Kebijakan Kepala Sekolah dalam Mengembangkan Kecerdasan Visual Spasial Anak Melalui Kegiatan Ekstrakurikuler di RA al Huda Selanegara

Principal's Policy in Developing Children's Visual Spatial Intelligence Through Extracurricular Activities at RA al Huda Selanegara

Authors

  • Septimia Puspa Hastria Sayu Wiwit UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri Purwokerto
  • Novan Wiyani UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto

DOI:

https://doi.org/10.35473/ijec.v6i2.2525

Abstract

There are several efforts that schools can make to improve the competence of their students. One way is to carry out extracurricular programs. Extracurricular programs can be carried out when there is a policy from the underlying principal. This study aims to describe the principal's policies in developing students' visual-spatial intelligence. This study uses a qualitative approach with a naturalist phenomenological research type. This makes the authors do not do engineering on the research area. This research was conducted in semester 2 of the 2022-2023 school year at an early childhood education institution called RA Al Huda Selanegara. Based on the research results, it was found that the policies implemented by school principals to improve children's visual-spatial intelligence had gone well. The policies taken include: Adding extracurricular or study hours, Frequently participating in competitions or competitions in the arts, Involving parents in various activities, Adding facilities for extracurricular activities, Improving the quality of human resources

 

ABSTRAK

Ada beberapa upaya yang dapat dilakukan oleh sekolah untuk meningkatkan kompetensi peserta didiknya. Salah satunya adalah dengan melaksanakan program ekstrakurikuler. Program ekstrakurikuler bisa dilaksanakan ketika ada kebijakan dari kepala sekolah yang mendasarinya. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kebijakan kepala sekolah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian fenomenologi yang bersifat naturalis. Hal ini menjadikan penulis tidak melakukan rekayasa terhadap wilayah penelitian. Penelitian ini dilaksanakan pada semester 2 Tahun Pelajaran 2022-2023 pada lembaga PAUD yang bernama RA Al Huda Selanegara. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh kebijakan yang diterapkan oleh kepala sekolah untuk meningkatkan kecerdasan visual spasial anak telah berjalan dengan baik. Kebijakan-kebijakan yang diambil antara lain: ditambahkannya jam pelajaran atau ekstrakurikuler, sering mengikuti kegiatan perlombaan atau kompetisi dibidang seni, pelibatan orangtua dalam berbagai kegiatan, ditambahkannya fasilitas terhadap kegiatan ekstrakurikuler dan peningkatan kualitas SDM.

Author Biography

Novan Wiyani, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto

Magister Pendidikan Islam Anak Usia Dini

References

Abidin, Ratno, Kurniawati (2020). Meningkatkan Kecerdasan Visual Spasial Pada Anak Usia Dini Melalui Permainan Puzzel Cross Road Map. Pedagogi: Jurnal Anak Usia Dini dan Pendidikan Anak Usia Dini, 6 (1), 83-98

Ardiana, Reni. (2022). Pembelajaran Berbasis Kecerdasan Majemuk dalam Pendidikan Anak Usia Dini. Murhum: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3 (1), 1-12.

Arianti, (2018), Peranan Guru dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa, Didaktika: Jurnal Kependidikan, 12 (2), 117-134.

Ariyanti, Tatik. (2016) Pentingnya Pendidikan Anak Usia Dini bagi Tumbuh Kembang Anak. Jurnal Dinamika Pendidikan Dasar, 8 (1), 50-58

Darda, Abu., dkk. (2023). Analisis Metode Islamic Montessori for Multiple Intellegences pada Anak Generasi Alpha dalam Pengembangan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. At Turots: Jurnal Pendidikan Islam, 5 (2), 47-59

Dzurrotul Muwafiroh. (2020). Upaya Pengembangan Kecerdasan Visual Spasial Peserta Didik Melalui Kegiatan Ekstrakurikuler Kaligrafi Di MI Ma’arif Setono Jenangan Ponorogo. Skripsi. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. IAIN: Ponorogo.

Fradito, dkk, (2020), Strategi Pemasaran Pendidikan dalam Meningkatkan Citra Sekolah, Al-Idarah: Jurnal Kependidikan Islam, 10 (1), 12-22.

Habibu Rahman, Mhd., dkk (2019). Model-Model Pembelajaran Anak Usia Dini Teori dan Implementasi. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Hair NL, Hanson JL, Wolfe BL, Pollak SD. Association of Child Poverty, Brain Development, and Academic Achievement. JAMA Pediatr. 2015;169(9):822–829.

Hamzah & Masri Kuadrat. (2019). Mengelola Kecerdasan dalam Pembelajaran. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Husnaini, Nani & Jumrah (2019). Kegiatan Mewarnai Sebagai Stimulasi Perkembangan Kognitif Anak Usia Dini. Raudhatul Athfal: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini. 3 (2), 112-133. DOI 10.19109/ra.v3i2.4477

J, Marpaung. (2017). Pengaruh Pola Asuh terhadap Kecerdasan Majemuk Anak. KOPASTA: Jurnal Program Studi Bimbingan dan Konseling, 4 (1), 7-15

Mayar, Farida., Winarti, Tasia Febrisia (2019). Manajemen Program Pengembangan Kreativitas Anak Usia Dini Melalui Kegiatan Ekstrakurikuler. Jurnal Pendidikan Tambusai. 3 (6), 1351-1358

Moleon, Lexy. J. (2010). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Rosda.

Musfiroh, T. (2017). Pengembangan Kecerdasan Majemuk. Tanggerang Selatan: Universitas Terbuka

Narwada, Faizin. dkk, (2022). Evaluasi Implementasi Program Ekstrakulikuler Mewarnai Gambar Kelas 1-3 SDS Pah Tsung. Jurnal Education and Development, 10 (3), 331-335

Nurul Irfan, (2018), Hubungan antara Motivasi Belajar dan Lingkungan Belajar terhadap Prestasi Belajar Matematika, Jurnal Ekuivalen, 31 (1), 48-53.

Permendikbud RI No. 62 Tahun 2014 Pasal 2 tentang Kegiatan ekstrakurikuler dalam rangka mendukung pencapaian tujuan Nasional Pendidikan

Putri. P, Yuliana. Maemonah. 2023. Strategi Guru Dalam Kecerdasan Visual-Spasial Pada Mata Pelajaran Seni Budaya Dan Prakarya Di Kelas 1 SDN Maguwoharjo. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidkan Dasar, 8 (1), 3964-3976

R, Ferry., dkk. (2022). Upaya Peningkatan Kreativitas Anak Usia Dini melalui Kegiatan Menggambar dan Mewarnai Tote Bag di Dusun Ngadirejo Wetan, Desa Pondok, Kecamatan Ngadirejo, Kabupaten Wonogiri. AgriHealt: Journal of Agri-Food, Nutrition and Public Health, 3 (1), 19-26

Rosidah, Laily. (2014) Peningkatan Kecerdasan Visual Spasial Anak Usia Dini Melalui Permainan Maze. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 8 (2), 281-290

Salinan Peratutaran Pemerintah Republik Indonesia Nomor 57 Tahun 2021 Tentang “Standar Nasional Pendidikan”

Sefrina, Andin. (2013). Deteksi Minat Baca Anak. Yogyakarta: Media Pressindo.

Septiani Hidayatul A. (2022). Implementasi Kegiatan Ekstrakurikuler Kaligrafi Dalam Mengembangkan Kecerdasan Visual Spasial Peserta Didik Di Madrasah Ibtidaiyah Al- Muawanah 2 Barurejo Banyuwangi Tahun Pelajaran 2021-2022. Skripsi. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R and D. Bandung: Alfabeta.

Widiastita, Niken., Laode Anhusadar. (2019). Bermain Playdough Dalam Meningktakan Kecerdasan Visual Spasial Melalui Home Visit Di Tengah Pandemi Covid-19. Murhum : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1 (2), 50-63. DOI: 10.37985/murhum.v1i2.17

Wright, L., & Black, F. (2013). Monochrome Males and Colorful Females: Do Gender and Age Influence the Color and Content of Drawings? SAGE Open, 3(4).

Yenilmez, Kursat; Kakmaci, Ozlem. (2015). Investigation of the Relationship between the Spatial Visualization Success and Visual/Spatial Intelligence Capabilities of Sixth Grade Students. International Journal of Instruction, 8 (1), 189-204.

Yuningsih, (2015), Kebijakan Pendidikan Islam masa Orde Baru, Tarbiya: Jurnal Ilmu Pendidikan Islam, 1 (1), 175-194.

Downloads

Published

2024-07-24

How to Cite

Septimia Puspa Hastria Sayu Wiwit, & Wiyani, N. (2024). Kebijakan Kepala Sekolah dalam Mengembangkan Kecerdasan Visual Spasial Anak Melalui Kegiatan Ekstrakurikuler di RA al Huda Selanegara: Principal’s Policy in Developing Children’s Visual Spatial Intelligence Through Extracurricular Activities at RA al Huda Selanegara. Indonesian Journal of Early Childhood: Jurnal Dunia Anak Usia Dini, 6(2), 408–419. https://doi.org/10.35473/ijec.v6i2.2525

Issue

Section

Articles