Implementasi Sarana Prasarana Esensial Terhadap Kurikulum Merdeka Anak Usia Dini

Implementation of Essential Infrastructure Facilities for Early Childhood Independent Curriculum

Authors

  • Utami Kumala Dewi UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta https://orcid.org/0009-0007-2368-2795
  • Hibana UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta
  • Nurhusni Kamil UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta
  • Fadila Arnisa Harahap UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta
  • Faiqatuz Zahrah UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.35473/ijec.v5i1.2439

Keywords:

Implementasi Sarana Prasarana Esensial, Kurikulum Merdeka, Anak Usia Dini

Abstract

The era of entering the industrial revolution 5.0, education is closely related to world attention regarding an institution, especially early childhood education. The success of the learning process of an institution is supported by the availability of adequate essential infrastructure facilities according to the applicable curriculum. The independent curriculum is a curriculum that applies in Indonesia with a fun learning orientation centered on students, as well as the creativity of educators in providing a variety of learning to be the main factor in achieving the learning process. Freedom of learning does not prioritize Calistung learning (Read, Write, Count), and is centered on LKA (Children's Worksheets). Therefore, the researcher is interested in examining more deeply the implementation of infrastructure for the independence curriculum at Pangudi Luhur Jenarwetan Kindergarten. Researchers used qualitative research methods that are descriptive analytic by collecting data through observation, documentation and interview techniques. The results of this study are the implementation of infrastructure that has been used during the learning process using an independent curriculum, one of which uses natural materials.

 

ABSTRAK 

Era memasuki revolusi industri 5.0 pendidikan erat kaitannya dari perhatian dunia mengenai suatu lembaga khususnya pendidikan anak usia dini. Keberhasilan proses pembelajaran suatu lembaga didukung dengan tersedianya sarana prasarana esesnsial yang memadai sesuai kurikulum yang berlaku. Kurikulum merdeka merupakan kurikulum yang berlaku di Indonesia dengan berorientasi pembelajaran yang menyenangkan berpusat pada peserta didik, serta kreativitas pendidik dalam menyediakan ragam pembelajaran menjadi faktor utama tercapainya proses pembelajaran. Merdeka belajar tidak mengutamakan pada pembelajaran Calistung (Baca, Tulis, Hitung), dan berpusat pada LKA (Lembar Kerja Anak). Maka dari itu, peneliti tertarik untuk mengkaji lebih dalam tentang implementasi sarana prasarana terhadap kurikulum merdeka di TK Pangudi Luhur Jenarwetan. Peneliti menggunakan metode penelitian kualitatif bersifat deskriptif analitik dengan pengumpulan data melalui teknik observasi, dokumentasi dan wawancara. Hasil dari penelitian ini berupa implementasi sarana prasarana yang telah digunakan selama proses pembelajaran menggunakan kurikulum merdeka, salah satunya menggunakan bahan alam.

References

Afida, Ifa, Eka Diana, and Dhevin M. .. Agus Puspita. 2021. “Merdeka Belajar Dan Pendidikan Kritis Paulo Friere Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam.” Falasifa: Jurnal Studi Keislaman 12(2):45–61. doi: 10.36835/falasifa.v12i02.553.

Afriyenischa, Nazella. 2019. “Mengembangkan Kemampuan Kognitif Anak Melalui Media Kartu Angka Di TK Assalam II Pulau Singkep Tahun Pelajaran 2017/2018.” Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung.

Ahmadi, Farid, and Hamidulloh Ibda. 2019. Konsep Dan Aplikasi Literasi Baru Di Era Revolusi Industri 4.0 Dan 5.0. Semarang: CV. Pilar Nusantara.

Andriani Safitri, Dwi Wulandari, Yusuf Tri Herlambang. 2022. “Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila: Sebuah Orientasi Baru Pendidikan Dalam Meningkatkan Karakter Siswa Indonesia.” Jurnal Basicedu 6(4):7076–86. doi: 10.31004/basicedu.v6i4.3274.

Anggraini, Dewi, and Dyah Ayu Lestari. 2022. “Manajemen Sarana Dan Prasarana Pendidikan Di TK PKK Dewi Sartika Jabung Malang.” Ijigaed: Indonesian Journal of Islamic Golden Age Education 2(2):11–20. doi: 10.32332/ijigaed.v2i2.4734.

Anggraini, Elya Siska, and Lukeysia Batubara. 2021. “Evaluasi Pemenuhan Standar Minimal Sarana Dan Prasarana Pendidikan Anak Usia Dini.” Jurnal Usia Dini 7(1):20–26. doi: 10.24114/jud.v7i1.25785.

Arini, Ira, and Ayu Fajarwati. 2020. “Media Bahan Alam Untuk Mengembangkan Kemampuan Klasifikasi Pada Anak Usia Dini.” Visi: Jurnal Ilmiah PTK PNF 15(2):118–26. doi: 10.21009/JIV.1502.3.

Astari, Tiara, and Nunuk Chozin. 2019. “Meningkatkan Kemampuan Klasifikasi Matematika Melalui Media Saku Pintar Anak Usia 4-5 Tahun.” Pp. 1–14 in Prosiding Semnasfip.

Ayuningrum, Desy. 2017. “Meningkatkan Keterampilan Motorik Halus Anak Kelompok B (5-6 Tahun) Melalui Kolase Dengan Bahan Alam Di TK Cordova Bojongsari Depok.” Psycho Idea 15(2):98–108. doi: 10.30595/psychoidea.v15i2.2477.

Baiti, Noor. 2020. “Konsep Pengelolaan Desain Lingkungan Pendidikan Anak Usia Dini.” Primearly 3(1):27–34.

Elan, Debi Cahya Damayanti, and Dini Khusnatul Amaliyah. 2022. “Penataan Alat Permainan Edukatif Lingkungan Belajar Outdoor Anak Usia Dini.” Edukasi :Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak Usia Dini 11(1):43–51. doi: 10.29406/jepaud.v11i1.4098.

Fachriati, Maulida, Fakhriah, and M. Yusuf Harun. 2017. “Mengembangkan Kreativitas Anak Usia Dini Melalui Media Bahan Alam Di PAUD Bitul Haafizh Labuhan Haji Aceh Selatan.” Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Anak Usia Dini 2(4).

Fadillah, Chairun Nisa, and Hibana. 2022. “Analisis Kurikulum Merdeka Belajar Mandiri Dalam Satuan Pendidikan Anak Usia Dini.” BRU: Bunga Rampai Usia Emas 8(2):120–37. doi: 10.24114/jbrue.v8i2.41596.

Fakhriyani, Diana Vidya. 2016. “Pengembangan Kreativitas Anak Usia Dini.” Jurnal Wacana Didaktika 4(2):193–200. doi: 10.31102/wacanadidaktika.4.2.193-200.

Fathan, Robby. 2020. “Hardiknas 2020 Merdeka Belajar Di Tengah Covid-19.” Jurnalposmedia.Com. Retrieved (https://jurnalposmedia.com/hardiknas-2020-merdeka-belajar-ditengah-covid-19/).

Hasanah, Raudatul. 2020. “Pengaruh Manajemen Sarana Dan Prasarana Terhadap Kegiatan Belajar Mengajar Di TK Al-Fadlillah Maguwoharjo Yogyakarta.” Golden Age: Jurnal Ilmiah Tumbuh Kembang Anak 5(3):115–22. doi: 10.14421/jga.2020.53-03.

Jannah, Mumayzizah Miftahul, and Harun. 2023. “Kurikulum Merdeka: Persepsi Guru Pendidikan Anak Usia Dini.” Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 7(1):197–210. doi: 10.31004/obsesi.v7i1.3800.

Jayawardana, H. B. A., Ade Irma Noviyanti, Nova Eko Hidayanto, and Rina Sugiarti Dwi Gita. 2022. “Analisis Implementasi Kurikulum Merdeka Pada Fase Fondasi.” JECIE: Journal of Early Childhood and Inclusive Education 6(1):8–15. doi: 10.31537/jecie.v6i1.710.

JTO. 2022. “Ini Beda Kurikulum Merdeka Belajar Dan Kurikulum Sebelumnya.” Pintek. Retrieved June 19, 2023 (https://pintek.id/blog/author/janto/).

Mardawani. 2020. Praktis Penelitian Kualitatif: Teori Dasar Dan Analisis Data Dalam Perspektif Kualitatif. Yogyakarta: Deepublish.

Mohammad, Mustari. 2015. Manajemen Pendidikan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Nasrudin, and Maryadi. 2018. “Sarana Dan Prasarana Pendidikan Dalam Pembelajaran Di SD.” Jurnal Managemen Pendidikan 13(1):15–23. doi: 10.23917/jmp.v13i2.6363.

Ngaisah, Nur Cahyati, Munawarah, and Reza Aulia. 2023. “Perkembangan Pembelajaran Berdiferensiasi Dalam Kurikulum Merdeka Pada Pendidikan Anak Usia Dini.” Jurnal Pendidikan Anak Bunayya 9(1):1–25. doi: 10.22373/bunayya.v9i1.16890.

Nurhasanah, Nia, Irfan Karim, Oktavika Dwi Saputri, Rini Mintarsih, Regina Angelina Due, and Dian Fikriani. 2022. Panduan Penyelenggaraan PAUD Berkualitas (Seri 8 - Kriteria Minimum Dan Sarana Prasarana Esensial Penyelenggaraan Layanan PAUD). Jakarta: Direktorat Pendidikan Anak Usia Dini.

Palmin, Beata, and Maria Irawati Woda. 2023. “Manfaat Media Bahan Alam Dalam Pembelajaran Anak Usia Dini.” Jurnal Lonto Leok 5(1):1–7.

Peraturan Pemerintah RI. 2022. “Peraturan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, Dan Teknologi Republik Indonesia Tentang Standar Isi Pendidikan Anak Usia Dini (PP Nomor 7 Pasal 1 Ayat 4 Tahun 2022).”

Qisthiyah, Azka, Siti Azalea Malika, Zakia Maharani, and Lathipah Hasanah. 2022. “Pengenalan Klasifikasi Menggunakan Media Bahan Alam Pada Anak Usia 5-6 Tahun Di RA Ar-Rahmah.” Jurnal Raudhah 10(2):23–32. doi: 10.30829/raudhah.v10i2.1999.

Rachman, Sry Anita. 2020. “Pentingnya Penyediaan Lingkungan Belajar Yang Kondusif Bagi Anak Usia Dini Berbasis Kunjungan Belajar Di Masa New Normal.” Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan 6(3):480–87. doi: 10.5281/zenodo.4035268.

Raihana, Alucyana, Bahril Hidayat, Ihya Syafira, and Wirdatul Jannah. 2020. “Peningkatan Pemahaman Program Bermain Anak Indoor Dan Outdoor Di Desa Koto Tuo Kecamatan Batang Peranap.” Jurnal Pengabdian Untuk Mu NegeRI 4(1):78–83. doi: 10.37859/jpumri.v4i1.1871.

Retnaningsih, Lina Eka, and Ummu Khairiyah. 2022. “Kurikulum Merdeka Pada Pendidikan Anak Usia Dini.” Selling: Jurnal Program Studi PGRA 8(2):143–58. doi: 10.29062/seling.v8i2.1223.

Saleh, Meylan. 2020. “Merdeka Belajar Di Tengah Pandemi Covid-19.” Pp. 51–56 in Prosiding Seminar Nasional Hardiknas.

Sari, Diana Martharita, Hibana, Fatmawati, Devi Meilasari, and Saiful Hukamak. 2022. “Mengembangkan Kreativitas Anak Usia Dini Melalui Kegiatan Bermain Kolase Daun Kering Di Desa Tanjung Sari.” JEA (Jurnal Edukasi Anak Usia Dini) 8(2):245–63. doi: 10.18592/jea.v8i2.6535.

Sulistia, Putri Zairina. 2020. “Standar Sarana Dan Prasarana Dalam Meningkatkan Aktivitas Bermain Anak Di Taman Kanak-Kanak Hip Hop Kota Bandar Lampung.” UIN Raden Intan Lampung.

Trisnawati, Cut Zahri Harun, and Nasir Usman. 2019. “Sarana Dan Prasarana Pndidikan Dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran Di SD Negeri Lamteubee Aceh Besar.” Jurnal Magister Administrasi Pendidikan Pascasarjana Universitas Syiah Kuala 7(1):62–69.

Downloads

Published

2023-07-31

How to Cite

utami-kumala-dewi, Hibana, Nurhusni Kamil, Fadila Arnisa Harahap, & Faiqatuz Zahrah. (2023). Implementasi Sarana Prasarana Esensial Terhadap Kurikulum Merdeka Anak Usia Dini : Implementation of Essential Infrastructure Facilities for Early Childhood Independent Curriculum. Indonesian Journal of Early Childhood: Jurnal Dunia Anak Usia Dini, 5(2), 368–376. https://doi.org/10.35473/ijec.v5i1.2439

Issue

Section

Articles