Analisis Perkembangan Kemampuan Sosial Emosional Anak Usia 4-6 Tahun di Tkn Nazaret Were

Analysis of the Development of Social and Emotional Skills of Children Aged 4-6 Years at Nazaret Were Kindergarten

Authors

  • Vinsensia Meo STKIP Citra Bakti
  • Marsianus Meka STKIP Citra Bakti
  • Efrida Ita STKIP Citra Bakti

DOI:

https://doi.org/10.35473/ijec.v6i2.2576

Abstract

This study aims to analyze the social emotional development activities of children aged 4-6 years at TKN Nazaret Were. This research was conducted at TKN Nazaret Were, Golewa District, Ngada Regency which was carried out within one month. The subjects in this study were 3 class teachers, 10 children and 10 parents of students. The results showed that the development of the child's social-emotional aspects did not develop according to the child's age level. This is caused by parenting patterns that are not in accordance with the needs of children, the level of health and nutrition of children who have not been fulfilled and learning methods that tend to be passive. Therefore a good understanding is needed in applying parenting patterns and applying learning methods. Various learning methods that can stimulate children's social emotional growth are exemplary, conversing, and telling stories. In applying the method, learning media should be used that support the method so that the goals of child development can be achieved optimally.

 

ABSTRAK 

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis aktivitas perkembangan sosial emosional anak usia 4-6 tahun di TKN Nazaret Were. Penelitian ini dilakukan di TKN Nazaret Were Kecamatan Golewa Kabupaten Ngada yang dilaksanakan dalam waktu satu bulan. Adapun subyek dalam penelitian ini yaitu guru kelas sebanyak 3 orang, 10 orang anak serta 10 orangtua peserta didik. Hasil penelitian menunjukan bahwa perkembangan aspek sosial emosional anak tidak berkembang sesuai dengan tingkat usia anak. Hal ini disebapkan oleh pola pengasuhan yang tidak sesuai dengan kebutuhan anak, tingkat Kesehatan serta gizi anak yang belum tercukupi serta metode pembelajaran yang cendrung pasif. Oleh sebab itu diperlukan pemahaman yang baik dalam menerapkan pola pengasuhan serta penerapan metode pembelajaran. Berbagai metode pembelajaran yang dapat merangsang pertumbuhan social emosional anak yaitu keteladanan, bercakap-cakap, dan bercerita. Pada penerapan metode sebaiknya digunakan media pembelajaran yang menunjang metode tersebut sehingga tujuan perkembangan anak dapat dicapai secra optimal.

References

Aisyah Rodhwa Nisa, Paras Patonah, Yuli Prihatiningrum, Rohita (2021). Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia 4-5 Tahun: Tinjauan Pada Aspek Kesadaran Diri Anak. Jurnal AUDHI Vol. 4, No. 1, Juli 2021, Pages 1-7 p-ISSN: 2662-2469; e-ISSN: 2774-8243 https://jurnal.uai.ac.id/index.php/AUDHI

Aisyah, Siti. (2018). Perkembangan dan Konsep Dasar Pengembangan Anak Usia Dini. Jakarta: Universitas Terbuka.

Fadli, Muhamad Rijal. (2017). Memahami Desain Metode Penelitian Kualitatif. Humanika, Kajian Ilmiah Matakuliah Umum. ISSN:1412-1271 (P);2579-4248(e). Vol. 21 No.1 (2021. pp.33-54 doi:10.21831/hum. pp1i1.38075.33-54

Fitriah hayati, nordi mamat, 2014. Pengasuhan dan peran orang tua (parenting) seta penagaruh terhadapat perkembagan social emosional anak di PAUD Banda Aceh. Indonesia. Jurnal buah hati. Vol.1(1).

Hartanto, dkk.(2019).Pola pengasuhan anak dalam konteks dalam konteks Pendidikan peran pemerintahan dan orangtua prespektif Pendidikan dan keguruan,1. https://dolorg/10.5299/prespektif.2019.vol10(1).3106

Hijriati. (2021). Factor dan kondisi yang mempegaruhi perkembangan sosial emosional anak usia dini. Vol V.

Konstantinus Dua Dhiu, dkk. (2021). Aspek Perkembangan Anak Usia Dini. Pekalongan: NEM-Anggota IKAPI

Konstantinus dua dhiu,dkk.(2021).dampak pengasuhan kakek dan nenek.ISSN:2613-9699 (E );2613-9650.Vol.9.No.3 (2021.pp.342-348.

Mulyasa, E (2016). Pengembangan dan Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Mursid. (2015). Pengembangan Pembelajaran PAUD. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Nuraini.H, Fitriah Hayati dan Lina Amelia. (2020). Analisis Perkembangan Sosial Anak Usia 4-5 Tahun Di Tk Cinta Ananda Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Volume 1, Nomor 1, September 2020.

Nurtiani, Ayi Teiri. (2020). Efektifitas Penerapan Metode Proyek untuk Menstimulasi Perkembangan Sosial Emosional Anak Kelompok B1 TK Tahfiz Anak Bangsa Banda Aceh. Vol 07. No 02. Jurnal Buah Hati.

Parhomenko, Kristina. 2014. Diagnostic Methods of Socio- Emotional Competence in children. Jurnal International, Pratiwi Wiwik, 2017. Konsep bermain pada anak usia dini. IAIN Sultan Amai Gorontalo. Vol.(5). No (2) hal 3

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 137 Tahun 2014 Tentang Standar Nasional Pendidikan Anak Usia Dini.

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 137 Tahun 2014 Tentang Standar Nasional Pendidikan Anak Usia Dini.

Permatasari, P., Agustiani, H., & Bachtiar, A. (2020). Benarkah anak prasekolah sudah mampu mengambil perspektif dalam perilaku prososial?. Jurnal Psikologi Sosial. Vol. 19 No. 1.

Soemariati (2005). Pendidikan Anak Pra Sekolah. Jakarta: Rineka Cipta.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian dan Pengembangan. Bandung: Alfabeta

Downloads

Published

2024-07-24

How to Cite

Meo, V., Marsianus Meka, & Efrida Ita. (2024). Analisis Perkembangan Kemampuan Sosial Emosional Anak Usia 4-6 Tahun di Tkn Nazaret Were : Analysis of the Development of Social and Emotional Skills of Children Aged 4-6 Years at Nazaret Were Kindergarten. Indonesian Journal of Early Childhood: Jurnal Dunia Anak Usia Dini, 6(2), 402–407. https://doi.org/10.35473/ijec.v6i2.2576

Issue

Section

Articles