Implementasi Metode Bernyanyi dalam Mengembangkan Kemampuan Berbicara Anak Usia Dini

Implementation of the Singing Method in Developing Early Childhood Speaking Ability

Authors

  • Lasya Cheryl Ramadhany Universitas Islam Negeri Jakarta
  • Anisa Nur Khalifa Universitas Islam Negeri Jakarta
  • Ahmad Zaezori Universitas Islam Negeri Jakarta
  • Fidrayani Universitas Islam Negeri Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.35473/ijec.v6i2.3216

Keywords:

Kemampuan Berbicara, Bernyanyi, Anak Usia Dini

Abstract

This research aims to examine the implementation of the singing method in developing speaking skills in early childhood. The research method uses literature study with a qualitative approach. The research results show that singing can help children develop vocabulary, thinking, expression, communication and speaking skills. Analysis of the findings shows that the singing method can improve early childhood speaking skills, vocabulary mastery, creativity and social interaction. The singing method can also help in developing fine motor skills and body coordination in children. The integration of singing methods in the early childhood education curriculum is recommended to create a fun and effective learning experience. The singing approach to language learning for children also has many advantages, such as making the learning process fun and interactive, helping children remember words and phrases, improving speaking and language skills, and stimulating optimal language development. The singing method can also increase children's interest in learning and help them develop their language skills effectively. The implementation of the singing method can help develop young children's speaking skills in a fun and efficient way, and by involving the senses of hearing, mouth, and the ability to memorize words.

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan mengkaji implementasi metode bernyanyi dalam pengembangan kemampuan berbicara anak usia dini. Metode penelitian menggunakan studi literatur dengan pendekatan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bernyanyi dapat membantu anak dalam mengembangkan kosakata, pemikiran, ekspresi, komunikasi, dan keterampilan berbicara. Analisis temuan menunjukkan bahwa metode bernyanyi dapat meningkatkan keterampilan berbicara anak usia dini, penguasaan kosakata, kreativitas, dan interaksi sosial. Metode bernyanyi juga dapat membantu dalam pengembangan motorik halus dan koordinasi tubuh anak. Integrasi metode bernyanyi dalam kurikulum pendidikan anak usia dini disarankan untuk menciptakan pengalaman belajar yang menyenangkan dan efektif. Pendekatan bernyanyi dalam pembelajaran bahasa bagi anak-anak juga memiliki banyak keuntungan, seperti membuat proses belajar menyenangkan dan interaktif, membantu anak-anak mengingat kata-kata dan frasa, meningkatkan kemampuan berbicara dan berbahasa, serta merangsang perkembangan bahasa secara optimal. Metode bernyanyi juga dapat meningkatkan minat belajar anak-anak dan membantu mereka dalam mengembangkan kemampuan berbahasa mereka secara efektif. Implementasi metode bernyanyi dapat membantu mengembangkan kemampuan berbicara anak usia dini dengan cara yang menyenangkan dan efisien, serta melalui penglibatan indra pendengaran, mulut, dan kemampuan menghafal kata.

References

Ahsanah, A. (2019). Implementasi Nilai Karakter Melalui Metode Bernyanyi Untuk Anak Usia Dini di TK Satya Dharma Sudjana Kecamatan Bandar Mataram Kabupaten Lampung Tengah. UIN Raden Intan Lampung.

Amalia, D., & Rohmawati, A. (2020). Peningkatan Keterampilan Berbicara Bahasa Arab Melalui Metode Bernyanyi Pada Anak Kelompok B Di PAUD Al-Madaniy Gondanglegi-Malang. JURALIANSI: Jurnal Lingkup Anak Usia Dini, 2(1), 10–17.

Amalia, E. R. (2019). Melalui Kegiatan Bernyanyi. 1–11.

Anisah, S., & Alam, S. K. (2021). Penerapan Metode Bernyanyi Untuk Meningkatkan Kemampuan Berbicara Anak Usia Dini Pada Kelompok A Di Ra Assanuusiyyah. CERIA (Cerdas Energik Responsif Inovatif Adaptif), 4(4), 384–393.

Elihami, E., & Nurhayani, N. (n.d.). Peningkatan Kemampuan Berbicara Anak Melalui Media Papan Flannel Di Kelompok Bermain.

Fadlillah, M., & PAUD, D. P. (2019). Edisi Pertama. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Fauziddin, M. (2019). Pembelajaran Paud bermain, cerita, dan menyanyi secara islami. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Haryati, D. (2019). Stimulasi Pengembangan Kecerdasan Verbal-Linguistik Anak Usia Dini Melalui Metode Pembelajaran Paud. Elementary: Jurnal Iilmiah Pendidikan Dasar, 3(2), 132–143.

Hukmi, H., & Febrialismanto, F. (2019). Meningkatkan Kemampuan Berbicara Melalui Bernyanyi Pada Anak Usia 4-5 Tahun Di Tk Labor Universitas Riau. Educhild: Jurnal Pendidikan Sosial Dan Budaya, 5(1), 65–74.

Isna, A. (2019). Perkembangan bahasa anak usia dini. Al Athfal: Jurnal Kajian Perkembangan Anak Dan Manajemen Pendidikan Usia Dini, 2(1), 62–69.

Joni, J. (2019). Penerapan Metode Bernyanyi untuk Meningkatkan Perkembangan Kosa Kata Anak Usia Dini. Journal on Early Childhood Education Research (JOECHER), 1(1), 1–15.

Khairunnisa, K. (2020). Pengaruh Metode Bernyanyi Tetrhadap Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini Di Lembaga Ra Rabbani Islamic School. ANSIRU PAI: Pengembangan Profesi Guru Pendidikan Agama Islam, 4(1), 94–99.

Khasanah, U., & Istikharoh, N. (2020). Peningkatan Perkembangan Bahasa dan Bicara Anak Usia 5-6 Tahun Melalui Metode Bernyanyi Di Tk Muslimat NU 10 Tarbiyatul Masyithoh Kebumen Tahun Pelajaran 2019-2020. Jurnal Kridatama Sains Dan Teknologi, 2(01), 1–9.

Kristyana, L. N., & Suharto, S. (2019). Singing as a strategy to enhance the ability to speak for early childhood. Harmonia: Journal of Arts Research and Education, 14(2), 123–130.

Kusuma, T. C. (2019). Gambaran Tentang Peranan Kegiatan Bernyanyi dalam Pengembangan Bahasa Anak Usia Dini di Taman Kanak-kanak Budi Mulia. Jurnal Ilmiah Pesona PAUD, 1(2).

Lilis. (2019). Strategi Pengembangan Bahasa Pada Anak. Jakarta: Prenada Media. Madyawati, L. (2019). Strategi pengembangan bahasa pada anak. Kencana.

Makarao, N. R. (2019). Metode Mengajar Interaktif. Jakarta: Alfabeta.

Masykur, K. (2019). Pembelajaran Kooperatif dalam Pembelajaran Sains. Malang: Universitas Negeri Malang.

Murni, D., & Hente, A. (2020). Meningkatkan Kognitif Anak Usia Dini Melalui Metode Bernyanyi di Kelompok B TK Al-Khairaat Poi. ECEIJ (Early Childhood Education Indonesian Journal), 3(2), 31–40.

Nikmah, K. (2019). Penggunaan Teknik Bernyanyi Untuk Meningkatkan Penguasaan Kosa Kata Bahasa Arab Pada Anak Usia Dini. Dar El-Ilmi: Jurnal Studi Keagamaan, Pendidikan, Dan Humaniora, 4(2), 173–187.

Novianti, R. (2019). Pengaruh Metode Bernyanyi Terhadap Keterampilan Berbicara Anak Usia 4–5 Tahun. Prosiding Seminar Nasional PG PAUD Untirta 2019, 335–344.

Permata, A. P., Sayekti, T., & Rusdiyani, I. (2023). Penerapan Metode Bernyanyi Untuk Meningkatkan Kemampuan Berbicara Anak Usia 3-4 Tahun. Jurnal Raudhah, 11(2), 190. https://doi.org/10.30829/raudhah.v11i2.3047

Permatasari, D., Rohaeti, E. E., & Westhisi, S. M. (2019). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Logis Anak Usia Dini Melalui Metode Bernyanyi Pada Anak Kelompok B. Jurnal Ceria, 2(6), 230236.

Poku, A. (2022). Upaya meningkatkan kosa kata anak melalui metode bernyanyi pada kelompok b tk negeri bakalinga. Damhil Education Journal, 2(1), 16–20.

Safitri, Y. (2019). Faktor-faktor yang berhubungan dengan perkembangan bahasa balita di UPTD kesehatan Baserah tahun 2019. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(2), 148–155.

Setyowati, E. B. (2019). Perkembangan bahasa anak usia prasekolah (4-6 tahun) dengan pendidikan ibu. Kebidanan, 3(1).

Sima, F. K., & Miranda, D. (2019). Analisis Kemampuan Berbicara melalui Metodebernyanyi di Paud Terpadu Pontianak Barat. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK), 6(5).

Soetjiningsih, C. H. (2019). Perkembangan Anak Sejak Pembuahan Sampai dengan Kanak-Kanak Akhir: Seri Psikologi Perkembangan. Prenada Media.

Susanto, A. (2019). Perkembangan Anak Usia Dini: pengantar dalam berbagai aspeknya. Kencana.

Susilawati, S. (2019). Penerapan Metoda Bernyanyi Dalam Meningkatkan Kecerdasan Berbahasa Pada Pendidikan Anak Usia Dini (Studi Deskriptif tentang Penerapan Metoda bernyanyi di PAUD Al Azhar Syfa Budi Parahyangan). EMPOWERMENT: Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Luar Sekolah, 3(2), 141–151.

Syaikhu, A., & Napis, A. D. (2020). Permainan Tradisional Betawi untuk Meningkatkan Kemampuan Kognitif Siswa di TK Mutiara. Journal of Early Childhood Education, 2(1).

Widiani, N. L. W. D., Putra, I. K. A., & Agustika, G. N. S. (2019). Pengaruh Metode Bernyanyi Melalui Media Audio Visual Terhadap Keterampilan Berbicara Anak Kelompok A TK Triamarta Kediri Tabanan Tahun Ajaran 2018/2019. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 7(1), 68–77.

Widyastuti, A. (2019). Seabrek kesalahan guru PAUD yang sering diremehkan. Yogyakarta DIVA.

Zulkifli, (2019). Metodologi Pengajaran Bahasa Arab. Pekanbaru: Zanafa Publising.

Downloads

Published

2024-07-24

How to Cite

Lasya Cheryl Ramadhany, Anisa Nur Khalifa, Ahmad Zaezori, & Fidrayani. (2024). Implementasi Metode Bernyanyi dalam Mengembangkan Kemampuan Berbicara Anak Usia Dini: Implementation of the Singing Method in Developing Early Childhood Speaking Ability. Indonesian Journal of Early Childhood: Jurnal Dunia Anak Usia Dini, 6(2), 327–337. https://doi.org/10.35473/ijec.v6i2.3216

Issue

Section

Articles