Media House Shape Sorter untuk Meningkatkan Pemahaman Geometri Anak Usia 5-6 Tahun

House Shape Sorter Media To Improve The Understanding Of Geometry For Children Aged 5-6 Years

Authors

  • Khikmah Novitasari
  • Rhamadhani Annia Putri Putri

DOI:

https://doi.org/10.35473/ijec.v5i1.2470

Keywords:

Media house shape sorter, pemahaman geometri, anak usia dini

Abstract

The use of media is very important in improving the understanding of geometry in early childhood. The purpose of this study was to determine the increase in understanding of geometry when using house shape sorter media, the feasibility of house shape sorter media and the effectiveness of house shape sorter media as a learning medium for understanding geometry. The research was conducted at ABA Labbaik Among Putro III Kindergarten. This research was conducted with a development method using the ADDIE model (analysis, design, development, implementation, evaluation) with a one group pre-test and post-test design and the subjects used were 18 children aged 5-6 years. The analysis technique used is using the T-test. The results showed that the significant value for the pre-test and post-test was known that the value of 0.009 <0.05 so that the conclusion was that there was an increase in the understanding of geometry of children aged 5-6 years in class B TK ABA Labbaik Among Putro III, after treatment using the media house shape sorter.

ABSTRAK 

Penggunaan media sangat penting dalam meningkatkan pemahaman geometri pada anak usia dini. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peningkatan pemahaman geometri jika menggunakan media house shape sorter, kelayakan media house shape sorter dan efektivitas media house shape sorter sebagai media pembelajaran pemahaman geometri. Penelitian dilakukan di TK ABA Labbaik Among Putro III. Penelitian ini dilakukan dengan metode pengembangan menggunakan model ADDIE (analysis, design, development, implementasi, evaluasi) dengan rancangan one group pre-test and post-test design dan subjek yang digunakan 18 anak usia 5-6 tahun. Teknik analisis yang digunakan adalah menggunakan uji-T. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai signifikan untuk pre-test dan post-test diketahui bahwa nilai 0,009<0,05 sehingga kesimpulannya adalah terdapat peningkatan pemahaman geometri anak usia 5-6 tahun kelompok kelas B TK ABA Labbaik Among Putro III, setelah dilakukan treatment menggunakan media house shape sorter.

References

Anti, Y. T., Wijayanti, A., & Koesmadi, D. P. (2022). Pengembangan Buku Smart Geometry Book Untuk Pengenalan Geometri Anak Usia 5-6 Tahun. Al Hikmah : Indonesian Journal Of Early Childhood Islamic Education, 6(1), 127–144.

Atiasih, & Djoehaeni, H. (2020). Logical mathematical intelligence for preschool children. In H. Yulindrasari, V. Adriany, Y. Rahmawati, & F. D. Hutagalung,. In Early Childhood Education In The 21st Century.

Ayu Fitria. (2014). Penggunaan Media Audio Visual dalam Pembelajaran Anak Usia Dini. Cakrawala Dini, 05, 59. https://www.kompasiana.com/sihaasiaherman/5e9426af097f36097871e462/penggunaan-media-audio-visual-dalam-pembelajaran

Azhima, I., Meilanie, R. S. M., & Purwanto, A. (2021). Penggunaan Media Flashcard untuk Mengenalkan Matematika Permulaan Pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 2008–2016. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.1091

Bandiyah, W., & Widayati, S. (2020). Meningkatkan Kemampuan Mengenal Bentuk Geometri Melalui Permainan Cacaburange. Pedagogika, 10(2), 95–100. https://doi.org/10.37411/pedagogika.v10i2.124

Celik, H. C. (2019). The effect of modelling, collaborative and game-based learningonthegeometry success of third-grade students. Education and Information Technologies, 212, 449–469.

Clements, D. H., Sarama, J., & Joswick, C. (2018). Learning and teaching geometry in early childhood O ensino e a aprendizagem da Geometria : princípios fundamentais. January.

Dewi, K. (2017). Pentingnya Media Pembelajaran Untuk Anak Usia Dini. Raudhatul Athfal: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 1(1), 81–96. https://doi.org/10.19109/ra.v1i1.1489

Ginsburg, H. P., Lee, J. S., & Boyd, J. S. (2008). Mathematics Education for Young Children: What It Is and How to Promote It. Social Policy Report, 22(1), 1--22.

Hapsari, M. N., Ilhami, B. S., & Agustina, Y. (2019). Dekak-Dekak Geometri, Media Pembelajaran Untuk Mengenalkan Bentuk Geometri Pada Anak Kelompok A. Jurnal Golden Age, 3(01), 30–36.

Mulyati, M. (2019). Menciptakan Pembelajaran Menyenangkan Dalam Menumbuhkan Peminatan Anak Usia Dini Terhadap Pelajaran. Journal of Islamic Education, 1(2), 277–294. https://doi.org/10.51275/alim.v1i2.150

Nurrita, T. (2018). Pengembangan media pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Jurnal misykat, 03(01), 171. https://media.neliti.com/media/publications/271164-pengembangan-media-pembelajaran-untuk-me-b2104bd7.pdf

Sari, F. K., & Oktamarina, L. (2022). Pengaruh media realia terhadap pemahaman geometri anak usia 5-6 tahun di TK Nurul Iman Beringin Makmur I Kabupaten Musi Rawas Utara Tahun 2021. Jurnal Ilmiah Potensia, 7(1), 11–22.

Sari, Y. K., Sukartiningsih, W., & Jannah, M. (2018). The Effect of Geometric Puzzle Game Towards Children’s Recognition of Geometric Shapes and Fine Motor. Atlantis Press, 212, 340–342. https://doi.org/10.2991/icei-18.2018.75

Sukadariyah, R. F., Fatimah, A., & Maryani, K. (2020). Pengaruh Permainan Tradisional Engklek terhadap Kemampuan Geometri Anak. Yaa Bunayya: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 57–63.

Ulfah, M., Nurhayati, E., & Abyati, H. (2019). Pengembangan Media Box of Number Berbasis Tematik untuk Pembelajaran Matematika Permulaan Anak Usia 4-5 Tahun. Al-Athfal : Jurnal Pendidikan Anak, 5(2), 151–168. https://doi.org/10.14421/al-athfal.2019.52-03

Zahrina Amelia1, R. B., Mailani, L., & Nurfadilah. (2023). Pengembangan Media “Bank-Ku” untuk Meningkatkan Kemampuan Matematika Permulaan Anak Usia Dini 5-6 Tahun. Jurnal Ilmiah Potensia, 8(1), 139–154.

Downloads

Published

2023-07-31

How to Cite

Novitasari, K., & Annisa, R. (2023). Media House Shape Sorter untuk Meningkatkan Pemahaman Geometri Anak Usia 5-6 Tahun: House Shape Sorter Media To Improve The Understanding Of Geometry For Children Aged 5-6 Years. Indonesian Journal of Early Childhood: Jurnal Dunia Anak Usia Dini, 5(2), 417–425. https://doi.org/10.35473/ijec.v5i1.2470

Issue

Section

Articles