Pengaruh Pembelajaran Proyek Terhadap Konsentrasi Anak Attention Deficit Hyperactivity Disorder (ADHD)

The Effect Of Projects Learning On The Concentration Of Attention Deficit Hyperactivity Disorder (ADHD )

Authors

  • Raudatul Jannah Universitas PGRI Yogyakarta
  • Dwi Putri Fatmawati Universitas PGRI Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.35473/ijec.v5i1.2467

Keywords:

pembelajaran proyek, ADHD, durasi konsentrasi

Abstract

The effect of project learning on the concentration of children with Attention Deficit Hyperactivity Disorder (ADHD). Based on the results of observations, there were children with characteristics of difficulty focusing, excess energy, unable to stay still, and from the results of assessments by the child psychologist, there were indications of ADHD in the KB/TK Inclusive Srawung Bocah. Research conducted aim for influence from projects learning carried to concentration ADHD child . Study with measure duration concentration ADHD child using a stopwatch. Collection of research data used is observation and documentation. This study use approach quantitative, type research used experiment with Single Subject Research (SSR) design . The results of the analysis data obtained that the average duration baseline phase 5.273 minutes and intervention phase 6.3375 minutes . Based on results data analysis can concluded that learning project influential to concentration ADHD child.

ABSTRAK 

Pengaruh pembelajaran proyek terhadap konsentrasi anak Attention Deficit Hyperactivity Disorder (ADHD). Berdasarkan hasil oberservasi yang dilakukan sebelum penelitian terdapat anak dengan karakteristik susah fokus, energi berlebih, tidak bisa diam, dan dari hasil asesmen oleh psikolog anak tersebut terindikasi ADHD di KB/TK Inklusi Srawung Bocah. Penelitian bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari pembelajaran proyek yang dilakukan terhadap konsentrasi anak ADHD. Pengumpulan data penelitian yang digunakan yaitu observasi dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, jenis penelitian yang digunakan yaitu eksperimen dengan desain Single Subject Research (SSR). Hasil analisis data yang didapatkan bahwa rata-rata durasi fase baseline 5,273 menit dan fase intervensi 6,3375 menit. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa pembelajaran proyek berpengaruh terhadap konsentrasi anak ADHD.

References

Amelia, N., & Aisya, N. (2021). Model Pembelajaran Berbasis Proyek (Project Based Learning) dan Penerapannya Pada Anak Usia Dini Di TKIT Al-Farabi. Buhuts Al-Athfal: Jurnal Pendidikan Dan Anak Usia Dini, 1(2), 181–199.

Association, A. P. (2013). Diagnostic and Statistical Manual of Mental Disorders. In American Psychiatric Publishing. https://doi.org/10.1016/B0-12-657410-3/00457-8

Atmaja, J. R. (2018). Pendidikan dan Bimbingan Anak Berkebutuhan Khusus.

Aviana, R., & Hidayah, F. (2015). Metode analisis data. Jurnal Pendidikan Sains Universitas Muhammadiyah Semarang, 3(1), 30–33.

Haryani, A. C. (2017). Pelaksanaan Pembelajaran Keterampilan Merangkai Bunga dari Sedotan pada Anak Autis di SLB Citra Mulia Mandiri. Ekp, 1(1), 217.

Hatiningsih, N. (2013). Play Therapy untuk meningkatkan Konsentrasi pada Anak Attention Deficit Hyperactive Disorder (ADHD). 1(1), 1–19.

Kholilah, E. (2017). Terapi bermain dalam meningkatkan konsentrasi pada anak ADHD (attentiom deficite hyperactivity disorder) di SLB Laboratorium Autis Universitas Negeri Malang. http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/9127

Kurniawan, R., Bagoes, R., Rangga Sanjaya, Y., & Rakhmawati, R. (2021). Teknologi Game untuk Pembelajaran bagi Anak dengan ADHD: Tinjauan Literatur (Game Technology for Learning for Children with ADHD: Literature Review). Jurnal Nasional Teknik Elektro Dan Teknologi Informasi |, 10(4), 346–353.

Nisa, F. A., & Khotimah, N. (2019). Metode Guru dalam Meningkatkan Konsentrasi Anak yang Mengalami Gangguan Pemusatan Perhatian dan Hiperaktifitas (GPPH/ADHD) dalam Kegiatan Belajar. Academica Journal of Multidisciplinary Studies, 3(2), 235–248.

Octaviani, W. (2020). Pengaruh Constructive Play Therapy Dalam Meningkatkan Konsentrasi Belajar Anak Attention Deficit Hyperactivity Disorder (Adhd) Di Yayasan Pembinaan Anak Cacat (YPAC) Palembang. UIN Raden Fatah Palembang, 9–29.

Oktavini, Irdamurni, & Z. (2013). Melatih Keterampilan Merangkai Bunga Akrilik Melalui Metode Bervariasi Bagi Anak Tunagrahita Ringan. 2(September), 117–128.

Paul H. Wender, M., & David A. Tomb, M. (2017). ADHD : A Giude to Understanding Symptoms, Causes, Diagnosis, Treatment, and Changes Over Time in Children, Adolescents, and Adults. In United States of America by Oxford University Press 198 Madison Avenue, New York, NY 10016, United States of America. (Vol. 5, Issue 1).

Prahmana, R. C. I. (2021). Single Subject Research (teori dan implementasinya: suatu pengantar). In UAD Press.

Purnomo, H., & Ilyas, Y. (2019). Tutorial Pembelajaran.

Putri, P. I., & Widiastuti, A. A. (2019). Meningkatkan Konsentrasi Anak Attention Deficit Hyperactivity Disorder (ADHD) dengan Pendekatan Reinforcement melalui Metode Bermain Bunchems. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 207. https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i1.177

Rahmawati, D. A. (2014). Perbandingan Tingkat Konsentrasi Belajar Anak Sekolah Dasar Dilihat dari Kebiasaan Makan Pagi. Early Childhood Education Paper (BELIA), 3(1), 32.

Sari, A. Y. (2018). Implementasi Pembelajaran Project Based Learning Untuk Anak Usia Dini. Motoric, 1(1), 10. https://doi.org/10.31090/paudmotoric.v1i1.547

Sari, D. N. A., Rusilowati, A., & Nuswowati, M. (2017). Pengaruh Pembelajaran Berbasis Proyek terhadap Kemampuan Literasi Sains Siswa. PSEJ (Pancasakti Science Education Journal), 2(2), 114. https://doi.org/10.24905/psej.v2i2.741

Setyani, M. R., & Ismah. (2018). Analisis Tingkat Konsentrasi Belajar Siswa Dalam Proses Pembelajaran Matematika Ditinjau Dari Hasil Belajar. Pendidikan Matematika, 01, 73–84.

Downloads

Published

2023-07-31

How to Cite

Raudatul Jannah, & Dwi Putri Fatmawati. (2023). Pengaruh Pembelajaran Proyek Terhadap Konsentrasi Anak Attention Deficit Hyperactivity Disorder (ADHD): The Effect Of Projects Learning On The Concentration Of Attention Deficit Hyperactivity Disorder (ADHD ). Indonesian Journal of Early Childhood: Jurnal Dunia Anak Usia Dini, 5(2), 411–416. https://doi.org/10.35473/ijec.v5i1.2467

Issue

Section

Articles