakmu Bermain. Diva Press.

Priandani, Y. (2017). Upaya Meningkatkan Keterampilan Motorik Halus Melalui Kegiatan Membatik di TK Negeri Pembina Galur Kulon Progo. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(5).

Sa’ida, N. (2020). Analisis Nilai Moral Dalam Cerita Rakyat. Jurnal Pendidikan, Pengasuhan, Kesehatan Dan Gizi Anak Usia Dini (JP2KG AUD), 1(1), 47–54.

Sagita, R., & Widayati, S. (n.d.). Pengaruh Kegiatan Menjahit Terhadap Kemampuan Motorik Halus Pada Kelompok A. Jurnal Unesa, 1–7. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/paud-teratai/article/view/25923

Sholicha, R., & Hasibuan, R. (2023). Indonesian Journal of Instructional Analisis Pengaruh Media Clay Terhadap Kemampuan Motorik Halus Pada Anak Usia Dini. Indonesian Journal of Industrial Technology, 4(1), 22–35.

Sukaeti, A. T. (2021). Upaya Meningkatkan Keterampilan Motorik Halus Anak Melalui Kegiatan Membatik di Kelompok B Taman Kanak Kanak Muslimat N.U Kota Tasikmalaya. Jurnal PAUD Agapedia, 5(2), 253–263.

Sumantri, M. (2005). Model Pengembangan Keterampilan Motorik Anak Usia Dini. Departemen Pendidikan Nasional.

Sutiani, & Widayati, S. (2013). Peningkatan Kemampuan Motorik Halus Melalui Kegiatan Melipat Kertas Asturo Pada Anak Kelompok A Tk Dewi Sartika. Jurnal Mahasiswa Universitas Negeri Surabaya, 1–5.

Tawulo, O. S., & Anhusadar, L. (2022). Membatik Jumputan untuk Meningkatkan Motorik Halus pada Masa Pandemi Covid 19 Melalui Home Visit. KINDERGARTEN: Journal of Islamic Early Childhood Education, 5(1), 37. https://doi.org/10.24014/kjiece.v5i1.13064

Wati, K. I., Saparahayuningsih, S., & Yulidesni, Y. (2017). Meningkatan Keterampilan Motorik Halus Anak Melalui Kegiatan Pembelajaran Membatik Menggunakan Media Tepung Pada Anak Kelompok B PAUD Aisyiyah III Kota Bengkulu. Jurnal Ilmiah POTENSIA, 2(2), 91–94. https://doi.org/10.33369/jip.2.2

Widayati, S., Simatupang, N. D., & Maulidiya, R. (2020). Melipat Manakah yang Paling Mudah ? Pada Kegiatan Melipat Satu Untuk Anak Usia Dini. Al Athfaal: Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak Usia Dini, 3(2), 126–139. https://doi.org/https://doi.org/10.24042/ajipaud.v3i1.6544

Widayati, S., Simatupang, N. D., & Sari, P. P. (2019). The Impact of Adduction of Folding Paper Stages for Children ’ s Fine Motor Skills. Atlantis Press, 387, 62–65. https://doi.org/https://doi.org/10.2991/icei-19.2019.14

Widayati, S., Simatupang, N. D., Saroinsong, W. P., & Rusdiyanti, A. (2021). Pengembangan media stekpan untuk kognitif anak usia 4-5 tahun. 4(1), 8–17. https://doi.org/https://doi.org/10.36722/jaudhi.v4i1.698

Zakir, S. M., Rusmayadi, & Asti, A. S. W. (2023). Pengaruh Kegiatan Menganyam Menggunakan Bahan Alam Terhadap Kemampuan Motorik Halus Anak Usia 5-6 Tahun. 5(1). https://doi.org/https://doi.org/10.31004/aulad.v5i1.319

Downloads

Published

2023-07-31

How to Cite

Wulandari, L., & Simatupang, N. D. (2023). Pengaruh Kegiatan Membatik dengan Media Tisu Terhadap Kemampuan Motorik Halus Anak Kelompok A di RA Muslimat NU 151 Manarotul Ulum : The Effect of Batik Activities Using Tissue Media on the Fine Motoric Ability of Group A Children at RA Muslimat NU 151 Manarotul Ulum. Indonesian Journal of Early Childhood: Jurnal Dunia Anak Usia Dini, 5(2), 335–346. https://doi.org/10.35473/ijec.v5i1.2392

Issue

Section

Articles