Implementasi Fitur Kelas Virtual TVSekolah dalam mengembangkan kecerdasan visual spasial pada Anak Usia Dini di SPS Negeri Abdi Praja Cilincing

Implementation of the School Virtual TV Class Feature in developing spatial visual intelligence in Early Childhood at SPS Negeri Abdi Praja Cilincing

Authors

  • Siti Sahlia Universitas Pancasakti
  • Yuli Herlina Universitas Pancasakti
  • Fatmi Cahyani Universitas Pancasakti
  • Windari Kartika Universitas Pancasakti Bekasi
  • Sri Watini Universitas Pancasakti Bekasi

DOI:

https://doi.org/10.35473/ijec.v5i1.2476

Keywords:

Kecerdasan Visual Spasial,Anak usia 4-5 tahun ,kelas virtual

Abstract

This research will be carried out in May-June 2023 at SPS Negeri Bale Play Abdi Praja The problem found in this study is the lack of special visual intelligence skills in children aged 4-5 years at SPS Negeri Bale Play Abdi Praja. With the role of virtual classes in improving spatial visual intelligence in children aged 4-5 years. The success rate is very significant after the School TV program in improving special visual intelligence in children aged 4-5 years at SPS Negeri Bale Play Abdi Praja. Through qualitative descriptive research methods and data collection through observation, documentation and interviews, the role of the virtual classroom is so great in developing special visual intelligence in early childhood.  With results in the second cycle of 66,6 %, namely 10 successful children from 15 students.It can be seen that thedevelopment is not as expected conducteda study in the fourth cycle with a result of 86.6%, thus based on the results achieved in the fourth cyclthe class action research in this study was considered successful in developing spatial visual harmony through virtual classes on School TV.

ABSTRAK 

Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Mei -Juni 2023 di SPS Negeri Bale Bermain Abdi Praja masalah yang ditemukan pada penelitian kali ini,adalah kurangnya kemampuan kecerdasan visual special pada anak usia 4-5 tahun di SPS Negeri Bale Bermain Abdi Praja .Dengan peran virtual class  dalam meningkatkan kecerdasan visual spasial pada anak usia 4-5tahun .Tingkat keberhasilan sangat signifikan setelah adanya program TV Sekolah dalam meningkatkan Kecerdasan visual special pada anak usia 4-5 tahun di SPS Negeri Bale Bermain Abdi Praja .Melalui metode penelitian PTK (Penelitian Tindakan Kelas )dan pengumpulan data melalui observasi,  dokumentasi dan wawancara maka peran Kelas virtual  begitu besar dalam mengembangkan kecerdasan visual spasial anak usia dini. Dengan hasil pada siklus kedua sebesar 66,6 % yaitu 10 anak yang berhasil dari 15 siswa.Sudah dapat dilihat perkembangannya meski belum sesuai yang diharapkan maka peneliti Menyusun rancangan penelitian yang dilanjutkan dengan kegiatan selanjutnya .Siklus ketiga  dengan perolehan hasil sebesar 73,3%  Dengan demikian setelah dilakukan refleksi maka peneliti melakukan penelitian pad siklus keempat dengan hasil 86,6% dengan demikian berdasarkan hasil yang dicapai pada siklus keempat maka peneliitian tindakan kelas pada penelitian ini dinaggap berhasil dalam Pengembangan kesecradasan visual spasial melalui kelas virtual pada TV Sekolah.

References

Amelia, R., & Watini, S. (2022). Implementasi Panggung TV Sekolah Sebagai Media Informasi di TK Islam Rahmaniyah Kota Balikpapan. 3, 353–362. http://jurnaledukasia.org

Ayuni, F. J. P., & Watini, S. (2022). Implementasi Model Atik Dalam Pembelajaran Literasi Baca Anak Usia Dini Di Rumah Calistung Abaca Kediri. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 8(3), 1641. https://doi.org/10.37905/aksara.8.3.1641-1650.2022

Damayanti, Y., & Watini, S. (2022). Peran TV Sekolah dalam Meningkatkan Kemampuan Menyimak Anak Usia Dini (Vol. 5, Issue 7). https://tvsekolah.id

Harmonis, sri watini , Mistria, Syafri, F., Widat, F., Rumlystiowati, R., & Agustin, N. (2022). Meningkatkan Kecerdasan Visual Spasial Anak Usia Dini Melalui Media Game Gartic. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(4), 3578–3589. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i4.2070

Idhayani, N., Nasir, N., & Jaya, H. N. (2020). Manajemen Pembelajaran untuk Menciptakan Suasana Belajar Menyenangkan di Masa New Normal. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1556–1566. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.911

Kurniasih, E., & Watini, S. (n.d.). Implementasi TV Sekolah sebagai Media Pembelajaran di Kelompok Bermain Mutiara Bunda Mertoyudan Magelang. http://Jiip.stkipyapisdompu.ac.id

Marietta, F., Watini, S., & Kunci, K. (n.d.). Implementasi Model ATIK dalam Pembelajaran Motorik Halus melalui Media Origami di Taman Kanak Kanak. http://Jiip.stkipyapisdompu.ac.id

Muawanah, M., & Watini, S. (2022). Implementasi Model Asyik Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Di RA Al-Fikri Kota Batam. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 8(3), 1905. https://doi.org/10.37905/aksara.8.3.1905-1914.2022

Peday, Y., & Watini, S. (n.d.). Implementasi Media TV Sekolah sebagai Pembelajaran Daring di TK Pertiwi VI Manokwari. http://Jiip.stkipyapisdompu.ac.id

Putri, A. A. (2021). Kegiatan Montase dalam Meningkatkan Kecerdasan Visual Spasial Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(2), 997–1006. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i2.1624

Rika Amelia, & Watini, S. (2022). Implementasi Panggung TV Sekolah Sebagai Media Informasi di TK Islam Rahmaniyah Kota Balikpapan. 3, 353–362. http://jurnaledukasia.org

Rohmawati, O., & Watini, S. (2022). Pemanfaatan TV Sekolah Sebagai Media Pembelajaran dan Pendidikan Karakter Anak Usia Dini. Jurnal Pelita PAUD, 6(2), 196–207. https://doi.org/10.33222/pelitapaud.v6i2.1708

Sri, R., Taman Kanak-Kanak, Wahyuni, & Andayani, P. (2018). UPAYA MENINGKATKAN KECERDASAN VISUAL SPASIAL MELALUI KEGIATAN MENGGAMBAR PADA ANAK UDIA DINI KELOMPOK.

Supriati, S., & Watini, S. (2022). Implementasi Pembelajaran Berbasis Media TV Sekolah di TK Carsa Kids. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 8(3), 1633. https://doi.org/10.37905/aksara.8.3.1633-1640.2022

Watini, S. (2019). Pendekatan Kontekstual dalam Meningkatkan Hasil Belajar Sains pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 82. https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i1.111

Watini, S. (2022a). Implementasi Media TV Sekolah dalam Mengembangkan Motivasi Belajar pada Anak Paud Pelita Hati. http://Jiip.stkipyapisdompu.ac.id

Watini, S. (2022b). Implementasi Perpustakaan Digital TV Sekolah sebagai Dokumen Otentik bagi TK Insan Profesi Baubau. In JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan (Vol. 5, Issue 2). https://tvsekolah.id

Wibawati, K. A., & Watini, S. (n.d.). Implementasi Reward Asyik dalam Meningkatkan Percaya Diri pada Anak Kelompok B di TK Aisyiyah 24 Kayu Putih Pulo Gadung Jakarta Timur. http://Jiip.stkipyapisdompu.ac.id

Downloads

Published

2023-07-31

How to Cite

muhasim, S., Yuli Herlina, Fatmi Cahyani, Windari Kartika, & Sri Watini. (2023). Implementasi Fitur Kelas Virtual TVSekolah dalam mengembangkan kecerdasan visual spasial pada Anak Usia Dini di SPS Negeri Abdi Praja Cilincing: Implementation of the School Virtual TV Class Feature in developing spatial visual intelligence in Early Childhood at SPS Negeri Abdi Praja Cilincing. Indonesian Journal of Early Childhood: Jurnal Dunia Anak Usia Dini, 5(2), 426–434. https://doi.org/10.35473/ijec.v5i1.2476

Issue

Section

Articles