Pengembangan Buku Ajar Tema Peduli Lingkungan untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kreatif Anak Usia 5-6 Tahun

Development of Environmental Care Theme Textbooks to Improve Creative Thinking Skills for Children Aged 5-6 Years

Authors

  • Lailatun Nazar Universitas Negeri Surabaya
  • Mallevi Agustin Ningrum Universitas Negeri Surabaya
  • Kartika Rinakit Adhe Universitas Negeri Surabaya
  • Melia Dwi Widayanti Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.35473/ijec.v5i1.2395

Keywords:

Buku Ajar, Berpikir Kreatif, Peduli Lingkungan, Mitigasi Bencana

Abstract

This study aims to determine the feasibility, practicality, and effectiveness of textbooks on the theme of caring for the environment to improve the creative thinking skills of children aged 5-6 years.  This study uses the Research and Development model with the ADDIE model. The subjects that were the focus of this study were ten students from group B who attended TK DWP Karangankidul. The results of this study, it was found that textbooks on the theme of caring for the environment were deemed appropriate based on validation by material experts and textbook design experts, the average percentage of validation obtained was 95.34%, which means textbooks on the theme of caring for the environment are very suitable for use by teachers group B. The practicality of textbooks on the theme of caring for the environment obtained an average percentage of 9 Kindergarten teachers in group B of 91.66%, which means that textbooks are very practical to use. The effectiveness of textbooks on the theme of caring for the environment was analyzed using the Wilcoxon test calculations through SPSS 22. The results of the analysis showed that the Asymp. sing. (2-tailed) of 0.005. So that the p-value <0.05 or 0.005 <0.05, then H0 is rejected and H1 is accepted. It can be concluded that the use of environmental care theme textbooks is effective in improving the creative thinking skills of children aged 5-6 years.

ABSTRAK

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui kelayakan, kepraktisan, dan keefektifan buku ajar tema peduli lingkungan untuk meningkatkan keterampilan berpikir kreatif anak berusia 5-6 tahun. Penelitian ini menerapkan pendekatan pengembangan penelitian (Research and Development) dengan menggunakan model ADDIE. Subjek yang menjadi fokus dalam penelitian ini adalah sebanyak 10 anak didik dari kelompok B yang bersekolah di TK DWP Karangankidul. Hasil penelitian ini, ditemukan bahwa buku ajar tema peduli lingkungan telah dianggap layak berdasarkan validasi oleh ahli materi dan ahli desain buku ajar, rata-rata persentase validasi yang diperoleh adalah sebesar 95,34% yang berarti buku ajar tema peduli lingkungan sangat layak untuk digunakan guru kelompok B. Kepraktisan buku ajar tema peduli lingkungan memperoleh rata-rata persentase dari 9 guru Taman Kanak-kanak kelompok B sejumlah 91,66% yang berarti buku ajar sangat praktis digunakan. Keefektifan buku ajar tema peduli lingkungan dianalisis dengan menggunakan perhitungan uji Wilcoxon melalui SPSS 22. Hasil analisis menunjukkan bahwa nilai Asymp. Sing. (2-tailed) sebesar 0,005. Hal ini menunjukkan bahwa nilai p < 0,05 atau 0,005 < 0,05, oleh karena itu H0 ditolak dan H1 diterima. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penggunaan buku ajar tema peduli lingkungan efektif dalam meningkatkan keterampilan berpikir kreatif anak usia 5-6 tahun.

References

Agrestin, I., & Maulidiyah, E. C. (2021). Pengembangan Media Big Book terhadap Pengetahuan Bencana Banjir pada Anak Usia 5-6 Tahun. Al-Hikmah : Indonesian Journal of Early Childhood Islamic Education, 5(2), 90–111. https://doi.org/10.35896/ijecie.v5i2.199

Branch, R. M. (2009). Instructional Design: The ADDIE Approach. Springer. https://doi.org/10.1007/978-0-387-09506-6

Cahyani, G. R., Tegeh, I. M., & Magta, M. (2020). Pengaruh Metode Outbond terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Kelompok B Gugus I Kecamatan Sawan. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 8(1), 35–44. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPAUD/article/view/23419

Devirita, F., Neviyarni, N., & Daharnis, D. (2021). Pengembangan Buku Ajar Berbasis Problem Based Learning di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(2), 469–478. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i2.680

Gunawan, C. I. (2017). PEDOMAN MENULIS BUKU AJAR DAN REFERENSI BAGI DOSEN - Google Books. CV IRDH. https://www.google.co.id/books/edition/PEDOMAN_MENULIS_BUKU_AJAR_DAN_REFERENSI/G1rIDwAAQBAJ?hl=en&gbpv=1&dq=cara+membuat+buku+ajar&pg=PA14&printsec=frontcover

Guswita, R. (2021). Pengembangan Buku Ajar Digital Bahasa Indonesia Berbasis Hots untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Mahasiswa STKIP Muhammadiyahmuara Bungo. Jurnal Basicedu, 5(5), 4351–4360. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i5.1496

Hafidah, R., Dewi, N. K., Syamsudin, M. M., Pudyaningtyas, A. R., Nurjanah, N. E., & Sholeha, V. (2022). Meningkatkan Kompetensi Profesionalisme Guru Paud Melalui Pelatihan Penerapan Penelitian Tindakan Kelas (Ptk). JP2KG AUD (Jurnal Pendidikan, Pengasuhan, Kesehatan Dan Gizi Anak Usia Dini), 3(1), 19–34. https://doi.org/10.26740/jp2kgaud.v3n1.19-34

Harisuddin, M. I. (2019). Secuit Esensi Berpikir Kreatif & Motivasi Belajar Siswa. PT. Panca Terra Firma.

Hidayah, P. D. S., & Adhe, K. R. (2021). ASIAB Clothing Media for Early Childhood Disaster Preparedness. Child Education Journal, 3(1), 49–63. https://doi.org/10.33086/cej.v3i1.1732

Maulidah, E. (2021). Keterampilan 4C Dalam Pembelajaran Untuk Anak Usia Dini. Childhood Education : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(1), 52–68. https://doi.org/10.53515/cji.2021.2.1.52-68

Mukodas. (2020). Trik Asyik Menulis Buku Ajar. Lindan Bestari.

Putri, M. S., Reza, M., & Widayanti, M. D. (2022). Efektivitas Penggunaan Media Busy Book Dalam Meningkatkan Pengetahuan Mitigasi Bencana Banjir Pada Anak Usia 5-6 Tahun. KIDDO : Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 3(2), 66–77. https://doi.org/10.19105/kiddo.v3i2.6483

Silalahi, T. M., Girsang, M. L., & Ginting, M. B. (2020). Peran Emosi Dalam Membangun Keterampilan Berpikir Kreatif Anak Usia Dini (Andriyanto (ed.)). Lakeisha.

Wahyuni, Chandra, A., & Handayani, A. (2022). Pengembangan Bahan Ajar Tematik Berbasis Flipbook Marker untuk Meningkatkan Kemampuan Berfikir Kreatif Anak TK Darul Iman. PAUDIA : Jurnal Penelitian Dalam Bidang Pendidikan Anak Usia Dini, 11(1), 491–500. https://doi.org/10.26877/paudia.v11i1.11752

Widayanti, M., Komalasari, D., & Fitri, R. (2023). Pelatihan Penyusunan Kegiatan Pembelajaran Berbasis Literasi Sebagai Implementasi Kurikulum Merdeka Pada Guru Paud Di Kecamatan Prigen. Transformasi Dan Inovasi : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(1), 14–18. https://doi.org/10.26740/jpm.v3n1.p14-18

Wuryanto, H., & Abduh, M. (2022). Mengkaji Kembali Hasil PISA sebagai Pendekatan Inovasi Pembelajaran untuk Peningkatan Kompetensi Literasi dan Numerasi. Direktorat Guru Pendidikan Dasar. https://gurudikdas.kemdikbud.go.id/news/mengkaji-kembali-hasil-pisa-sebagai-pendekatan-inovasi-pembelajaran--untuk-peningkatan-kompetensi-li

Downloads

Published

2023-07-31

How to Cite

lailatun nazar, Mallevi Agustin Ningrum, Kartika Rinakit Adhe, & Melia Dwi Widayanti. (2023). Pengembangan Buku Ajar Tema Peduli Lingkungan untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kreatif Anak Usia 5-6 Tahun: Development of Environmental Care Theme Textbooks to Improve Creative Thinking Skills for Children Aged 5-6 Years. Indonesian Journal of Early Childhood: Jurnal Dunia Anak Usia Dini, 5(2), 347–361. https://doi.org/10.35473/ijec.v5i1.2395

Issue

Section

Articles