Tingkat Peminatan dan Keseriusan Mahasiswa dalam Mengikuti Perkuliahan Melalui Belajar Daring di Universitas Xz Semarang

Level of Interest and Seriousness of Students in Following Lectures Through Online Learning at Xz University Semarang

Authors

  • Sahrul Universitas Ivet Semarang
  • Dyah Kusbiantari Universitas Ivet Semarang
  • Ardiana Vita Ratna Sari Universitas Ivet Semarang
  • Muhammad Fatahul Uyun Universitas Negeri Semarang
  • Sri Marfu’ah PAUD Raudlatul Falah Siti Luhur Gembong Pati
  • Winanti Nike Apriliawan Universitas Ivet Semarang
  • Hairul Anam Universitas Ivet Semarang
  • Afif Mulatif Universitas Ivet Semarang

DOI:

https://doi.org/10.35473/ijec.v6i2.3121

Keywords:

Peminatan, Keseriusan, Kuliah Daring

Abstract

Learning is a person's effort to realize the process of transferring knowledge, mastering skills, and forming attitudes. The learning process does not occur immediately, but through a process of certain stages. The subjects in this research were 107 students from the PAUD Teacher Education Study Program which was conducted at XZ University in Semarang. The research aims to determine the level of interest and seriousness of students in attending lectures through online learning. This research is quantitative research using observation methods, interviews, giving questionnaires or questionnaires which are carried out by analyzing data looking for validity, reliability and average results. The results of data analysis show that the level of interest and seriousness of students in taking lectures via online learning viaZoom/Google Meet, if the results of the questionnaire analysis consisting of 24 statement items are more than (>) 0.3, it is said to be valid. The results of the reliability test via the SPSS Version 26 program on the interest level indicator instrument obtained a reliability coefficient of 0.713. Meanwhile, in the indicator instrument for the level of seriousness in taking online lectures, a reliability coefficient of 0.662 was obtained. The results of statistical analysis show that the level of student interest in taking lectures conducted in online learning is 7.42%, this is in the high category, the level of seriousness is 44.6%, so It can be said that students are still in the medium category and are serious about taking lectures via online learning.

 

ABSTRAK

Pembelajaran merupakan suatu usaha seorang dalam mewujudkan terjadinya proses transfer pengetahuan, penguasaan keterampilan, dan pembentukan sikap, proses pembelajaran tidak terjadi seketika, namun melalui proses tahapan tertentu. Adapun yang menjadi subjek dalam penelitian ini adalah Mahasiswa Prodi Pendidikan Guru PAUD (RPL) yang berjumlah 107 orang yang dilakukan pada Universitas XZ di Semarang, penelitian bertujuan mengetahui tingkat peminatan dan keseriusan mahasiswa dalam mengikuti perkuliahan melalui pembelajaran daring, penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode observasi, wawancara, pemberian angket atau kuesioner dengan analisis data mencari hasil validitas, reliabilitas dan rata-rata. Hasil analisis data bahwa tingkat peminatan dan keseriusan mahasiswa mengikuti perkuliahan melalui pembelajaran daring via Zoom/Google Meet, bahwa hasil analisis kuesioner yang terdiri dari 24 item pernyataan sudah lebih dari (>) 0,1882 maka dikatakan valid, hasil uji reliabilitas melalui program SPSS Versi 26 pada instrumen indikator tingkat peminatan diperoleh koefisien reliabilitas terdapat 0,713. Sedangkan pada instrumen indikator tingkat keseriusan dalam mengikuti perkuliahan daring diperoleh koefisien reliabilitas 0,662 hasil analisis statistik bahwa pada tingkat peminatan mahasiswa mengikuti perkuliahan yang dilakukan dalam pembelajaran daring terdapat 70,42%, ini berada pada kategori tinggi, pada tingkat keseriusannya terdapat 44,6% sehingga dapat dikatakan bahwa mahasiswa masih berada pada kategori sedang dalam keseriusan mengikuti perkuliahan melalui pembelajaran daring pada matakuliah konsep dasar matematika.

References

Arif, W. P., Azis, P. A., Syahriani, S., Syamsul, S., Anisa, A., & Saparuddin, S. (2022). Analisis Sikap Belajar Mahasiswa Terhadap Pembelajaran Secara Online. Binomial, 5(1), 25–33. https://doi.org/10.46918/bn.v5i1.1222

Asy Syifa Dhewi, W. W. N. (2021). Strategi Literasi Digital Sebagai Sarana Penguatan Berpikir Kritis Mahasiswa Peminatan Jurnalistik. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Sultan Agung (SENDIKSA), 52–75.

Firdaus, M. I., Azmy, B., & Rusminati, S. H. (2021). Analisis Pelaksanaan Pembelajaran Daring IPA Materi Magnet Melalui Aplikasi Google Classroom Pada Kelas 6 SDN Tenggilis Mejoyo 1 Surabaya. Jurnal Literasi Digital, 1(2), 116–121. https://doi.org/10.54065/jld.1.2.2021.22

Haster, E., Rohiat, S., & Sumpono, S. (2019). Studi Komparasi Motivasi Belajar Kimia Siswa Kelas X Program Peminatan dan Lintas Minat di MAN 2 Kota Bengkulu. Alotrop, 3(1), 57–64. https://doi.org/10.33369/atp.v3i1.9039

Islam, U., & Alauddin, N. (2017). P 152. I(1), 152–162.

Linda Vitoria, et al, (2021). Pelaksanaan Perkuliahan Matematika Pada Masa Pembelajaran Jarak Jauh Di Jurusan PGSD FKIP Universitas Syiah Kuala. Jurnal Pesona Dasar Universitas Syiah Kuala Vol.9 No.2, Oktober 2021, hal. 40-47 ISSN: 2337-9227

Lestari, A. (2021). Strategi Mahasiswa dalam Meningkatkan Minat Belajar, Self-Efficacy, Self Regulated pada Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19. Didaktis: Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Pengetahuan, 21(3), 239–254. https://doi.org/10.30651/didaktis.v21i3.10019

Sahrul, et al (2022) Development of Instruments to Measure Self-Confidence and Creative Thinking in Mathematics Learning for Vocational High School Students Journal of Research and Educational Research Evaluation JRERE 11 (1) 2022 81-92 http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jere

Sahabuddin, F. (2023). Analisis Perbandingan Latar Belakang Peminatan Sekolah Dengan Penguasaan Ipa Dasar Mi/Sd Mahasiswa Pgmi Uin Sunan Kalijaga Yogyakarta. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(1), 581–591.://journal.unpas.ac.id/index.php/pendas/article/download/7381/2935

Siregar, M. D., & Nara, N. (2010). Pengaruh motivasi belajar terhadap prestasi belajar siswa kelas XI SMA Negeri 1 Padang Panjang. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia, 6(2), 1–6.

Sutisno, A. N., & Nurdiyanti, D. (2020). Sistem Daring Pembelajaran Jarak Jauh sebagai Realisasi Merdeka Belajar di Masa Pandemi. DWIJA CENDEKIA: Jurnal Riset Pedagogik, 4(2), 265. https://doi.org/10.20961/jdc.v4i2.45286

Susanty, Sri. (2020). Inovasi Pembelajaran Daring Dalam Merdeka Belajar. Jurnal Hospitality: Jurnal Ilmiah Perhotelan. 9(2), 157.

Syah, M. (2013). Psikologi Belajar. Rajagrafindo Persada.

Wirani Atqia, et al, (2021). Persepsi Dosen dan Mahasiswa Terhadap Pembelajaran Daring Bahasa Indonesia pada Masa Pandemi Covid. Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia, 2(2). https://ojs.unm.ac.id/indonesia

Downloads

Published

2024-07-24

How to Cite

Sahrul, Dyah Kusbiantari, Ardiana Vita Ratna Sari, Muhammad Fatahul Uyun, Sri Marfu’ah, Winanti Nike Apriliawan, Hairul Anam, & Afif Mulatif. (2024). Tingkat Peminatan dan Keseriusan Mahasiswa dalam Mengikuti Perkuliahan Melalui Belajar Daring di Universitas Xz Semarang: Level of Interest and Seriousness of Students in Following Lectures Through Online Learning at Xz University Semarang. Indonesian Journal of Early Childhood: Jurnal Dunia Anak Usia Dini, 6(2), 252–260. https://doi.org/10.35473/ijec.v6i2.3121

Issue

Section

Articles